Comscore Tracker

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoa

Insya Allah terkabul!

Berdoa adalah salah satu cara menenangkan jiwa, tempat dimana seorang hamba lebih dekat dengan Sang Penciptanya. Doa adalah jalan dari sebuah perharapan dan doa adalah senjata umat muslim, jadi jangan pernah ragukan kekuatan doa.

Berdoa mungkin bisa kapan saja dilakukan, namun kamu harus mengetahui juga ada beberapa waktu dimana saat itu adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa yang terdapat dalam berbagai hadist shahih. Nah apa saja waktunya? Yuk simak!

1. Setelah salat wajib

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk BerdoaPexels.com/rawpixel.com
“Dari abu umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu.” ( HR. Tirmidzi )

Melaksanakan salat fardhu adalah bukti dari ketaatan seorang hamba, saat itulah waktu yang terbaik untuk berdoa, Insya Allah akan diijabah oleh Allah SWT.

2. Malam Lailatul Qadar

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoamerdeka.com
Aku bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: “Berdoalah,  Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

Malam Lailatul Qodar adalah malam yang paling dicari dan dinantikan seluruh umat muslim di belahan dunia manapun dimana beribadah pada malam ini lebih baik dari seribu bulan dan juga malam dimana Alquran diturunkan. Bukan hanya itu, malam Lailatul Qodar juga adalah saat yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta pada Allah SWT.

3. Azan berkumandang

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk BerdoaPexels.com/rawpixel.com
“Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.” (HR. Abu Daud)

Di saat azan berkumandang juga adalah saat terbaik untuk berdoa kepada Allah SWT bahkan dikatakan dalam hadist bahwa doa tersebut tidak akan tertolak atau kecil peluang tertolaknya.

4. Waktu antara azan dan iqomah

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoaikhtisarislami.com
"Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi, no. 212)

Bukan hanya saat azan berkumandang saja namun waktu jeda antara azan dan iqamah juga waktu terbaik untuk berdoa.

Baca Juga: Ternyata 5 Pesan Ini yang Selalu Orangtuamu Sematkan di Dalam Doanya

5. Hujan turun

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk BerdoaPexels.com/Aline Nadai
"Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR. Al-Hakim, 2534, di shahihkan Al-Albani di Shahih Al Jami', 3078)

Banyak yang belum tahu jika hujan turun adalah waktu yang paling mustajab untuk berdoa karena hujan adalah rahmat dari Allah SWT untuk umatnya.

6. Sujud dalam salat

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoayangheboh.com

Saat sujud adalah saat terdekat antara hamba dan Tuhannya. Ya, saat sujud itulah waktu yanh paling mustajab untuk berdoa. Hal ini dikukuhkan oleh hadist berikut:

“Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR. Muslim, no. 482)

7. Sepertiga malam

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk BerdoaPexels.com/abdulmeilk majed
"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: “Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (H.R. Bukhari, no 1145, dan Muslim, no 758)

Beribadah di sepertiga malam, disaat sebagian orang sedang menikmati tidurnya adalah bentuk ketaatan kepada Allah STW dengan menghadang kantuk dan dinginnya malam yang menusuk. Berdoa disaat ini doanya akan dikabulkan Allah SWT seperti yang dijelaskan dalam hadist di atas.

8. Hari Jumat

Berdasarkan Hadist, Ini 8 Waktu yang Paling Mustajab untuk Berdoabincangsyariah.com

Hari jumat adalah hari penuh berkah dimana hari ini juga adalah waktu paling mustajab untuk berdoa seperti yang dijelaskan pada hadist berikut

“ Rasulullah Shallalluhu' alaihi Wassalam menyebutkan tentang hari jumat kemudian beliau bersabda: 'Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari 935, dan Muslim 852)

Itu tadi deretan waktu yang paling mustajab untuk berdoa yang terdapat dalam berbagai hadist shahih. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Bikin Adem, Ini 5 Zodiak yang Konon Paling Rajin Beribadah

Annisa fadillah Photo Verified Writer Annisa fadillah

ig: @annisa_fadillah02

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You