Comscore Tracker

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil Maksimal

Kamu wajib banget tahu, nih!

Dewasa ini, kegiatan thrifting sedang marak dan digemari anak muda. Thrifting sendiri merupakan sebuah kegiatan di mana seseorang mencari barang-barang bekas yang masih layak digunakan atau memiliki value. Biasanya, kegiatan thrifting didominasi barang-barang fashion.

Thrifting begitu digemari karena kapan lagi kamu bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus bahkan gak jarang berasal dari brand ternama yang dijual dengan harga yang sangat miring.

Nah, buat kamu, yang baru terjun ke dunia thrifting, ada sederet tips berburu pakaian thrift agar mendapatkan hasil yang maksimal. Seperti apa tipsnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kenakan pakaian yang nyaman

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalPexels.com/Cottonbro

Datang ke pasar barang bekas atau lokasi thrifting di kotamu tentu saja kamu gak bisa menggunakan pakaian layaknya kamu ingin datang ke mall. Pakailah pakaian yang nyaman cenderung santai, karena kamu akan menghabiskan banyak waktu di tempat yang satu ini.

Meski di tempat kamu berburu pakaian thrift sudah disediakan kipas angin atau AC, gak jarang keringat masih tetap bercucuran dari tubuhmu. Pakaian yang nyaman juga akan lebih memudahkan dirimu untuk bergerak, bukan?

2. Siapkan budget yang cukup

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalUnsplash.com/Igal Ness

Meski dijual dengan harga murah, kamu tetap harus membawa budget yang cukup. Jangan sampai keasyikan belanja, eh uang kamu malah kurang. Untuk itu, perlu kiranya mempersiapkan budget yang cukup.

Maksimalkan apa yang kamu beli dengan jumlah budget yang kamu miliki. Bukan gak mungkin juga, kan, kamu dapat barang bagus saat thrifting kali ini?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Thrift Shop Sangat Menguntungkan, Ingin Coba?

3. Jangan lupa membawa tote bag berukuran besar atau karung

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalPexels.com/Deeana Creates

Hal yang paling penting dan juga gak boleh ketinggalan adalah tote bag atau karung. Apalagi jika niatmu berburu pakaian thrift adalah untuk dijual lagi. Kamu akan kewalahan, deh, jika gak membawa barang yang satu ini.

Selain itu. membawa tote bag atau karung juga akan meringkas barang-barang bawaanmu yang pastinya akan sibuk mondar-mandir untuk berburu barang yang lebih banyak lagi.

4. Akrabkan diri dengan penjual

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalPexels.com/Sam Lion

Gak ada salahnya untuk mencoba mengakrabkan diri dengan penjual. Siapa tahu dengan mendapatkan hati penjual karena keramahanmu kamu bisa mendapat diskon yang lebih besar.

Karena maraknya orang yang menjadikan konten thrifting sebagai bahan unggahan mereka di YouTube atau sosial media lainnya, gak jarang banyak juga penjual yang menaikkan harganya.

Oleh karenanya, usahakan buat gak terlalu kelihatan memegang kamera. Bila ketahuan sekalipun saat kamu sudah akrab dengan pedagangnya gak akan ada drama tawar menawar harga yang sengit, kan?

5. Teliti memilih barang

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalPexels.com/Cottonbro

Namanya barang thrift pasti ada yang gak sempurna. Entah itu terkena noda, berlubang, jahitan sudah tidak rapi, serat benang ada yang keluar dan sebagainya harus kamu terliti dengan betul.

Jika kamu gunakan sendiri untuk keseharian, sih, gak apa-apa. Tapi jika ingin kamu jual lagi, defect yang banyak akan semakin mengurangi nilai jual barangmu, bukan? Untuk itu perlu sekali terliti dalam memilih barang atau pakaian thrift.

6. Gunakan strategi tawar menawar

6 Tips Berburu Pakaian Thrift Shop agar Dapat Hasil MaksimalPexels.com/Mentatdgt

Memangnya boleh menawar barang yang dijual? Tentu saja boleh, dong. Manfaatkan strategimu untuk mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang rasional dengan melakukan kegiatan tawar menawar. Ini lumrah, wajar dan sah-sah saja, bila dilakukan.

Selama harga yang kamu tawar gak terlalu sadis, sih pasti penjualnya juga akan mengiyakan harga yang kamu tawarkan. Jadi, jangan ragu dan malu untuk melakukan strategi yang satu ini, ya.

 

Nah, itulah tadi beberapa tips berburu pakaian di thrift shop agar mendapatkan hasil yang maskimal. Bagaimana, apakah kamu ingin segera mempraktekkan sederet tips di atas?

Baca Juga: 5 Pilihan Thrift Shop yang Bisa Dikunjungi di Jakarta dan Sekitarnya!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya