Comscore Tracker

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantau

Yang mau merantau wajib merapat!!

Merantau tentu dirasakan oleh sebagian orang, entah karena urusan pekerjaan hingga pendidikan. Merantau tentu mengubah pola hidup seseorang yang tentunya berpengaruh besar dalam hubungan dengan orang terdekat baik keluarga ataupun pacar.

Bila kamu masih ragu-ragu apakah kamu sudah siap LDR dan berjauhan dengan keluarga dan teman-teman terdekat, kamu wajib nih simak list dibawah ini untuk memastikan kamu sudah siap belum merantau.

Yuk check this out!

1. Kamu pernah mengalami pertengkaran hebat

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantaudramabeans.com

Pertengkaran gak melulu berdampak buruk terhadap hubungan. Terkadang setelah pertengkaran hubungan justru bertambah kuat asal dihadapi dengan dewasa. 

Bila kamu sudah pernah bertengkar dengan orang terdekatmu sekali saja dan berhasil melaluinya dengan baik, selamat kamu sudah bisa menjadi anak rantau, nih! Karena nantinya saat kamu jauh dari orang terdekatmu kamu akan menemukan banyak masalah. Setidaknya pengalaman pertengkaranmu itu akan membantumu menghadapi masalah lain.

2. Gak manja, kamu gak harus menghabiskan 24/7 waktumu bersama-sama

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantauallkpop.com

Jika sudah menemukan bahwa kamu gak harus bersama dengan orang terdekatmu, baik keluarga dan pacar dalam semua aktivitas sosialmu ini merupakan tanda bahwa kamu sudah siap menjadi anak rantau.

Kamu sudah tau bagaimana membuat dirimu tetap bahagia meski terpisah jarak dan waktu. Kamu juga menemukan dirimu sangat independen dan gak bergantung seperti anak kecil.

3. Komunikasimu gak sebatas fisik namun juga intuisi

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantautwitter.com/MYJENNIE_TH

Pernah gak kamu tahu perasaan orang terdekatmu bahkan sebelum mereka mengatakannya? Jika kamu benar-benar terhubung dengan orang terdekatmu hubunganmu gak sebatas hubungan fisik semata.

Selalu ada bukan berarti selalu ada setiap waktu tapi selalu hadir saat dibutuhkan. Kamu tahu kapan orang-orang terdekatmu membutuhkan. Jika begini berarti kamu sudah siap menjalani hubungan jarak jauh dan merantau, karena kamu sudah tau mana hubungan yang harus diprioritaskan.

Baca Juga: 5 Cara untuk Mengatasi Homesick bagi Anak Rantau

4. Syarat mutlak! Orang tuamu sudah memberikan izin

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantaudramabeans.com

Bagaimanapun orang tua sudah mengalami asam manis kehidupan dan kaya akan pengalaman. Mereka tentu wajib dilibatkan dalam pengambilan keputusan besar seperti merantau yang yang tentunya berpengaruh terhadap perubahan kehidupanmu. Jika restu orang tua sudah dikantongi, kamu sudah dianggap mampu untuk hidup mandiri sebagai anak rantau.

5. Memiliki rancangan komunikasi untuk merawat hubungan

Gak Manja Lagi! Ini 5 Tanda Nyata Kamu Siap Menjadi Anak Rantautwitter.com/JinBase

Kepindahanmu keluar kota, provinsi, bahkan, negara dan benua tentu berdampak pada pola komunikasimu dengan keluarga atau pasangan. Wajib bagimu untuk menjadwalkan komunikasi rutin dengan orang terkasih di tanah kelahiran. 

Setidaknya menelepon atau video call seminggu sekali serta selalu berbagi kabar. Gak harus setiap hari tapi pastikan mereka yang kamu sayang mengetahui peristiwa penting dalam hidupmu.

Gimana, guys? Tanda-tanda diatas sudah kamu miliki kan? Kira-kira mau merantau kemana? Share ceritamu di kolom komentar yuk!

Baca Juga: 5 Hal yang Kamu Rasakan Ketika Baru Merantau

Annisa Marifah Photo Verified Writer Annisa Marifah

INFJ | indonesian | music enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya