Comscore Tracker

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih Menarik

Kira-kira apa saja, ya?

Nyaman saja rasanya kurang cukup saat kita berbicara tentang ruang tamu. Tempat ini juga jadi salah satu ruangan krusial dimana kita akan bertemu serta menjamu tamu. Selain meja, kursi, dan lemari buffet, sederet barang berikut ini akan semakin menambah dekorasi ruang tamu di rumahmu agar semakin menarik.

Nah, untuk kamu yang sedang ingin mengubah suasana ruang tamu, gak ada salahnya menyimak rekomendasi yang satu ini. Gak usah berlama-lama lagi, langsung simak daftarnya di bawah ini.

1. Bantal sofa

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Sidekix Media

Bicara tentang bantal sofa pasti secara umum bentuknya serupa, yaitu berbentuk persegi dan terbalut dalam kain berwarna putih. Tapi kamu bisa memaksimalkan tampilan bantal sofa dengan menggunakan sarung bantal yang beraneka ragam.

Kamu bisa menjahitnya sendiri atau membelinya di e-commerce. Pilih sarung bantal yang sesuai dengan warna sofa atau tema ruang tamu yang kamu miliki. Gak jarang di e-commerce satu set sarung bantal sofa dijual sepaket dengan taplak meja, lho.

2. Karpet

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Sven Brandsma

Selain berfungsi untuk melindungi kursi dan meja dari kotoran karpet juga berfungsi untuk memberi kesan ruang tamu agar semakin cantik. Sekarang jenis karpet sudah beraneka ragam yang bisa disesuaikan dengan konsep ruang tamu yang kamu usung.

Gak melulu berbentuk permadani seperti karpet-karpet jaman dulu, kok. Aneka motif dan bahan juga bisa kamu temukan mulai dari motif polos hingga garis sekalipun. Bahkan, karpet bulu aneka warna yang sangat halus juga kian digemari akhir-akhir ini.

3. Side table dan stool

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Israa Hilles

Barang yang dapat membuat ruang tamu kamu menjadi semakin menarik adalah dengan kehadiran side table dan juga stool. Side table bisa berfungsi untuk meletakkan hiasan seperti vas bunga, meletakkan minuman, bahkan beberapa side table juga dilengkapi dengan ruang untuk menyimpan koran atau majalah.

Selain itu, stool atau bangku kecil juga bisa menambah ruang tamu di rumah kamu jadi makin menarik. Bentuknya yang kecil dan lucu bisa kamu gunakan sebagai ekstra seat saat kedatangan cukup banyak tamu.

Baca Juga: 9 Prediksi Tren Tema Dekorasi Rumah 2021, Tanaman Hias Juga Termasuk!

4. Hiasan dinding

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Vinicius "amnx" Amano

Lukisan, kaligrafi, rak melayang, wall décor, cermin hias, macramé ada sederet hiasan dinding yang dapat menambah suasana ruang tamu semakin hidup dan menarik. Sesuaikan hiasan dinding dengan konsep atau tema ruang tamu yang kamu pilih, ya.

Menggantung macramé dengan ruang tamu bertema minimalis atau industrial tentu kurang tepat bukan? Begitu pula memasang hiasan bertema industrial untuk tema ruangan bohemian juga pasti akan terlihat aneh.

Pikirkan dengan matang dulu sebelum memutuskan hiasan apa yang akan kamu pasang. Untuk mengindari penggunaan banyak paku, kamu juga bisa memanfaatkan hook yang lebih aman dan gak akan merusak dinding serta cat di rumahmu.

5. Tanaman

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Woodendot

Meletakkan beberapa tanaman asli di dalam ruang tamu juga bisa membantu menghidupkan suasana di ruang tamu, lho. Kamu bisa memilih beberapa tanaman yang cocok digunakan sebagai tanaman indoor seperti monstera, palem atau lidah mertua.

Gunakan sarung pot atau manfaatkan juga  standing pot untuk meletakkan tanaman di sudut-sudut ruang tamu di rumahmu. Tanaman seperti lidah mertua bahkan gak hanya berfungsi sebagai pemanis ruangan tapi juga memiliki fungsi sebagai filter udara dari antioksidan jahat.

Bila kamu gak punya tanaman asli, meletakkan tanaman artifisal juga gak ada salahnya, lho. Kecanggihan teknologi sekarang sudah membuat tanaman artifisial tampak nyata layaknya tanaman asli. Kamu juga ga perlu bingung untuk merawatnya.

6. Jam dinding

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/Duy Hoang

Meski kini jam dinding sudah tergeser keberadaannya dengan jam yang terdapat di ponsel. Tetap saja, kok gak ada salahnya meletakkan jam dinding di ruang tamu. Percaya atau tidak, orang masih banyak yang sering menyanyakan ‘jam berapa sekarang’ sambil melirik ke sekitar mencari jam dinding padahal di tangan mereka sedang memegang ponsel.

Jam dinding zaman sekarang juga sudah hadir dalam aneka frame yang keren, lho. Bahkan, sudah banyak juga jam dinding yang dilengkapi teknologi senyap sehingga kamu gak perlu terganggu dengan suara detak jam yang keras.

7. Lampu

7 Barang yang akan Membuat Dekorasi Ruang Tamu Lebih MenarikUnsplash.com/CHUTTERSNAP

Lampu yang dimaksud bisa jadi lampu gantung, lampu yang diletakkan di lantai atau bahkan lampu yang diletakkan di sudut meja. Lampu ini berfungsi untuk memberi pencahayaan serta penerangan pada ruang tamu di rumah.

Namun, aneka bentuk serta model lampu juga akan semakin menambah estetika dari ruangan. Jadi, ruang tamu akan semakin menraik, deh. Kalau kamu sendiri lebih suka lampu yang seperti apa untuk dijadikan dekorasi ruang tamu?

 

Itulah tadi guys, beberapa barang yang akan menata dekorasi ruang tamu agar terlihat semakin menarik. Bila uangmu belum mencukupi mendekorasi ruang tamu dengan cara menyicil satu per satu barang yang akan dibeli juga gak ada salahnya, lho. Nanti, kamu akan puas sendiri dengan hasil tata dekorasi ruang tamu di rumahmu.

Baca Juga: Hits Banget, Nih 6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Rumah Kamu

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya