Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral 

Tips buat kamu yang selalu ingin tampil kekinian

Ingin tampil menarik dengan padu padan busana yang kekinian jelas jadi dambaan setiap orang. Salah satu cara tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti berbagai macam tren outfit yang tengah viral.

Memang tak ada salahnya melakukan hal tersebut. Namun, ada baiknya untuk mempertimbangkan sederet kemungkinan berikut ini sebelum kamu selalu menggebu untuk mengikuti tren fashion terkini yang sedang viral.

Apa sajakah pertimbangan yang harus kamu pikirkan? Segera saja kita simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Akan membentuk stereotype tertentu 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral ilustrasi memilih outfit (pexels.com/RODNAE Productions)

Tahun lalu, warna lilac atau ungu muda tengah mendominasi tren outfit di berbagai negara, begitu juga di Indonesia. Semua yang berbau lilac langsung sold out dimana-mana. Tak pelak, tren mengenakan baju lilac ini akan membentuk sterotype tertentu. Pasalnya, hampir semua orang tampil dengan warna yang satu ini.

Begitu pula tahun ini, tren fashion didominasi dengan aneka macam vest dan tank top outer. Bila salah memilih padu padan, bukannya tampil fashionable, justru malah terlihat kurang sedap dipadang mata yang karena memaksakan untuk mengikuti tren kekinian.

2. Penampilanmu terkesan jauh dari kata unik 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral ilustrasi seorang wanita mengenakan basic outfit (pexels.com/cottonbro)

Apapun yang tengah viral di media sosial pasti akan dengan sangat cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Misalnya saja saat kamu berpikir bahwa mengenakan kemeja kotak-kotak dan dipadukan bersama celana jeans terlihat keren, nyatanya sudah ada jutaan orang lain di luar sana juga akan berpikir demikian, lho.

Terlebih jika barang tersebut tengah viral, bukan gak mungkin, lho, kamu akan bertemu orang lain dengan penampilan serupa saat kamu sedang pergi keluar rumah. Hal ini jelas menyebabkan penampilanmu terkesan jauh dari kata unik. Namun, jika kamu nyaman-nyaman saja dengan style semacam itu juga gak ada salahnya, sih, sebenarnya.

Tapi, usahakan untuk menghindari warna atau jenis yang paling banyak dicari. Jadi, kamu tetap mengikuti perkembangan, namun, masih sedikit terlihat berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga: Prediksi Tren Fashion Tahun 2022, Warna Kalem dengan Gaya Versatile

3. Menumbuhkan jiwa konsumtif dalam diri 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral ilustrasi belanja online (pexels.com/cottonbro)

Hampir setiap hari saat kita asyik scroll media sosial, pasti akan ada saja orang-orang yang gemar memberi "racun" tren outfit terbaru. Sehingga, tanpa sadar jari-jari kita dengan lihainya langsung menuju e-commerce dan membeli barang tersebut. Sesekali mungkin masih belum terasa, ya, tapi jika kegiatan semacam ini terus-terusan dipertahankan lama-lama kamu akan jadi orang yang konsumtif.

Sifat konsumtif ini akan memicu terjadinya perilaku impulsive buying, dimana kamu membeli sesuatu tanpa berpikir panjang tentang fungsi serta nilai gunanya. Kalau gak segera dikendalikan, bukan gak mungkin, lho, keuangan kita bakal berantakan.

4. Tak melulu sesuai dengan ekspektasi kita 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral ilustrasi mencoba pakaian (pexels.com/Mikhail Nilov)

Meski viral dan terlihat keren dikenakan orang lain, belum tentu outfit tersebut cocok dengan kita. Misalnya saja, tren loose pants yang belakangan viral. Sekilas bila dilihat tampak keren bila dikenakan, pasalnya busana tersebut terbuat dari bahan yang nyaman serta potongan kain yang membuat penampilan terlihat lebih jenjang.

Kadang, saking kita "teracuni" terlebih dahulu oleh orang-orang di internet, kita pun melakukan blind buy begitu saja. Sehingga, saat barang pesanan kita tiba di rumah, ternyata malah gak sesuai ekspektasi sama sekali. 

5. Sesuaikan dengan bentuk badan 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Tren Outfit yang Tengah Viral ilustrasi pakaian oversized (pexels.com/Ron Lach)

Mengenal tubuh kita adalah kunci utama memiliki penampilan menarik saat berbusana. Maka dari itu, gak semua tren outfit yang viral cocok dengan bentuk badan kita. Usahakan untuk benar-benar meneliti dengan baik sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti suatu tren tertentu.

Jangan sampai hanya karena mengejar tren, kamu jadi memaksakan gaya yang sebetulnya gak kamu sukai. Karena nyatanya memang gak semua orang cocok dengan berbagai jenis dan tren pakaian yang sedang viral, lho.

Setelah membaca sederet pertimbangan di atas, semoga kamu lebih bijak lagi, ya, dalam mengikuti tren fashion. Kamu boleh-boleh saja, kok, tetap up to date, tapi jangan sampai memaksakan diri hingga di luar batas kemampuanmu, ya! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Prediksi Gaya Fashion Pria yang Bakal Tren di 2022 dari NYFW 

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya