Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!

Cobain biar puasa kamu makin khusyuk

Selama bulan puasa, kita akan terbangun menjelang subuh untuk melaksanakan sahur. Namun, bagaimana jika jam tidur kita masih saja berantakan seperti sedia kala? Hal ini tentu akan berdampak pada performa kita esok harinya.

Banyak aktivitas jadi terhambat akibat kurangnya jam tidur yang kita miliki. Tapi, tenang saja sederet cara berikut ini bisa banget kamu coba untuk mengatasi kurang tidur selama bulan puasa. Kira-kira apa saja tipsnya? Cari tahu sama-sama, yuk.

1. Kurangi mengonusmsi makanan atau minuman berkafein

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!Unsplash.com/Tabitha Turner

Untuk mengatasi kurang tidur selama puasa ada baiknya untuk mengurangi konsumsi makanan atau minuman berkafein. Kandungan kafein akan membuat mata kita sulit terpejam sehingga kita akan terus terjaga sepanjang malam.

Selain itu, mengonsumsi kafein juga kurang baik untuk kesehatan, terlebih dalam seharian penuh perut kita dalam kondisi kosong. Bila gak ingin terjadi sesuatu dengan kesehatanmu, ada baiknya untuk secara perlahan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein saat puasa, ya.

2. Cobalah untuk tidur lebih awal

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!Istockphoto.com/PeopleImages

Percaya atau gak tapi tubuh kita punya kemampuan alami untuk menyesuaikan diri terhadap pola tidur kita. Hal ini disebut dengan jam sirkadian tubuh. Jam sirkadian ini secara alami akan terus berotasi sesuai dengan kebiasaan tidur kita.

Bila kita terbiasa tidur jam 10 dan bangun pukul 5 pagi maka tubuh akan menyesuaikannya secara otomatis. Nah, karena kita harus bangun saat sahur otomatis tidur lebih awal, jadi alternatif paling mudah untuk melengkapi jam tidur normal kita. Coba pelan-pelan, deh nanti akan terbiasa sendiri.

Baca Juga: 5 Tips Memenuhi Nutrisi selama Puasa Ramadan, biar Tetap Sehat!

3. Perhatikan apa saja yang kamu konsumsi

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!Pexels.com/Moose Photos

Seperti yang diketahui kondisi perut lapar akan membuat kita sulit tertidur, untuk itu perhatikan dengan betul apa saja yang kamu konsumsi. Gak hanya itu saja ada beberapa makanan atau minuman yang dapat memicu kita untuk tetap terjaga sepanjang malam.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan atau minuman seperti itu. Biasanya makanan atau minuman yang memiliki kadar gula yang tinggi akan menyumbang kesulitan tidur yang kita alami. Sehingga, jam tidur dapat berantakan karenanya.

4. Gunakan skincare untuk menyamarkan kantong mata 

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!Pexels.com/Sora Shimazaki

Salah satu dampak kurang tidur dapat dengan mudahnya terlihat dari adanya kantong mata kita. Gak hanya itu saja, lingkaran hitam di sekitar mata juga jadi salah satu bukti bahwa kita memiliki jam tidur yang kurang.

Tapi, beruntungnya dewasa ini sudah banyak sekali ditemukan produk yang bisa membantu kita untuk mengurangi hal tersebut. Gunakan produk seperti eye cream untuk menyamarkan kantong mata serta lingkaran hitam. Supaya kamu tampil jauh lebih fresh.

5. Usahakan untuk olahraga di sore hari

5 Tips Sederhana Atasi Kurang Tidur Selama Puasa, Wajib Dicoba!Pexels.com/

Dengan kita berolahraga di sore hari setidaknya akan berdampak pada kesehatan kita. Namun, gak hanya itu saja, lho. Olahraga di sore hari juga akan membuat tubuh merasa lelah sehingga akan lebih mudah untuk kita tertidur lebih awal.

Gak harus olahraga yang berat, kok. Entah hanya jogging, berlari di atas treadmill, aerobik, sebatas jalan kaki mengitari kompleks, atau melakukan workout sederhana. Semuanya bisa kamu coba, hitung-hitung tetap sehat sembari ngabuburit.

 

Nah, itulah tadi beberapa tips sederhana yang bisa mengatasi kurang tidur. Gampang dan wajib banget untuk dicoba, nih. Bagaimana tertarik untuk mempraktikkannya hari ini?

Baca Juga: 5 Tips Aman Olahraga saat Puasa, Jangan Sampai Bikin Batal!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya