Comscore Tracker

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Gampang banget buat dilakuin, lho

Manusia pada dasarnya sering kali sulit untuk berhenti membandingkan dirinya sendiri dan orang lain. Mereka merasa bahwa apa yang ia capai masih kalah jauh jika dibanding orang lain. Oleh karenanya, membanding-bandingkan diri sendiri sering kali dijadikan proyeksi atas rasa insecure yang dimiliki.

Bila akhir-akhir ini kerap membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, ada baiknya mulai mengubah sikap dan kebiasaan tersebut. Kira-kira, apa saja cara yang membantumu berhenti membandingkan diri dengan orang lain? Cari tahu bersama, yuk.

1. Memperbanyak rasa syukur

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang LainPexels.com/VisionPic .net

Gak ada cara lain yang lebih baik dibanding memperbanyak rasa syukur. Pasalnya, saat kita sering bersyukur secara gak langsung kita akan mulai berhenti membandingkan diri kita dengan orang lain. Bersyukurlah atas segala hal yang kamu miliki.

Meski mungkin apa yang kamu raih atau kamu miliki belum sebanyak orang lain, setidaknya rasa syukur tersebut yang akan membentengi dirimu dari rasa iri dan dengki yang berujung membandingkan diri dengan orang lain.

2. Sering melakukan self talk

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang LainPexels.com/Jessica Ticozzelli

Begitu muncul dalam hatimu perasaan iri, dengki, serta ketidaksukaan terhadap orang lain sehingga  hadir perasaan ingin membandingkan dengan orang lain hal yang pertama harus kamu lakukan adalah melakukan self talk. Mengapa? Karena dengan melakukan self talk secara gak langsung kita memberi afirmasi kepada diri sendiri.

Sehingga secara gak disadari kita akan menumbuhkan rasa optimis serta perasaan positif kepada diri sendiri. Kebiasaan melakukan self talk juga dapat menghindarkanmu dari rasa cemas yang berlebihan, lho.

Baca Juga: 4 Alasan Kamu Harus Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

3. Menghindari orang yang kamu anggap sebagai kompetitor

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang LainPexels.com/Edmond Dantès

Menghindar, melakukan blokir, membatasi komunikasi dengan orang yang membuatmu selalu merasa gak nyaman gak ada salahnya untuk dilakukan, lho. Ini jadi salah satu alternatif akhir yang bisa kamu lakukan agar kamu berhenti untuk membandingkan diri dengan orang lain.

Gak masalah dibilang kekanak-kanakan, hanya saja perlu diingat setiap orang punya batasannya masing-masing. Apa yang menurut orang lain kekanakan belum tentu sama dengan lainnya. Untuk menghindari perasaan tersebut gak ada salahnya kok untuk menghindari orang-orang yang kamu anggap sebagai kompetitor.

4. Mengelilingi dirimu dengan lingkungan orang yang suportif

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang LainPexels.com/ELEVATE

Orang-orang yang suportif akan memberi dampak positif terhadap sekelilingmu. Sehingga, kamu bakal lupa, deh untuk membandingkan dirimu sendiri. Karena, saat berada di sisi mereka akan membuatmu merasa cukup dan dianggap sehingga gak perlu yang namanya membandingkan diri dengan orang lain.

Mereka juga gak akan ragu untuk mendukung apapun yang akan kamu lakukan, lho. Mereka juga gak akan menganggapmu sebagai kompetitor mereka.

5. Melakukan hal-hal yang kamu sukai

5 Cara yang Membantumu Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang LainUnsplash.com/Felix Rostig

Cara lain untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain adalah dengan cara melakukan hal-hal yang kamu sukai. Secara gak langsung, melakukan hal-hal yang kamu sukai merupakan salah satu bentuk mencintai diri sendiri.

Saat kamu sudah berada pada tahap ini  maka kamu gak akan pernah membandingkan dirimu dengan orang lain lagi. Kamu terlalu sibuk melakukan segala hal yang kamu sukai, sehingga gak ada waktu untuk membandingkan diri sendiri. Jadi, mulai sekarang tumbuhkan sikap yang satu ini supaya hidupmu semakin bahagia.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara yang akan membantumu berhenti untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Bagaimana mudah sekali untuk dilakukan, bukan?

Baca Juga: 5 Cara Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, Penting!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya