Comscore Tracker

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Aja

#IDNTimesLife Wajib banget langsung kamu praktekin, nih!

Bukber atau buka bersama biasanya selalu jadi momen yang sayang dilewatkan di bulan puasa seperti ini. Bahkan gak jarang tawaran buka bersama selalu hadir silih berganti. Namun, gak jarang juga, nih beberapa agenda bukber berhenti karena hanya sebatas wacana.

Nah, untuk kamu yang gak mau gagal bukber lagi di tahun ini ada beberapa cara jitu untuk mewujudkan rencana bukber kamu supaya gak sebatas wacana aja. Seperti apa caranya? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Usahakan gak melakukan bukber secara dadakan

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Ajailustrasi buka bersama (Pexels.com/Mentatdgt)

Terkadang acara yang dilakukan dengan dadakan memang punya rasio keberhasilan yang cukup lumayan. Namun, jika agendanya buka bersama tentu saja kamu gak bisa melakukannya secara dadakan. Kamu harus minta konfirmasi dari beberapa orang terlebih dahulu akan kesanggupan mereka.

Terlebih kamu juga harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Mengingat buka puasa jadi momen krusial dimana banyak orang yang juga akan mendatangi berbagai tempat makan untuk berbuka dikhawatirkan bila gak reservasi terlebih dahulu dengan jumlah yang pasti kamu malah gak akan kebagian tempat.

2. Atur jadwal dengan baik

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Ajailustrasi perempuan bekerja (Pexels.com/Gabby K)

Biasanya bukber jadi sebatas wacana saja karena kesibukan satu sama lain. Untuk itu diperlukan kelonggaran waktu bagi satu sama lain untuk meluangkan waktunya demi terselenggaranya acara yang satu ini.

Jangan sampai sudah mendekati hari H malah banyak anggota yang gak bisa hadir. Jika banyak tawaran bukber kamu juga bisa menyeleksi mana yang lebih mendesak untuk diikuti. Pokoknya atur saja jadwal dengan baik agar semua bisa berjalan dengan lancar.

3. Hindari mewajibkan teman dari luar kota untuk ikut

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Ajailustrasi perempuan bekerja (Pexels.com/Gabby K)

Biasanya bukber juga dijadikan sebagai ajang reuni. Namun, ada baiknya untuk gak mewajibkan teman yang kini berdomisili di kota lain untuk ikut juga. Karena semakin dewasa seseorang semakin sibuk pula aktivitasnya yang mana tiap individu pasti punya kesibukannya masing-masing.

Jika memang menghendaki semua teman hadir adakan saja reuni bukan acara buka bersama. Selain itu, di masa pandemik seperti ini memang gak disarankan untuk berkumpul dengan banyak orang terlebih yang berasal dari luar kota.

Baca Juga: 6 Inspirasi Outfit Hijab untuk Bukber ala Selebgram, Simpel nan Kece

4. Bukber dengan grup skala kecil

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Ajailustrasi buka bersama (Pexels.com/Mentatdgt)

Daripada menuntut semua orang harus hadir kenapa gak buka bersama dengan grup skala kecil saja alias siapa yang bisa dengan merekalah kamu akan melakukan bukber. Lagipula semakin banyak peserta semakin sulit untuk mengorganisirnya.

Lebih baik skala kecil tapi datang semua, kan? Paling penting, kan kebersamaannya jadi ya siapa yang bisa hadir dengan merekalah bukber dilaksanakan.

5. Manfaatkan promo diskon di tempat makan

5 Cara Jitu Mewujudkan Rencana Bukber agar Gak Sebatas Wacana Ajailustrasi buka bersama (Pexels.com/Adrienn)

Biasanya di bulan Ramadan akan ada banyak sekali diskon yang ditawarkan beberapa tempat makan. Entah promo khusus, makanan khusus atau bahkan harganya turun dari hargan normal.

Hal ini jelas jadi pertimbangan banget untuk membuat seseorang tergerak untuk ikut bukber. Apalagi kebanyakan bukber selalu membayar sendiri. Kalau ada promo malah jauh lebih menyenangkan, bukan?

Itulah tadi beberapa tips agar rencana bukber gak jadi sebatas wacana aja. Meski demikian tetap perhatikan protokol kesehatan, ya. Jika memang tidak bisa mengadakan bukber secara tatap muka, kamu bisa kok menyiasatinya melalui virtual. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Bukber di Semarang, Murah dan Wajib Dicoba

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya