Comscore Tracker

7 Tips Mendapatkan Inspirasi Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan Ide

Jangan sampai ini menghentikan karyamu #IDNTimesLife

Bagi kamu yang hobi menulis menuangkan buah pikiran serta ide segar ke dalam tulisan adalah hal yang mengasyikkan. Namun, gak jarang karena saking seringnya menulis kamu jadi kehabisan ide untuk dijadikan bahan tulisan.

Untuk itu, kamu perlu inspirasi untuk menulis supaya mendapatkan insight baru. Lalu bagaimana cara mendapatkan inspirasi tersebut? Kamu pasti penasaran, dong? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Cari inspirasi lewat media sosial

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi seseorang melihat instagram (Pexels.com/cottonbro)

Di media sosial ada banyak sekali informasi serta inspirasi yang bisa kamu gali. Gak terkecuali saat menggunakannya kamu jadi punya inspirasi baru untuk tulisanmu. Namun, jangan sampai kebablasan, ya, bisa-bisa kamu malah lebih asyik bermain media sosial dibanding dengan menemukan inspirasi. Begitu kamu sudah mendapatkannya langsung eksekusi supaya ide yang kamu miliki gak menguap begitu saja.

2. Mandi

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi mandi (Pexels.com/Armin Rimoldi)

Selain membuat badan lebih bersih dengan mandi tubuh kita jadi lebih rileks. Saat tubuh rileks biasanya pikiran lebih tenang dan terbuka. Gak jarang juga, lho, saat berada di kamar mandi kita justru mendapatkan inspirasi baru yang jauh lebih segar. Kalau kamu gak percaya bisa kamu coba buktikan sendiri, deh.

Baca Juga: Suka Berdiskusi dan Jago Menulis, Zodiak Punya Bakat Jadi Jurnalis   

3. Nonton film

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi beranda depan netflix (Pexels.com/ cottonbro)

Kalau kamu sedang stuck, gak ada salahnya buat mencoba mengembalikan pikiranmu dengan menonton film. Cari saja film yang seru, barangkali dari sana terselip ide segar yang bisa kamu gunakan sebagai bahan tulisanmu nanti. Gak mungkin, dong, sebuah film hadir tanpa memuat sebuah pesan atau gak meninggalkan sebuah kesan kepada penontonnya.

4. Membaca

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi baca buku (Pexels.com/Monstera)

Sebagai seorang penulis yang baik membaca adalah hal yang wajib dilakukan. Semakin banyak membaca, semakin bertambah pula pengetahuan dan perbendaharaan kata yang kita miliki.

Dari membaca pula kamu bisa menemukan inspirasi baru di saat kamu kehabisan ide. Karena penulis yang baik adalah penulis yang mau untuk terus belajar dan gak pernah jatuh cinta dengan tulisan mereka sendiri.

5. Diskusi

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi dua orang wanita sedang diskusi (Pexels.com/Alexander Suhorucov)

Setiap orang pasti punya perspektif yang berbeda mengenai berbagai hal. Oleh karenanya saat kamu merasa kehabisan ide ada baiknya cobalah untuk berdiskusi dengan orang lain. Kamu juga boleh, lho, meminta pendapat mereka ide apa yang sebaiknya kamu tuangkan pada tulisanmu yang akan datang. Semakin banyak ide semakin bagus, kan?

6. Istirahat

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasis eorang wanita bersantai sambil minum teh (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu memang lelah istirahatlah jangan dipaksa. Rehat sejenak untuk menjernihkan pikiran dan memulihkan energimu. Kalau kamu memaksakan diri untuk terus berpikir yang ada inspirasi bukannya datang malah burn out atau bahkan writer’s block yang siap menghampiri. Karena itulah jangan paksa dirimu untuk terus-menerus bekerja, ya.

7. Mendengarkan musik

7 Tips Mendapatkan Inspirasi  Menulis saat Kamu Sudah Kehabisan IdeIlustrasi seorang wanita sedang menggunakan headphone (Pexels.com/RODNAE Productions)

Setiap orang pasti punya sumber inspirasi tersendiri. Gak terkecuali berasal dari musik. Saat kamu mendengarkan irama musik dari musisi favoritmu bisa jadi ide itu muncul seiring nada mengalun. Kita gak pernah tahu, kan, bagaimana inspirasi itu akan datang? Musik hanyalah sebagai salah satu perantara yang bisa kamu manfaatkan.

Cobain, deh, cari inspirasi dengan mencoba sederet cara di atas. Pokoknya begitu ketemu langsung kamu eksekusi, ya. Kalau dibiarkan terlalu lama dikhawatirkan ide-ide segar dalam kepalamu justru malah menguap.

Baca Juga: 9 Kesalahan Berbahasa Indonesia yang Biasa Dilakukan Saat Menulis

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya