Comscore Tracker

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! 

Cobain, yuk biar rumah kamu makin seger

Pandemik yang belum juga berakhir membuat sebagian besar dari kita masih harus beraktivitas dari rumah. Imbasnya hobi baru pun bermunculan. Salah satunya adalah hobi mendekorasi rumah. Mengatur serta menata ulang perabot dan segala pernak perniknya juga bisa jadi bagian dari self healing, lho.

Tak terkecuali, dengan menambahkan beberapa tanaman di dalam rumah supaya ruangan di rumahmu makin fresh. Tapi, sudah yakinkah kamu dengan penempatan tanaman pada area tersebut? Supaya makin fresh dan estetis ada baiknya kamu simak beberapa tips berikut ini. Simak sama-sama, yuk!

1. Area ruang tamu jadi salah satu pilihan terbaik 

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! ilustrasi tanaman yang berada di area ruang tamu. (Unsplash.com/Spacejoy)

Bila kamu kebingungan untuk meletakkan tanaman di dalam rumah, kamu bisa memilih untuk menempatkannya di sekitar area ruang tamu, lho. Bila ruang tamu di rumahmu berukuran besar kamu bisa menempatkan tanaman berdaun lebar dan berukuran cukup besar seperti Monsetra delicosa agar memberi kesan minimalis.

Namun, bila kamu memiliki ruang tamu yang terbilang mungil, meletakkan sukulen atau kaktus pada meja bisa jadi salah satu cara yang efektif. Sementara, jika masih ada banyak ruang tersisa kamu bisa menempatkan aglaonema sebagai tanaman penarik rezeki atau lidah mertua untuk menyerap racun serta mikropartikel jahat yang ada di udara.

2. Tingkatkan konsentrasi dengan meletakkannya di ruang kerja atau meja belajar 

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! ilustrasi tanaman yang berada di area meja belajar atau ruang kerja. (Pexels.com/Teona Swift)

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau laptop jelas membuat mata kita lelah. Membaca buku terlalu lama juga punya efek yang sama. Oleh karenanya kamu butuh bantuan yang dapat mengembalikan konsentrasimu sekaligus jadi media ‘cuci mata’. Oleh karenanya, kamu bisa menempatkan beberapa tanaman di area tersebut.

Gak hanya bikin pikiran main fresh, konsentrasi juga akan semakin meningkat. Tanaman seperti sirih gading yang ditempatkan di dalam wadah berisi air bisa kamu jadikan pilihan, lho.

3. Ciptakan suasana segar di dalam kamar mandi 

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! ilustrasi tanaman yang berada di area kamar mandi. (Pexels.com/Carlos Montelara)

Kamar mandi merupakan salah satu area di rumah yang terkenal sangat lembab. Supaya tercipta kesegaran alami kamu bisa juga, nih meletakkan tanaman di dalam kamar mandi. Penempatan tanaman di dalam kamar mandi juga akan membuat penghuni rumah makin merasa rileks berada di area satu ini.

Beberapa rekomendasi tanaman yang bisa dijadikan pilihan untuk diletakkan di dalam kamar mandi diantaranya adalah anggrek, peace lily, lidah mertua hingga sirih gading. Semua tanaman tersebut tergolong ke dalam tanaman adaptif yang bisa tumbuh di mana saja termasuk di dalam kamar mandi.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Termahal di Indonesia, Ada yang Seharga Rumah Mewah

4. Teras rumah selalu jadi andalan  

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! ilustrasi tanaman yang berada di area teras rumah. (Pexels.com/Mark Neal)

Sepertinya sudah bukan jadi rahasia umum lagi bahwa salah satu area terbaik untuk meletakkan tanaman adalah di teras rumah. Selain membuat hunian tampak lebih asri, di area ini kamu bisa dengan leluasa menempatkan aneka macam tanaman. Beberapa tanaman yang memerlukan pancaran sinar matahari secara langsung umumnya akan diletakkan di area yang satu ini.

Agar penataan koleksi tanamanmu semakin rapi, manfaatkan stand pot bahkan rak gantung. Penggunaan kedua benda ini jelas akan lebih menghemat tempat sehingga tanamanmu bisa semakin banyak di letakkan di area teras.

5. Meletakkan tanaman di sudut ruangan membuat hunian makin cantik 

5 Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman, Bikin Ruangan Makin Fresh! ilustrasi tanaman yang berada di area sudut ruangan. (Unsplash.com/Huy Phan)

Last but not least, meletakkan tanaman di sudut ruangan juga akan membuat rumahmu semakin cantik, lho. Apabila tanaman yang ingin kamu letakkan juga memerlukan setidaknya sinar matahari secara langsung meletakannya di sudut ruangan yang tak jauh dari jendela jelas jadi pilihan terbaik.

Meletakkan tanaman gantung di sudut ruangan juga bisa kamu jadikan pilihan, lho. Lazimnya tamanan yang diletakkan di sudut ruangan merupakan tanaman yang tak memiliki bunga atau hanya terdiri dari daun saja.

Well, semoga beberapa rekomendasi di atas bisa menginspirasi kamu, ya dalam meletakkan tanaman di area rumah. Kira-kira kamu sendiri sudah ada bayangan atau belum, nih ingin meletakkan tanaman di area mana?

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Bakal Tren Tahun 2022, Daun Lebar Masih Hits

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya