Comscore Tracker

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja Online

Jangan sampai salah beli, ya!

Pergeseran zaman membuat kita melakukan segala hal serba online. Salah satunya adalah membeli baju secara online. Namun, sering kali barang yang kita beli jauh dari ekspektasi. Di antaranya adalah ukuran baju yang sering kali tidak sesuai.

Oleh karenanya tips berikut penting banget, nih buat kamu catat. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ukur sendiri menggunakan pita meter

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja Onlineyour-style24.com

Untuk memastikan berapa ukuran tubuhnya, sebaiknya kamu mengukur sendiri dengan pita meter. Jangan lupa catat pada catatanmu atau tulis notes di hapemu untuk dijadikan patokan. Dengan mengetahui ukuran tubuhmu sendiri, kamu tak akan kebingungan lagi saat akan membeli baju secara online.

2. Hindari memilih baju berdasarkan berat atau tinggi badan

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja OnlinePexels.com/Victoria Borodinova

Terkadang kita membeli baju mengacu pada berat atau tinggi badan kita, padahal belum tentu sama, lho. Bila si A dengan tinggi 167 dan berat 42 kg belum tentu ia menggunakan size M untuk bajunya bisa jadi malah ukuran yang pas untuknya adalah ukuran XS.

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan size chart yang disediakan agar kamu tak salah mengira ukuran bajumu berdasarkan berat atau tinggi badan.

3. Perhatikan model baju

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja OnlinePexels.com/Cottonbro

Model baju yang harus selalu kamu ingat saat ingin membeli baju secara online umumnya ada dua yaitu model slim fit atau oversized. Slim fit mengacu pada model baju yang pas di badan sedangkan oversized kebalikannya. Jangan sampai tertukar, ya.

Baca Juga: Sebelum Belanja, Ini 6 Tips Memilih Gaun untuk Pemilik Tubuh Petite

4. Jangan mengabaikan jenis bahan

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja OnlinePexels.com/Madison Inouye

Biasanya, toko online yang menjual baju akan menuliskan detail baju secara spesifik pada keterangannya. Untuk itu, kamu harus paham betul bagimana ciri khas bahan tersebut pasca pemakaian.

Ada beberapa bahan yang akan mengkerut setelah dicuci. Ada pula beberapa bahan yang justru malah akan melar setelah di cuci seperti bahan polyester.

5. Lihat contoh baju yang dikenakan model

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja OnlinePexels.com/EVG Culture

Bila kamu tidak mau salah dalam membeli kamu bisa melihat contoh perkiraan ukuran baju dari apa yang dikenakan oleh model. Kamu juga boleh kok, bertanya mengenai detail yang digunakan oleh model supaya tidak keliru.

Apakah akan cocok kamu gunakan, apakah akan lebih panjang untukmu dan sebagainya bisa kamu lihat dengan apa yang dikenakan model.

6. Jangan malas melihat review pembeli lain

6 Tips Memilih Ukuran Baju yang Sesuai Saat Belanja OnlinePexels.com/Thirdman

Bila kamu membeli baju online pada e-commerce biasanya terdapat kolom review dari pembeli lain. Luangkan waktumu sejenak untuk melihat review mereka serta feedback berupa foto yang mereka berikan.

Dengan acuan ini setidaknya kamu telah memiliki gambaran akan seperti apa baju yang ingin kamu beli tersebut. Hal ini juga meminimalisirmu dari salah membeli ukuran baju.

 

Demikian tadi beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat akan membeli baju secara online supaya tidak akan mengalami salah ukuran. Jangan lagi terpaku pada model pakaian atau warnanya yang cantik saja, ya. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Baca Juga: 5 Tips Efektif Nggak Tertipu Belanja Produk Makeup di Marketplace

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya