Comscore Tracker

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong Nyelekit

#IDNTimesLife Latihan biar kuat mental, ya

Manusia adalah makhluk yang dinamis, di mana setiap harinya individu akan berinteraksi dengan orang lain. Tak terkecuali kamu. 

Di dunia yang luas ini, tak bisa munafik kamu akan bertemu beragam karakter manusia. Sifat dan sikap mereka pun berbeda. Yang mungkin menyebalkan adalah ketika kamu bertemu dengan sosok yang gemar melontarkan kata nyelekit alias menyakitkan.

Tapi kamu ga perlu khawatir! Alih-alih menjadi baper, coba lakuin cara ampuh di bawah ini supaya tetap tegar ketika mendengar omongan yang nyelekit.

1. Fokus saja kepada hal lain yang jauh lebih positif

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong NyelekitIlustrasi dua orang wanita sedang melakukan yoga (pexels.com/mikhail nilov)

Saat kamu merasa ucapan yang dilontarkan hanya penuh dengan perasaan negatif, ada baiknya kamu cukup mengabaikan. Masih banyak hal positif yang bisa kamu pikirkan.

Cukup fokus pada hal baik. Bukan bermaksud menjadi anti kritik, hanya saja jika apa yang dikatakan tidak sesuai dengan realita maka tidak perlu membuang waktu untuk mendengarkan, bukan?

2. Kamu harus sadar bahwa kamu gak bisa menyenangkan semua orang

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong Nyelekitilustrasi pria yang sedang menghibur pasangannya (pexels.com/andres ayrton)

Sebaik atau seburuk apapun kita, tidak mungkin terlepas dari kritik pedas yang dilontarkan orang lain. Walaupun sudah mencoba yang terbaik, pasti tetap akan ada orang yang tidak suka dengan kita. 

Meskipun begitu, kamu harus ingat bahwa pribadi ini tidak bisa menyenangkan semua orang. Biarkan dunia berkata apapun tentangmu, lakukan saja kehidupan yang terbaik versi kamu. 

3. Gak perlu didengarkan semuanya

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong Nyelekitilustrasi sahabat (pexels.com/andrea piacquadio)

Cara lain agar kamu gak baper dengan omongan orang lain adalah gak perlu mendengarkan semua yang diucapkannya. Anggap saja sebagai angin lalu.

Kalau kamu merasa apa yang diucapkan ada benarnya, cukup ambil positifnya dan buang yang gak sesuai. Toh, apa yang diucapkan belum tentu benar, kok. Jangan buang waktumu untuk memikirkan hal-hal semacam ini, ya.

Baca Juga: 5 Cara Menanggapi Seseorang yang Sering Meremehkanmu, Gak Perlu Baper!

4. Kamu yang lebih berhak untuk menilai

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong Nyelekitilustrasi pasangan (pexels.com/keira burton)

Orang lain hanyalah individu asing yang belum tentu mengerti apa yang terjadi sesungguhnya di dalam hidupmu. Mereka tak tahu perjuanganmu, mereka tak mengenal dalam seperti apa dirimu.

Bahkan, tak jarang mereka menilai kamu dengan bebas menurut pandangan orang lain. Bukan murni pandangan mereka atau karena mengenalmu lebih dekat.

Tak perlu pusing, biarkan waktu yang akan menjawab.

5. Tanamkan mindset bahwa setiap pribadi itu unik dan spesial

Jangan Baper! Lakuin 5 Hal Ini ketika Orang Lain Ngomong Nyelekitilustrasi pertemanan antar ras (pexels.com/anna shvets)

Saat seseorang melontarkan berbagai kata nyelekit yang bahkan buktinya tidak ada sekaligus tidak masuk akal, ambil positifnya dan buang negatifnya. 

Terkadang, seseorang gak sadar bahwa setiap individu itu unik dan spesial. Setiap individu memiliki caranya sendiri untuk menyelesaikan masalah, misalnya. Setiap orang memiliki standar dan batasan di hidupnya. Jadi, ketika kamu mendengar mereka melemparkan obrolan tersebut, tidak perlu diambil hati, ya. 

Ke depannya, kamu akan terus bertemu dengan beragam karakter manusia. Jangan sedih, semoga kamu lebih kuat dan gak terlalu memusingkan hal-hal yang tidak perlu dipikirkan, ya. 

Baca Juga: Jangan Keburu Baper Sama Gebetan yang Tidak Bisa Memberi 5 Hal Ini

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya