Comscore Tracker

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan Emosional

Segera pulih, ya!

Apakah kamu sering merasa lelah? Lelah yang seperti tiada akhir? Lelah bukan hanya karena banyaknya aktivitas fisik saja, lho. Jika lelah fisik tentu kita akan lebih mudah mendeteksi lalu bagaimana jika kita mengalami lelah secara emosional? Berikut, 5 ciri bahwa kamu tengah mengalami fase kelelahan emosional.

1. Menarik diri dari lingkungan

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan EmosionalUnsplash.com/Andrik Langfield

Salah satu ciri kelelahan emosional yang paling mudah dideteksi adalah menarik diri dari lingkungan. Kamu yang selalu tak pernah absen dari tongkrongan tiba-tiba berubah memilih untuk berdiam di rumah saja. Kamu merasa takut dan malas bertemu dengan banyak orang yang bahkan kamu sendiri tidak mengetahui alasannya dengan jelas.

2. Malas melakukan aktivitas seperti biasa

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan EmosionalUnsplash.com/Anthony Tran

Bosan akan rutinitas sehari-hari memanglah wajar. Terlebih kita dituntut untuk melakukan aktivitas serupa dengan pola yang sama. Namun, bila kamu mengalami kelelahan emosional tingkat malas untuk melakukan aktivitasmu seperti biasa lebih tinggi.

Baca Juga: 5 Efek Nyata Malas Bergerak bagi Kesehatan, dari Depresi hingga Kanker

3. Menganggap apa yang sedang kamu kerjakan hanyalah pekerjaan yang sia-sia

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan EmosionalUnsplash.com/Tim Gouw

Dalam fase kelelahan emosional salah satu cirinya adalah menganggap apa yang sedang kamu kerjakan hanyalah pekerjaan yang sia-sia. Kamu menjadi mudah menyerah dan berpikir “untuk apa, sih aku begini toh hasilnya juga sama saja” Kamu akan merasa bahwa apa yang tengah kamu lakukan tidak akan mendapat hasil yang sebanding dengan usahamu.

4. Berpikir bahwa kematian adalah solusi

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan EmosionalUsplash.com/Gavin Allanwood

Akan tiba di mana saat emosimu begitu lelah kamu akan berpikir jika kematian akan memberikan ketenangan bagimu dan merupakan solusi yang tepat atas segala problematika dalam hidupmu yang tidak bisa terselesaikan.

5. Sering mengeluh dan mudah menyerah

Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan EmosionalUnsplash.com/Sydney Sims

Setiap orang pasti pernah mengalami fase mengeluh. Namun bila kamu terus-terusan mengeluh  dan langsung ingin menyerah begitu saja, hal tersebut merupakan salah satu dari ciri bahwa kamu tengah mengalami kelelahan emosional.

Demikian, 5 ciri bahwa kamu tengah mengalami fase kelelahan emosional. Sebaiknya kamu mulai menghindari hal-hal yang membuatmu kelelahan baik secara fisik maupun emosional, perbanyak konsumsi makanan sehat dan berolahraga, serta atur istirahatmu. Jika kamu merasa sudah tidak tahan lagi sebaiknya segera hubungi para profesional untuk meminta bantuan.

Baca Juga: 5 Cara Efektif untuk Mengendalikan Emosi Negatif dalam Diri

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya