Comscore Tracker

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsApp

Jangan mudah termakan berta hoax, ya!

Semenjak merebaknya wabah pandemik COVID-19, tak pelak menimbulkan banyaknya kesimpang-siuran informasi. Penyebaran informasi paling banyak terjadi di grup-grup WhatsApp. Mengingat WhatsApp merupakan salah satu media komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kita.

Namun, tak semua informasi yang datang dari grup WhatsApp benar adanya, lho. Kamu harus cerdas dan bijak dalam menerima infromasi tersebut. Agar kamu tidak termakan berita bohong atau hoax, simak yuk 5 langkah cerdas menangkal hoax seputar COVID-19 di grup WhatsApp berikut ini!

1. Budayakan membaca

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsAppUnsplash.com/Kev Costello

Untuk mengetahui kebenaran dari sebuah berita, kita harus membaca keseluruhan informasi tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk membedakan apakah berita ini benar atau hoax. Jangan terburu-buru berasumsi, jangan pula menelan mentah-mentah semua informasi yang diperoleh.

2. Cek kebenaran dan sumber informasi

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsAppUnsplash.com/Sara Kurfeß

Untuk memastikan kebenaran dari sebuah informasi khususnya yang terdapat di grup WhatsApp, pastikan kamu menilik sumbernya terlebih dahulu. Selain melakukan cek menggunakan mesin pencarian kamu juga bisa menggunakan fitur Hoax Buster yang terdapat di laman resmi milik KOMINFO.

Baca Juga: 24 Hoax tentang Virus Corona yang Tersebar di Jawa Tengah

3. Beri penjelasan sederhana

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsAppUnspash.com/Marcos Paulo Prado

Jika kamu menyadari berita tersebut hoax, untuk memutus mata rantainya kamu bisa melakukan penjelasan sederhana. Jangan lupa sertai dengan sedikit edukasi untuk tidak mudah termakan berita hoax.

4. Bagikan informasi yang valid dan positif

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsAppUnsplash.com/Yucel Moran

Nah, jika kamu merasa perlu menengahi banyaknya berita hoax ini, kamu dapat membagikan informasi yang vaild ke grup WhatsApp kamu ataupun membagikan hal-hal positif lainnya agar siapapun yang membaca dapat meninjau ulang dan memilih mana berita yang baik dan mana yang harus ditinggalkan.

5. Bisukan grup WhatsApp

5 Langkah Cerdas Menangkal Hoax Seputar COVID-19 di Grup WhatsAppUnsplash.com/Christian Wiediger

Jika kamu merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi, kamu bisa juga, lho memilih untuk membisukan grup WhatsApp. Sehingga kamu akan lebih fokus dalam melakukan aktivitas lainnya tanpa tergoda untuk membuka WhatsApp setiap kali ada notifikasi.

Nah, demikian tadi 5 langkah cerdas menangkal hoax seputar COVID-19 di grup WhatsApp. Mulai dulu saja dari diri kita sendiri dan sebarkan kebaikan kepada orang lain. Jangan malah kamu yang menyebarkan berita hoax, lho ya.

Baca Juga: Tepis Isu Hoax, Pemerintah Singapura Buat Teknologi Penyebar Pesan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya