Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan Berkembang

Kira-kira kenapa, ya?

Di dalam hidup ini ada hal-hal yang bisa kita rubah dan gak bisa kita rubah sama sekali. Tapi sebagai manusia sudah sepantasnya kita selalu mengupayakan agar memenuhi apa yang kita butuhkan dalam hidup ini.

Meski sampai di garis finish yang berbeda-beda tetapi sudah sewajarnyalah kita sebagai manusia untuk terus meningkatkan kualitas diri supaya bisa memiliki hidup yang maju dan terus berkembang.

Kalau kamu merasa sama sekali gak ber-progress beberapa tahun ke belakang barangkali sederet alasan inilah yang jadi penyebabnya. Lantas apa saja, sih alasan yang dimaksud? Intip penjelasannya berikut ini!

1. Mengharapkan kesuksesan yang instan 

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan BerkembangIlustrasi menghitung uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Gak akan pernah ada kesuksesan yang instan di dunia ini, guys. Dalam hal apa pun itu. Terkadang kita selalu berorientasi pada hasil tapi melupakan sebuah proses yang menyertai.

Melihat orang lain sukses yang kita lihat semata apa yang telah ia raih saat ini padahal ada jalan terjal yang harus ia lalui hingga bisa berada di puncak suksesnya. Maka dari itu kalau ingin maju dan berkembang upayakan untuk gak mengharapkan kesuksesan yang instan. Kamu harus tetap berusaha sekecil apa pun itu bentuk usahamu.

2. Selalu melihat segala hal hanya dari satu sisi saja 

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan BerkembangIlustrasi seorang pria sedang duduk di meja kerja (Pexels.com/Moose Photos)

Alasan yang menghambat hidupmu untuk maju dan berkembang ada pada pola pikirmu sendiri. Bagaimana cara pandangmu terhadap sesuatu menentukan sekali apakah kamu akan maju dan berkembang atau malah jalan di tempat bahkan ekstremnya mungkin malah mengalami kemunduruan.

Namun, apa pun fase yang kamu lalui saat ini kamu harus ingat bahwa ketika kamu melihat segala hal hanya dari satu sisi kamu akan terus menerus menjadi dirimu yang seperti itu. Untuk itu perlu yang namanya evaluasi serta refleksi diri serta merenungkan kemungkinan-kemungkinan supaya kamu gak terjebak di zona nyaman.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Bisa Menghancurkan Motivasi, Bikin Sulit Maju

3. Gak percaya dengan namanya relasi 

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan BerkembangIlustrasi dua orang tengah berjabat tangan (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Relasi gak melulu berkaitan dengan orang dalam, kok. Relasi bisa muncul dalam hidup kita dalam aneka rupa. Kadang ada saja rezeki atau bahkan informasi yang kita peroleh dari relasi. Jadi, kalau kamu gak percaya yang namanya relasi waduh, siap-siap aja, deh kehilangan satu peluang untuk maju dan sukses.

Kamu harus ingat juga sebuah peribahasa yang mengatakan ‘if you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together’ yang mana kalau kamu ingin sukses dan berkembang dalam jangka waktu yang lama kamu jelas butuh orang lain untuk membantumu mewujudkan itu.

4. Malas untuk menggali potensi 

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan BerkembangIlustrasi seorang pria malas bekerja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu terus-terusan menjadikan orang lain sebagai patokan sukses. Tapi kamu sendiri gak pernah berusaha untuk menggali potensimu. Dengan menemukan potensi, pasti akan lebih mudah bagi kamu untuk maju dan berkembang.

Karena kamu sudah menemukan cara bagaimana untuk mengasah potensi tersebut menjadi sesuatu yang berdaya guna dan membantu kehidupanmu sleanjutnya. Coba, deh gali lagi potensimu kira-kira apa, sih yang bisa kamu kembangkan dari dalam dirimu supaya jadi lebih maju.

5. Pasrah dengan keadaan 

5 Alasan Kenapa Hidupmu Terasa Sulit Maju dan BerkembangIlustrasi seorang wanita meletakkan kepalanya di atas meja (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Maksud dari pernyataan di atas adalah kamu sudah gak menemukan semangat lagi sama sekali, kamu sudah gak ingin berusaha dan membiarkan semuanya mengalir apa adanya. Semisal hal buruk terjadi sekalipun kamu juga gak mengupayakan perubahan supaya gak terjadi lagi ke depannya.

Sikap seperti ini jelas akan membuat hidupmu makin mundur dan mundur, guys. Oleh karenanya kamu gak boleh pasrah kamu harus mengusahakan sebuah perubahan setiap harinya.

Kita gak pernah tahu sama sekali kapan titik balik itu akan menghampiri kita oleh karenanya gak berhenti berusaha dan terus memperbaiki diri adalah sepersekian dari cara agar hidup makin maju dan berkembang. Sekecil apa pun progres yang kamu lakukan tetap sebuah progres, kok. Asal kamu tekun dan gak menyerah kalau gak percaya bandingkan, deh dirimu sekarang dan satu tahun ke belakang.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Negatif yang Bikin Hidup Sulit Berkembang, Segera Buang!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya