Comscore Tracker

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! 

Salah satunya dunia terasa bejalan begitu cepat saat dewasa

Sewaktu kita kecil kita sering membayangkan betapa menyenangkannya tumbuh sebagai orang dewasa. Kala itu tugas sekolah yang kita dapatkan setiap hari membuat kita berpikir kalau kita jadi dewasa kita gak akan dihadapkan pada PR yang menumpuk atau ulangan yang beruntun. Ditambah lagi di mata kita saat itu, menjadi dewasa adalah bisa menghasilkan uang sendiri, di mana kita bebas membeli apa saja yang kita mau.

Namun, saat kita benar-benar telah menjadi sosok orang yang dewasa yang ditemui ternyata malah kenyataan tak seindah apa yang kita kira. Ada beberapa hal dalam hidup ini yang justru malah baru disadari saat dewasa, lho. Kira-kira apa sajakah yang dimaksud?

1. Dunia terasa berjalan begitu cepat 

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! ilustrasi seorang wanita bekerja di malam hari (pexels.com/Ron Lach)

Menginjak usia dewasa sering kali kita merasa dunia berjalan begitu cepat. 24 jam dalam sehari rasanya tidak pernah cukup. Bahkan beberapa orang rela memotong jam tidurnya untuk terus terjaga. Sepertinya baru dua jam yang lalu kamu pulang dari kantor, tahu-tahu sudah jam 12 malam saja. Padahal kamu merasa waktu istirahat yang kamu butuhkan belum cukup, jam 5 pagi sudah bersiap pergi ke kantor lagi.

Kadang juga saking hectic-nya bekerja sampai-sampai rasanya Senin baru juga dijalani kok sudah mau Senin lagi. Dunia seolah berjalan begitu cepat. Kadang waktu sebagai orang dewasa tersita untuk pekerjaan semata, gak sedikit pula yang merasa bersalah jika harus bersenang-senang padahal bisa ia gunakan untuk mencari uang.

Kenyataan yang lumayan pahit dihadapi, tapi inilah kehidupan orang dewasa yang harus kita jalani. Namun, upayakan untuk memberi waktu istirahat pada tubuh dan pikiranmu, ya. Rajin bekerja boleh, tapi jangan kesampingkan kesehatanmu.

2. Menjalani hubungan asmara tak semudah yang dikira 

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! ilustrasi sepasang kekasih sedang bertengkar di dalam mobil (pexels.com/RODNAE Productions)

Sewaktu kita sekolah dulu, sepertinya mudah sekali berpacaran dengan orang yang kita suka atau orang yang menyukai kita. Namun, seiring bertambahnya usia mau tidak mau kita jadi makin selektif. Jangankan pacaran, menerima seseorang sebagai teman saja gak bisa sembarangan.

Ada banyak pertimbangan yang kita pikirkan, masalah percintaan juga terasa lebih kompleks, perbedaan-perbedaan yang harus disatukan juga tak semudah yang kita kira. Ini padahal belum seberapa. Kalau sudah ingin melangkah ke jenjang pernikahan, pertimbangannya akan lebih kompleks.

Mungkin bagi mereka yang sudah menemukan tambatan jiwa, hal ini terasa klise dan dianggap rumit. Padahal mereka juga sebelumnya menghadapi hal serupa. Bedanya, mereka telah menemukan apa yang mereka cari sehingga terasa mudah.

Namun, lain dengan mereka yang masih mencari, gak pernah semudah yang dibayangkan, lho. Karenanya sebagai orang dewasa kita perlu untuk memvalidasi perasaan orang lain, terutama upaya mereka dalam menemukan pasangan hidup, ya.

Baca Juga: 6 Cara Menciptakan Kebahagiaan Kecil untuk Hidup yang Lebih Seru

3. Masih belum tahu akan tujuan hidup diri sendiri 

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! ilustrasi belum tahu akan tujuan hidup (pexels.com/Nathan Cowley)

Hidup sebagai orang dewasa itu sebetulnya penuh dengan pilihan. Termasuk pilihan untuk menjadi sosok biasa saja atau medioker. Sebab, gak semua orang dewasa tahu akan tujuan hidupnya.

Kadang, gak sedikit orang dewasa yang menjalani hidup tanpa meletakkan ekspektasi apa pun dan membiarkan semua mengalir begitu saja. Apa itu salah? Jelas tidak sama sekali, kok. Menua dan menjadi dewasa adalah fase yang tak bisa kita elakkan.

Karena hal tersebut pasti akan terjadi dalam hidup kita. Belum tahu akan tujuan hidup meski sudah berumur juga gak ada salahnya. Toh, terkadang keadaan dan kenyataan yang membuat seseorang harus menjalani kehidupan hanya sekadar untuk bertahan hidup.

Namun, bila tumbuh menjadi dewasa dan sudah tahu akan tujuan hidup yang kamu cari, jauh lebih baik lagi, ya. Semua keputusan ingin hidup seperti apa, semua ada di tangan kamu, ya.

4. Gak semua orang memperlakukan kita sebagaimana kita memperlakukan mereka 

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! ilustrasi seseorang yang memperlakukan kita tidak seperti kita memperlakukan mereka (pexels.com/Keira Burton)

Dari dulu gak hanya orang tua, guru di sekolah juga mengajarkan kita untuk terus berbuat baik. Bahkan ada kata bijak yang mengatakan jika kita berbuat baik maka kita akan mendapat balasan kebaikan juga. Namun, saat dewasa gak sedikit kita menjumpai realitas di mana saat kita memperlakukan mereka dengan baik, bukan balasan yang sama yang kita terima.

Di mana pun kita berada, kita pasti akan selalu berjumpa dengan sosok-sosok yang gak bisa menghargai kita, betapa keras usaha kita, bahkan mungkin keberadaan kita tak pernah dianggap oleh mereka. Namun, bukan lantas kita jadi berhenti berbuat baik, ya. Kita tidak pernah tahu  kapan dan di mana kita akan menuai kebaikan yang kita tanam.

Mungkin, kita menanam kebaikan di tempat yang salah tapi justru kita menuai kebaikan di tempat yang indah. Jadi, terus berbuat baik, ya meski gak semua orang memperlakukan kita sebagaimana kita memperlakukan mereka.

5. Uang punya peranan besar dalam kehidupan 

5 Kenyataan yang Baru Disadari saat Dewasa, Gak Seindah Kita Kira! ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam banyak aspek, suka tidak suka uang memang seperti sudah memonopoli kehidupan kita. Kenyataan pahitnya bahkan suara bisa dibeli dengan uang, jabatan bisa diraih dengan uang, bahkan kebahagiaan pun kadang bisa ditentukan dengan uang.

Memang terasa jahat dan tidak adil bila dilihat lagi, namun uang memang punya peranan besar dalam kehidupan kita. Saat kita kecil dulu, bagi kita uang yang dihasilkan orang dewasa akan sangat menyenangkan kalau bisa kita pakai untuk membeli mainan favorit.

Saat kita tumbuh dewasa, nyatanya jangankan mainan favorit, kadang untuk kebutuhan sehari-hari saja masih sulit untuk kita cukupi, bukan? Uang seolah gak ada harganya karena terlampau sering hanya numpang lewat begitu saja. Semakin dewasa semakin banyak kebutuhan kita belum lagi tanggungan-tanggungan yang harus kita bayarkan dan sebagainya. Ternyata gak seindah yang kita kira, ya?

Tetap semangat, guys meski menjadi dewasa membuat kita harus bertemu dengan kenyataan yang tak seindah kita kira. Dari daftar di atas ada gak, nih kenyataan yang paling relate dengan kondisi kamu saat ini?

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Memasuki Fase Dewasa, Banyak yang Harus Disiapkan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya