Comscore Tracker

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!

Dijamin rasa cemas kamu perlahan sirna

Rasa cemas merupakan sebuah perasaan di mana seseorang mengalami perasaan gak tenang atau gelisah karena menghadapi situasi tertentu. Level cemas seseorang juga beragam, lho dan gak bisa disamakan satu dengan lainnya.

Situasi cemas yang sering kita rasakan diantaranya saat kita hendak ujian, memasuki lingkungan baru, wawancara kerja hingga sekadar disuruh melakukan presentasi di depan kelas. Semua perasaan itu valid, kok termasuk perasaan cemas itu sendiri.

Kalau kamu kerap dihinggapi rasa cemas ada baiknya mulai mencoba melakukan beberapa cara sederhana berikut, deh. Dijamin bantu banget mengurangi rasa cemas yang sering kamu rasakan. Apa saja cara yang dimaksud? Simak sama-sama, yuk!

1. Menerapkan metode 3-3-3

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Ilustrasi seorang wanita sedang cemas (Pexels.com/Ivan Samkov)

Metode yang satu ini dipercaya ampuh banget untuk meredakan gangguan kecemasan. Bahkan sudah bukan rahasia umum lagi kalau metode 3-3-3 terbukti bantu kita melawan pikiran negatif. Lalu gimana, sih caranya menerapakan metode 3-3-3? Sederhana banget, guys!

Kamu cukup duduk dan amati lingkungan sekitarmu lalu sebutkan tiga benda yang kamu lihat saat itu. Lanjutkan dengan menyebutkan tiga suara yang kamu dengar. Tearkhir sebutkan tiga bagian tubuhmu, lakukan itu sambil menggerak-gerakannya. Gampang banget, kan?

2. Melatih pernapasan

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Pexels.com/Kelvin Valerio

Tubuhmu akan jauh terasa lebih rileks saat kamu mencoba untuk melatik pernapasan. Secara gak langsung kegiatan ini juga bisa mengurangi rasa cemas yang terjadi di saraf otak kamu, lho. Simak langkah berikut ini untuk membantu kamu dalam melatih pernapasan. Kamu siap?

Cukup  tarik napas panjang selama kurang lebih 5 detik kemudian tahan 3 detik setelah itu lepaskan secara perlahan dalam hitungan 5 detik. Lakukan aktivitas ini secara berulang pokoknya sampai kamu merasa lebih tenang.

Baca Juga: Berbeda dengan Depresi, Kenali 8 Tanda Post Traumatic Stress Disorder

3. Nyalakan aromaterapi

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Ilustrasi lilin aromaterapi (Pexels.com/Anna Shvets)

Dewasa ini ada banyak sekali varian aromaterapi mulai dari diffuser, humidifier bahkan lilin aromaterapi. Kalau terpaksa gak ada kamu boleh, deh mencium wewangian seperti parfum atau mungkin bunga yang ada di sekitar kamu.

Selain punya efek menenangkan menyalakan aromaterapi juga bisa bantu kamu atasi rasa cemas. Wewangian yang tenang dan paling sering digunakan oleh banyak orang adalah wewangian dengan aroma lavender, lho.

4. Lakukan olahraga ringan

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan peregangan (Pexels.com/Polina Tankilevitch)

Olahraga ringan bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecemasan, guys. Pasalnya dengan berolahraga tubuhmu akan mencoba untuk memproduksi hormon kebahagiaan. Hormon inilah yang pada akhirnya akan memicu rasa bahagia sehingga kamu jadi lupa, deh dengan rasa cemas yang kamu lakukan. Olahraga ringan yang bisa kamu lakukan seperti misalnya melakukan peregangan atau mungkin berjalan di sekitar tempat kamu berada saat itu.

5. Jaga makanan dan minuman yang kamu konsumsi

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Ilustrasi seorang wanita sedang minum air (Pexels.com/Daria Shevtsova)

Saat tubuhmu mengalami dehidrasi biasanya kamu akan cepat dilanda rasa cemas. Pasalnya jantung akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Asupan makan juga perlu kamu perhatikan, nih guys jangan asal makan atau bahkan gak makan sama sekali.

Makanya di momen-momen tertentu di hidup kita misal saat ujian atau berpergian kita diwajibkan untuk makan terlebih dahulu. Karena kalau kita melewatkan makan pikiran dan tubuh kita jadi tegang oleh karenanya mudah banget, deh disusupi dengan rasa cemas.

6. Kalau sudah berlebihan mintalah bantuan profesional

6 Cara Sederhana yang Bisa Bantu Kamu Mengatasi Rasa Cemas, Coba yuk!Ilustrasi seorang wanita berkonsultasi dengan terapis (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Seperti yang dikatakan di atas level kecemasan seseorang berbeda-beda. Kalau level kecemasanmu sudah tinggi bahkan sudah menganggu aktivitas kamu sehari-hari ada baiknya mulai meminta bantuan profesional, guys.

Karena akan sangat berbahaya jika kamu membiarkannya begitu saja. Bukan gak mungkin juga, lho akan terjadi sesuatu yang gak diinginkan kalau kamu terus menunda untuk berkonsultasi dengan bantuan profesional. Karena secara gak langsung hubungan sosialmu dengan teman atau keluarga juga akan terdampak akibat gangguan kecemasan yang kamu rasakan.

Sederhana dan mudah banget buat dicoba, kan? Jadi, jangan lupa mempraktikannya, ya apabila kamu tengah dilanda rasa cemas. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya! Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Perilaku saat PPKM yang Justru jadi Pola Hidup Sehat

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya