Comscore Tracker

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan Bahagia

Berani coba?

Siapa, sih yang gak mendambakan punya kehidupan yang tenang dan juga bahagia? Semuanya pasti sepakat kalau setiap individu pasti menginkannya. Namun, pada kenyataannya banyak individu yang melakukan berbagai cara supaya bisa mendapatkan kedua hal tersebut.

Kalau kamu sedang mengupayakan agar bisa hidup tenang dan bahagia barangkali kamu harus mencoba untuk melakukan beberapa hal sederhana berikut ini. Kira-kira apa saja, ya yang dimaksud? Cari tahu bersama, yuk!

1. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan BahagiaIlustrasi dua orang wanita (Pexels.com/RF._.studio)

Terkadang disadari atau gak kamu kerap kali membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain dalam hal apa pun itu. Gak jarang kamu kerap merasa iri terhadap apa yang mereka raih sementara kamu masih dalam tahap yang begini-begini saja.

Kamu merasa bahwa kamulah yang lebih berhak dibanding mereka. Kadang juga melihat mereka sudah berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan di usia yang terbilang muda membuatmu merasa rendah diri.

Sikap-sikap seperti inilah yang pada akhirnya membuat hidupmu jauh dari ketenangan dan juga kebahagiaan. Oleh karenanya jika menginginkan dua hal tersebut berhentilah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain, ya.

2. Cobalah untuk selalu mengatakan hal baik pada diri sendiri

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan BahagiaIlustrasi kalimat afirmasi (Pexels.com/Tara Winstead)

Mungkin gak banyak yang tahu kalau apa yang kita ucapkan atau bahkan kita pikirkan bisa jadi kenyataan, lho dengan atau tanpa disengaja. Makanya, mulai sekarang coba, yuk untuk selalu mengatakan hal baik pada diri sendiri.

Hindari terus menerus berburuk sangka pada dirimu sendiri. Sekecil kamu meragukan diri sendiri untuk bisa melakukan ini itu. Jika kamu benar-benar ingin hidup tenang dan bahagia ada baiknya mulai, yuk untuk selalu mengatakan hal baik pada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Menjadi People-Pleaser Membuatmu Tak Bahagia

3. Ikuti apa yang dikatakan oleh hatimu

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan BahagiaIlustrasi menari (Pexels.com/Andrew)

Kamu pasti sering dengar, dong kalimat yang mengatakan kalau kita hidup hanya sekali? Maka dari itu coba, deh mulai sekarang ikuti saja apa yang dikatakan oleh hatimu. Jangan terlalu banyak berpikir.

Terkadang banyak hal terlewatkan karena kita terlalu menimbang baik tidaknya sesuatu. Termasuk jika kamu menginginkan hidup yang tenang serta bahagia ada baiknya kamu mulai dulu saja untuk mengikuti apa yang dikatakan oleh hatimu.

4. Relakan semua hal yang gak bisa kamu kendalikan

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan BahagiaIlustrasi seorang wanita (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Seperti yang kamu ketahui ada banyak hal di dunia ini yang terjadi di luar kendali kamu. Meski kamu sudah mengupayakan segala cara kalau ternyata Tuhan berkehendak lain kamu juga gak bisa mengendalikannya, bukan? Merelakan semua hal yang gak bisa kamu kendalikan termasuk salah satu kunci supaya kamu bisa hidup tenang dan bahagia, lho. Bagaimana, tertarik ingin coba?

5. Usahakan untuk menghindari gosip, drama, atau hal negatif lainnya

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Hidup Tenang dan BahagiaIlustrasi bergosip (Pexels.com/Keira Burton)

Kamu memang gak bisa mengendalikan orang lain tapi satu hal yang harus kamu tahu bahwa kamu bisa mengendalikan dirimu sendiri. Termasuk di momen yang membuat kamu harus terjebak di antara banyaknya hal negatif, gosip ataupun drama.

Menghindari hal-hal tersebut dipercaya bisa membuat hidup kita makin tenang dan juga bahagia, lho. Sederhana banget, kan? Tapi nyatanya masih banyak di antara kita yang sulit meninggalkannya. Kalau kamu sudah siap belum keluar dari lingkaran yang satu ini?

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hormon Dopamin, Bikin Makin Bahagia!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya