Comscore Tracker

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihan

Berlebihan itu tidak baik, termasuk jatuh cinta

Jatuh cinta adalah hal yang wajar dan lumrah dirasakan setiap manusia. Tapi, kamu juga harus tetap punya kendali atas perasaan tersebut. Jangan sampai kamu mengalami yang namanya jatuh cinta secara berlebihan, guys.

Seperti yang sudah diketahui bersama, apapun yang berlebihan itu gak baik. Lantas, bagaimana sih caranya supaya kamu terhindar dari jatuh cinta secara berlebihan? Kamu harus menerapkan sejumlah tips berikut ini, nih. Daripada makin penasaran, langsung simak bersama yuk ulasannya!

1. Sibukkan dirimu dengan kegiatan yang positif 

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihanilustrasi menyibukkan diri dengan kegiatan positif (pexels.com/Rafael Barros)

Menyibukkan dirimu dengan kegiatan yang positif terbukti ampuh untuk menghindarkan kamu dari jatuh cinta secara berlebihan. Sebab, perasaan yang membuncah tersebut akan langsung teralihkan dengan serangkaian kegiatan yang kamu ikuti.

Entah menekuni hobi, bergabung dengan komunitas, atau menjajal hal-hal baru juga bisa jadi beberapa alternatif kegiatan positif yang kamu jajal. Dengan begitu, pikiranmu akan mulai terbagi sehingga perasaan dan waktumu gak hanya tercurah untuk dia seorang.

2. Sesekali beri ruang untuk sendiri 

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihantips agar kamu terhindar dari jatuh cinta secara berlebihan (pexels.com/Andrea Piacquadio

Jatuh cinta secara berlebihan disadari atau tidak akan membuatmu berada di fase yang bosan terlalu cepat. Oleh sebab itu saat kamu sedang merasa jatuh cinta, beri ruang untuk sendiri juga, ya.

Secara gak langsung ketika kamu memberi ruang untuk sendiri, kamu berusaha untuk tetap waras dan gak tenggelam pada perasaan yang kamu rasakan. Gak cuma itu, kamu juga lebih punya waktu untuk dirimu sendiri setelah selama ini pikiran cuma tertuju padanya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Love Addiction, Jatuh Cinta yang Gak Sehat!

3. Jangan jadikan dia pusat duniamu 

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihanilustrasi pasangan bahagia. (pexels.com/cottonbro studio)

Kesalahan awal yang sering terjadi saat seseorang jatuh cinta bahkan hingga di tahap yang berlebihan adalah dengan menjadikan mereka pusat dunia. Orang lain di sekitar dianggap hanya lalu, sedangkan apapun yang terjadi hanya dialah di dunia ini yang kamu perhatikan.

Kamu benar-benar tak menggubris siapa pun termasuk mungkin kata hatimu sendiri. Perasaan dan sikap seperti ini lho yang akan membuatmu makin terjerembap ke dalam sebuah obsesi bukan hanya sebatas jatuh cinta lagi.

4. Mencintai diri sendiri 

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihanilustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Banyak orang meyakini, seseorang yang tepat gak hanya membuatmu jatuh cinta kepadanya saja, melainkan mereka juga akan membuatmu jatuh cinta kepada dirimu sendiri. Coba renungkan deh saat kamu jatuh cinta, apakah kamu juga sudah mencintai diri sendiri? Pasti jawabannya belum, bukan?

Supaya kamu terhindar dari jatuh cinta secara berlebihan, cobalah untuk lebih mencintai diri sendiri. Dirimu juga butuh kasih sayang dan diperhatikan, jangan curahkan segalanya pada pujaan hati kamu.

5. Sadari bahwa ia punya kekurangan 

5 Tips agar Kamu Terhindar dari Jatuh Cinta Secara Berlebihanilustrasi kekurangan pasangan (pexels.com/Yan Krukov)

Tips terakhir yang bisa kamu coba agar terhindar dari jatuh cinta secara berlebihan adalah dengan menyadari bahwa ia punya kekurangan. Sebab saat jatuh cinta, orang cenderung menganggap sempurna sosok tersebut, memaafkan dan memaklumi semua kesalahan yang mereka lakukan, dan masih banyak lagi.

Agar kamu gak makin terperosok ke dalam perasaan sendiri yang berlebihan, ada baiknya untuk menyadari bahwa pujaan hati kamu adalah orang biasa yang tidak sempurna dan punya kekurangan. Begitu pun demikian halnya dengan kamu, sama seperti dia kamu juga punya kekurangan.

Jangan sampai jatuh cinta secara berlebihan yang kamu rasakan ini berubah jadi obsesi. Ada baiknya saat kamu sudah mulai berada di fase yang kamu anggap berlebihan, segeralah untuk menghentikannya sebelum kebablasan. Well, semoga kamu bisa jatuh cinta dengan sewajarnya tanpa berlebihan, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Kamu Fobia Jatuh Cinta atau Gak

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya