Comscore Tracker

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orang

Kuncinya, kamu gak boleh kelihatan panik dulu #IDNTimesLife

Selama kita hidup, pasti kita sudah bertemu dengan banyak orang. Kadang ada satu momen yang membuat kita berada pada situasi yang membuat canggung, kikuk, dan panik. Yup, situasi itu saat kita bertemu dengan seseorang dan lupa dengan namanya.

Namun, tenang, kamu bisa mencoba sederet cara berikut biar gak panik, nih. Apa aja, ya, kira-kira cara yang dimaksud? Intip bareng-bareng, yuk!

1. Pakailah sapaan yang general

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orangilustrasi laki-laki dan perempuan (pexels.com/Yan Krukov)

Kamu bisa menggunakan sapaan gaul dan kekinian, seperti bro, sis, atau mungkin bosku untuk menghindari kecurigaannya karena kamu lupa dengan nama orang tersebut. Kuncinya sok asyik dan sok akrab aja dulu.

Lama-lama, obrolan kalian pasti bakal mengalir juga. Setelah itu, barulah ajak dia berfoto bersama. Kamu bisa mengirimkan foto tersebut ke temanmu dan menanyakan nama orang tersebut.

2. Tanyakan apa akun medsosnya

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orangilustrasi pertemanan (pexels.com/fauxels)

Di zaman yang serbadigital seperti ini, semua orang pasti punya medsos. Hampir setiap kegiatan pasti selalu dibagikan di sana. Saat kamu bertemu kawan lama dan lupa siapa namanya, ajaklah foto bersama terlebih dahulu.

Barulah berpura-pura dengan menanyakan apa nama akun Instagramnya supaya kamu bisa menandainya. Cara ini terlihat cukup halus. Namun, dijamin tingkat keberhasilannya sangat tinggi.

Baca Juga: 10 Inspirasi Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Sutopo Purwo Nugroho

3. Minta nomor telepon

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orangilustrasi dua orang perempuan (pexels.com/Anastasiya Gepp)

Kalau semisal orang yang kamu temui gak punya medsos atau kurang aktif di medsos, gak mungkin, dong, dia gak punya akun chat, seperti WhatsApp atau Line? Mintalah nomor teleponnya dengan alasan ingin mengirimkan foto yang tadi sudah kalian ambil.

Kalau ternyata dia menyimpan nomor tanpa memberi tahu apa nama kontak yang ia tuliskan, kamu bisa berpura-pura bertanya pada orang tersebut apa nama kontak yang ia tuliskan di HP kamu. Simpel banget, kan?

4. Kenalkan pada temanmu

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orangilustrasi berjabat tangan (pexels.com/Sora Shimazaki)

Apabila kamu gak datang sendiri, ada baiknya cobalah mengenalkannya pada temanmu. Gak mungkin, dong, saat mereka berkenalan, dia gak menyebutkan nama. Dari situ juga, kamu akan tahu dan ingat siapa nama orang ini. Gampang banget buat dilakuin, kan? Pokoknya, kamu jangan sampai terlihat canggung dan gugup di hadapan orang tersebut, ya.

5. Jujur saja kalau kamu lupa

Jangan Panik, Ini 5 Cara yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Lupa Nama Orangilustrasi dua orang perempuan (pexels.com/RODNAE Productions)

Gak ada salahnya juga, lho, kalau kamu jujur bahwa kamu lupa dengan siapa saat ini kamu berbicara. Daripada iseng-iseng menduga, lalu salah nama, malah malunya berlipat ganda.

Awali dengan kata maaf terlebih dahulu dan katakan sejujurnya kalau kamu lupa. Orang yang kamu temui juga pasti gak akan marah, kok. Namun, kamu gengsi atau gak, nih, buat mengakui kalau kamu lupa di hadapan orang itu?

Nah, demikian tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat kamu lupa dengan nama seseorang. Gimana, Guys? Simpel dan halus banget, kan? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Inspirasi Hidup Sehat Saat Musim Hujan biar Gak Gampang Sakit!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya