Comscore Tracker

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat Terus

Kamu harus move on

Dalam menjalani hidup pasti ada saja kesalahan, kekeliruan atau hal-hal yang gak kita sangka terjadi begitu saja. Namun bila belum move on dari hal tersebut, di momen-momen tertentu kita akan kembali mengingatnya lagi secara gak disengaja. Oleh karena itu, sangat sulit rasanya untuk melupakan kesalahan di masa lalu.

Meski begitu, kita harus move on, guys! Sebab hidup akan terus berjalan ke depan. Lantas bagaimana cara untuk melupakan kesalahan tersebut? Tanpa perlu berlama lagi, intip caranya sama-sama, yuk!

1. Cobalah untuk menerima apa yang telah terjadi 

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat Terusilustrasi seorang pria sedang merenung (pexels.com/nappy)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba menerima semua kesalahan di masa lalu. Bagaimapun juga kita gak bisa kembali ke masa itu untuk mengubah keadaan. Hal tersebut sudah terjadi, menangis juga gak akan merubah keadaan sama sekali.

Menerima apa yang telah terjadi akan membuat hatimu terasa lebih baik. Meski awalnya berat, namun mau gak mau kamu harus mencoba melupakannya secara perlahan.

2. Maafkanlah dirimu sendiri 

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat TerusIlustrasi seorang wanita tampak sedih (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Cara terbaik untuk berdamai dengan keadaan adalah memaafkan dirimu sendiri. Jangan hakimi dirimu atas segala perbuatan yang sudah kamu lakukan, baik atau buruk, di masa lalu. Semua sudah berlalu dan masih ada kesempatan untukmu jadi sosok yang lebih baik saat ini maupun di masa depan.

Jangan terus menerus menyalahkan diri sendiri. Cobalah memaafkan dirimu sendiri. Kalau memaafkan orang lain saja sanggup, harusnya tidak sulit untuk memaafkan dirimu sendiri bukan?

3. Sibukkan dirimu dengan aktivitas 

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat TerusIlustrasi seorang wanita sedang mencuci piring (Pexels.com/Sarah Chai)

Kesibukan yang padat juga bisa bantu kamu melupakan hal-hal yang pernah dilakukan di masa lalu. Entah kesibukan yang berkaitan dengan pekerjaan atau mungkin dengan menekuni hobi. Keduanya bisa bantu kamu melupakan apa yang telah terjadi, lho.

Meski mungkin awalnya juga sulit untuk dilakukan, namun seiring berjalannya waktu kesibukan bisa mengalihkan perhatianmu, kok. Sibuk di sini dalam arti sebenarnya, ya. Bukan berpura-pura sibuk untuk menghindari adanya masalah baru.

Baca Juga: Ingin Mengasah Proses Kreativitas? Coba Ikuti 4 Langkah Sederhana Ini

4. Sadari bahwa hidup harus terus berlanjut 

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat Terusilustrasi seorang pria melakukan teknik pernfasan (pexels.com/Kelvin Valerio)

Kamu harus sadar bahwa kamu gak bisa berdiam diri saja atas apa yang terjadi. Setiap orang mungkin telah berbuat kesalahan di masa lalu, termasuk kamu. Namun setelah meminta maaf dan membuktikan bahwa kamu gak akan mengulanginya lagi, kamu harus tetap melanjutkan hidup.

Sebuah kesalahan gak lantas membuat hidupmu berhenti saat itu juga, guys. Hidupmu masih panjang dan kamu gak boleh menyerah begitu saja. Ingat, setiap orang berhak atas kesempatan kedua dalam hidup ini.

5. Anggap sebagai sebuah pembelajaran 

5 Cara Melupakan Kesalahan di Masa Lalu, Gak Perlu Diingat Terusilustrasi seorang wanita duduk di samping jendela (pexels.com/Liza Summer)

Orang yang bijak adalah mereka yang bisa mengambil pelajaran dari perjalanan hidup yang telah dilewati. Di dalamnya termasuk hal-hal yang mungkin membuat mereka gagal, putus asa atau bahkan atas kesalahan yang dilakukan selama ini. Oleh sebab itu, kalau kamu ingin jadi sosok yang baru, anggaplah semua itu sebagai sebuah pembelajaran yang bisa dipetik hikmahnya.

Apa yang sudah terjadi biarlah berlalu, guys. Mengenang hal-hal buruk hanya akan membuat dirimu makin tersiksa. Kalau kamu benar-benar menyesali apa yang sudah dilakukan di masa lalu, setidaknya tunjukkan dengan perubahan bahwa hal tersebut gak akan terulang untuk saat ini ataupun nanti.

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya