Comscore Tracker

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!

#IDNTimesLife Persahabatan kalian jadi semakin langgeng, deh

Banyak yang beranggapan, love language atau bahasa cinta hanya berlaku agar kita memahami pasangan. Namun, bahasa cinta ini juga bisa diterapkan untuk memahami orang lain, salah satunya sahabat. Dengan memahami bahasa cintanya, hubungan persahabatan akan lebih langgeng. 

Selain itu, ada deretan manfaat lainnya, lho, ketika kamu memahami bahasa cinta dari sahabat kamu. Yuk, catat manfaatnya di bawah ini!

1. Jarang terlibat cekcok

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!ilustrasi dua orang perempuan sedang me time (Pexels.com/cottonbro)

Cekcok atau pertengkaran seringkali muncul akibat perselisihan. Nah, dengan kamu paham bahasa cinta sahabat, kamu tahu bagaimana cara yang tepat untuk menghindari cekcok. 

Satu sama lain dari kalian bisa saling menyatakan kasih sayang sesuai dengan bahasa cinta kalian. Kalau salah satu dari kalian suka dengan kata-kata atau perlakuan, bisa coba ngobrol dan me time dengan mereka, ya. 

2. Lebih tahu apa yang dibutuhkan satu sama lain

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!ilustrasi dua orang sahabat sedang berbincang satu sama lain (Pexels.com/ Mental Health America (MHA))

Setiap orang pasti punya love language-nya masing-masing. Misalnya, si A punya love language word of affirmation, maka saat sedih ia hanya butuh disemangati lewat kata-kata.

Tapi kalau kamu gak paham apa love language-nya, kamu bisa menawarkan diri untuk menemaninya sambil membawakan beberapa camilan. Ajak ngobrol ketika ia siap, atau sekadar temani ia agar tidak merasa sendirian. 

3. Semakin nyaman dalam berbagi cerita

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!ilustrasi seorang perempuan menenangkan sahabatnya (Pexels.com/Liza Summer)

Kita ambil contoh sahabatmu si B, dia memiliki love language quality time. Maka dia mengajakmu quality time dengan nonton, sambil sesekali bercerita tentang apa yang ingin ia sampaikan padamu. 

Lain halnya dengan si C yang memiliki bahasa cinta physical touch. Ketika sedih, ia lebih nyaman bercerita sambil berada di pelukanmu. Sesekali, tepukan pelan di pundak juga akan membuatnya lebih tenang dan nyaman saat ia bercerita.

Baca Juga: 5 Ide Self Love dengan Teori The Five Love Language, Ada Memijat Tubuh

4. Sigap dalam mengambil tindakan

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!ilustrasi pria dan perempuan bertukar hadiah (Pexels.com/olia danilevich)

Beberapa hari lagi sahabatmu si D akan berulang tahun. Untung saja kamu dan sahabat lainnya sudah paham kalau love language yang dimiliki oleh D adalah receiving gift.

Tanpa pikir panjang, kalian langsung mencari hadiah apa saja yang sekiranya D butuhkan atau mungkin sudah jadi wishlist namun belum pernah terbeli olehnya. Hal semacam ini jelas akan lebih memudahkan kamu dalam memahami sahabat, bukan?

5. Saling menyayangi satu sama lain

5 Manfaat Saling Memahami Love Language Sahabat, Jarang Cekcok!ilustrasi empat orang sahabat (Pexels.com/Monstera)

Dengan memahami love language satu sama lain, akan membuat hubungan persahabatan kalian makin erat. Karena, semakin kita gak paham, semakin bingung juga bagaimana untuk mengekspresikan rasa sayang kita pada mereka. 

Kalau kamu dan sahabat masih bingung apa love language kalian, langsung saja cari di internet. Banyak, lho, situs yang menyediakan tes untuk mengetahui apa bahasa cinta yang kalian miliki. Selamat mencoba, ya, semoga hubungan kamu dan sahabat semakin erat.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Persahabatan Tetap Kompak setelah Menikah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya