Comscore Tracker

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuha

#PANJATPOIN Pahalanya setara haji dan umroh

Selain mengerjakan sholat wajib umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan sholat sunnah. Salat dhuha adalah salah satu salat sunnah yang istimewa. Dalam sejumlah hadits shahih disebutkan berbagai keutamaannya.

Nah, ini lho deretan kebaikan yang akan kamu dapatkan jika rutin melaksanakannya, yuk simak!

1. Mendapat ganjaran rumah di surga

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat DhuhaPexels/Sebastian Soerensen

Siapa saja shalat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat untuk itu sebuah istana yang terbuat dari emas di surga" (HR. Ibnu Majah)

Siapa yang tak ingin rumah di surga dari emas? Nah, sempatkanlah waktu untuk melaksanakan salat dhuha sebanyak 12 rakaat dengan rutin.

2. Pahalanya setara sedekah

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhadream.com

Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 rakaat” (HR. Muslim no. 720).

Dengan mendirikan salat dhuha 2 rakaat, kamu telah dianggap bersedekah untuk 360 persendianmu. Ini menjadi salah satu cara bersyukur paling ringan atas ragamu pada Allah SWT, dan berat di timbangan amalmu.

3. Salat dhuha bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhaislamicfinder.org

Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan” (HR. Tirmidzi)

Ini adalah satu dari sekian kebaikan yang kamu dapatkan saat mengerjakan salat sunnah dhuha secara rutin.

4. Masuk surga melalui pintu khusus

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat DhuhaPexels/lalesh aldarwish

Keutamaan lain yang dijanjikan Allah SWT bagi orang yang tekun mengerjakan salat dhuha adalah bahwa dia akan dipersilakan masuk surga melalui pintu khusus, yakni pintu yang dinamakan pintu Dhuha.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Sesungguhnya di surga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah” (HR.Thabrani)

5. Dicukupkan kebutuhannya dan dimudahkan apa yang ia usahakan

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhaislamicfinder.org

"Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Hadits ini bisa mengandung pengertian bahwa salat dhuha akan menyelamatkan pelakunya dari berbagai hal yang membahayakan dan akan dimudahkan apa yang dia usahakan. Subhanallah.

Baca Juga: 7 Keadaan yang Membolehkan Perempuan Gak Berpuasa Selama Ramadan

6. Menentramkan hati dan jiwa

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhapinterest/Ddi15

Di antara kelebihan melaksanakan salat dhuha adalah meraih ketenangan hati dan jiwa. Bila kamu stres dengan pekerjaanmu, coba tinggalkan sejenak. Ambil wudhu dan laksanakan salat sunnah dhuha. Letakkan sebentar beban dunia dan lebih dekatlah dengan Sang Pencipta. Cobain deh!

7. Wajah cerah berseri

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhapexels/Aldo Picaso

Shalat wajib lima waktu dan salat sunnah dhuha, maka wajahnya terlihat cerah dikarenakan hampir tiap saat dia mencuci muka sedikitnya 6 kali sehari. Dan hari dan jiwa yang tentram juga memberi andil besar untuk kecantikan wajahmu.

8. Gerakan salat sama seperti olahraga

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuhawhatisislamabout.com

Bukan rahasia umum lagi bahwa setiap gerakan shalat itu memiliki manfaat untuk kesehatan dalam dunia medis. Mulai dari Takbiratul Ihram hingga salam, masya Allah.

9. Pahalanya sama seperti haji dan umrah

9 Kebaikan yang Kamu Dapat Jika Rutin Melaksanakan Salat Dhuharienquilt.com

Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dengan salat sunnah dhuha kamu bisa mendapatkan pahala seperti haji dan umroh setiap harinya.

Itu tadi beberapa kebaikan yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengerjakan salat sunnah dhuha. Dengan sebanyak itu kebaikannya, yakin mau biarkan waktu dhuha berlalu begitu saja? Yuk mulai rutinkan salat sunnah dhuha untuk kebaikan dunia akhirat!

Baca Juga: Lakukan 7 Aktivitas Ini Agar Puasa Kalian Semakin Berkah

Annisa Fadillah Photo Verified Writer Annisa Fadillah

ig: @annisa_fadillah02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya