Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!

Gampang banget buat dilakuin, lho

Banyak orang sering kali lupa dan sering kali menyepelekan waktu begitu saja. Padahal faktanya waktu jauh lebih berharga dibanding uang sekalipun, lho. Untuk itu kita perlu banget untuk belajar disiplin dalam mengelola waktu.

Buat kamu yang mau belajar mengelola waktu agar lebih disiplin, harus banget mempraktikkan sederet tips berikut. Kira-kira apa saja tips yang dimaksud? Cari tahu bersama, yuk!

1. Buat skala prioritas dalam setiap hal yang kamu kerjakan

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!Ilustrasi agenda mingguan (Pexels.com/Jess Bailey Designs)

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari pasti kita gak akan lepas dari yang namanya aktivitas. Namun, dalam pelaksanaannya, kita akan bertemu lagi dengan namanya prioritas. Prioritas inilah yang akan membantu kita memilah aktivitas mana yang harus kita kerjakan lebih dulu, mana yang masih bisa kita tunda ataupun mana yang bisa kita cicil.

Agar bisa dispilin dalam mengelola wkatu kamu wajib banget, nihm punya yang namanya skala prioritas. Dengan begitu, waktu yang kamu luangkan untuk mengerjakan suatu hal terasa lebih efisien.

2. Boleh sibuk asal tetap jaga kesehatan

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!Ilustrasi seorang wnaita sedang bekerja (Pexels.com/ThisIsEngineering)

Meskipun kamu sedang sibuk bekerja atau mengerjakan tugas atau apapun itu yang sedang kamu tekuni saat ini, kamu tetap harus menjaga kesehatanmu, lho. Kamu gak boleh abai dengan itu.

Karena saat kamu sakit kamu pasti akan sangat menyesal berapa banyak waktu untuk produktif yang bisa kamu lakukan semisal kamu dalam keadaan sehat. Makanya kamu harus disiplin menentukan batasan, kapan kamu harus beraktivitas dan kapan kamu harus rehat termasuk untuk berolahraga agar badan tetap bugar.

Baca Juga: 5 Kekeliruan Mengelola Pola Pikir Ini Bikin Kamu Selalu Takut Gagal

3. Cobalah berani untuk bersikap tegas

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!Ilustrasi seorang pria melihat jam (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tegas di sini dapat bermakna banyak hal yakni bisa tegas terhadap diri sendiri maupun orang lain. Tegas terhadap diri sendiri misalnya saja tegas untuk menolak melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kehendak hati.

Tegas terhadap orang lain misalnya juga berani menolak ajakan mereka di saat kamu sedang gak punya uang sama sekali. Nah, hal-hal seperti inilah yang harus mulai kamu miliki serta kembangkan supaya ke depannya hidup kamu jadi lebih baik dan menjadi individu yang berkualitas.

4. Luangkan waktu untuk istirahat

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!Ilustrasi tidur (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tips lainnya untuk disiplin dalam mengelola waktu adalah dengan cara meluangkan waktu untuk istirahat. Misalnya saja setelah bekerja 8 jam dalam sehari kamu masih harus menyelesaikan pekerjaan sampingan selama 2 jam.

Sisa waktu lainnya dalam dirimu manfaatkan untuk istirahat. Jangan terus menerus memaksakan diri untuk bekerja. Bekerja keras tanpa istirahat dikenal dengan istilah hustle culture.

Budaya ini gak baik, lho, jika diterus-teruskan. Karena bagaimanapun kamu juga butuh rehat supaya kamu gak gampang sakit.

5. Jangan terlalu banyak rebahan

5 Tips agar Kamu Lebih Disiplin dalam Mengelola Waktu, Coba Yuk!Ilustrasi seorang wanita bermain ponsel (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Meski rebahan termasuk ke dalam salah satu bagian dari istirahat, tapi jika dilakukan terlalu sering hanya akan membuat waktumu terbuang sia-sia. Untuk itu, daripada hanya sekadar rebahan saja, kenapa gak diisi dengan membaca buku atau dialihkan terhadap hal-hal lain yang jauh lebih bermanfaat dan memberi impact yang bagus bagi kehidupan kamu.

Semisal kamu sering menghabiskan waktu di media sosial pun, kenapa gak mencoba untuk jadi content creator sekalian saja, jauh lebih bermanfaat, kan? Ketimbang scroll media sosial hanya untuk melihat keributan baru apa saja yang ada di dunia maya.

 

Itulah tadi guys, sederet tips mudah agar kamu lebih disiplin dalam mengelola waktu. Bagaimana, sudah siap buat praktik belum?

Baca Juga: 5 Cara Keliru dalam Mengelola Emosi Ini Malah Bisa Bikin Kamu Tertekan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya