Comscore Tracker

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai Perasaan

Memberi kritik jangan asal, ada caranya!

Mendapatkan kritikan atau memberi kritikan adalah hal yang lumrah kita temui sehari-hari. Namun, tak sedikit kalimat yang terlontar malah menyakitkan hati.

Bisa jadi justru malah kalimat yang melukai perasaan itu keluar dari mulut kita. Jika kita saja bisa sakit hati karena kritikan orang lain, apalagi orang lain yang mendapatkan kritikan dari kita?

Tentu akan sangat menyakitkan, bukan? Oleh karenanya kamu wajib tahu, mengenai bagaimana cara memberikan kritikan dengan santun supaya gak melukai perasaan orang lain. Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan kamu mengkritik di waktu yang tepat

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/Alex Green

Kamu harus pandai membaca situasi sesaat sebelum melemparkan kritikan. Kritiklah orang tersebut pada waktu yang tepat.

Saat ia terlihat murung atau stres, jangan tambahi dengan kritikan yang ada kamu malah memperkeruh situasinya. Lakukan saat kondisi hatinya sudah tenang barulah hampiri dan sampaikan kritikanmu dengan baik.

Karena, saat seseorang dilanda tekanan yang berat kemudian mendapat kritikan, justru orang itu akan merasa bahwa dirinya sangat buruk serta tak bisa berhenti menyalahkan dirinya sendiri. Hal ini dapat berimbas pada trauma yang akan ia alami di masa datang.

2. Kritikanmu harus berdasarkan fakta

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/RODNAE Productions

Hindari untuk memberikan kritik seseorang berdasarkan asumsi apalagi berdasarkan dari cerita orang lain. Kritiklah sesuai dengan fakta yang ada jangan melebihkan atau megurangi.

Karena saat kamu memberikan kritik berdasarkan asumsi, yang ada kamu hanya melemparkan fitnah kepada orang tersebut. Saat yang kamu sampaikan tak sesuai fakta, yang ada citra dirimu malah akan rusak di mata orang lain setelahnya.

Baca Juga: 5 Tanda Seseorang Suka Memberi Kritik yang Menjatuhkan, Waspadalah!

3. Gunakan metode kritik sandwich

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/Andrea Piacquadio

Metode kritik sandwich adalah sebuah metode di mana melemparkan kritikan dengan mengapitnya di antara pujian. Sebagai langkah permulaan, pujilah orang tersebut dengan santun lalu mulailah untuk menyisipkan kritikan di dalamnya, lantas tutup lagi dengan pujian.

Dengan metode ini kamu dapat mengkritik orang tersebut tanpa melukai hatinya. Fokus kritikan juga akan tertuju dengan jelas dan tersampaikan dengan baik.

4. Jangan dilakukan di depan banyak orang

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/Polina Zimmerman

Sebaiknya saat kamu ingin mengkritik orang lain, usahakan untuk tidak melakukannya di depan banyak orang. Karena selain tidak etis, juga dapat menghancurkan mental seseorang.

Ajaklah bicara empat mata, lalu utarakan apa yang menjadi fokus permasalahan. Dengan begitu, kritikan akan lebih tersampaikan.

Meski mungkin ia akan butuh waktu untuk menerima kritikanmu namun, hal tersebut jauh lebih baik dibanding harus mengkritiknya di hadapan banyak pasang mata.

5. Lakukan dengan pembawaan yang tenang

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/Joshua Santos

Meski mungkin kamu jengkel, kesal, dan rasanya ingin marah kamu tetap harus bijaksana dalam melontarkan kritikan. Jangan biarkan perasaan emosi yang menguasaimu. Selain poin kritikanmu tak akan tersampaikan, orang yang kamu kritik juga akan meragukan kebenaran dari segala kritikanmu.

Sampaikan dengan pembawaan yang tenang, fokus pada inti permasalahan, jangan pula menyerang pribadinya. Amarah yang meledak juga tak akan menguraikan masalah, bukan?

6. Akhiri kritikanmu dengan saran yang membangun

6 Cara Memberikan Kritikan dengan Santun agar Tak Melukai PerasaanPexels.com/August de Richelieu

Orang yang bijak tidak hanya akan mengkritik namun juga memberikan saran yang membangun. Oleh karenanya saat kamu akan mengakhiri kritikanmu, sampaikan juga saran pada orang tersebut.

Setidaknya, kritikanmu beralasan dan dapat dipertanggung jawabkan. Kamu juga harus paham bahwa kritikan merupakan salah satu masukan agar seseorang bisa menjadi jauh lebih baik ke depan.

 

Demikian tadi beberapa cara memberikan kritikan yang santun supaya gak melukai perasaan. Semoga ke depan kita dapat lebih santun dalam mengkritik seseorang ya, guys.

Baca Juga: 5 Kritik Membangun yang Berguna untuk Diungkapkan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya