Comscore Tracker

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagi

Wujudkan! Jangan omong doang!

Bulan Desember sudah hampir berakhir. Tandanya kita akan segera menyambut tahun baru 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kamu pasti memiliki beberapa hal yang ingin dicapai di tahun yang baru nanti. Tapi apakah semua resolusimu di tahun 2018 sudah terwujud? Atau jangan-jangan resolusimu hanya jadi sekedar resolusi tanpa aksi nyata?

Nah, agar resolusi tahun 2019 gak lagi menjadi sekedar wacana, lebih baik kamu coba ikuti 6 tips ini. Tetap semangat ya!

1. Coba lakukan introspeksi diri dengan mengevaluasi resolusimu di tahun 2018 ini

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagienglishwithramesh.com

Coba tanyakan pada dirimu sendiri apakah semua resolusimu sudah berhasil terwujud. Jika banyak yang belum terwujud, coba pikirkan mengapa hal itu bisa terjadi. Jangan lupa lakukan analisis terhadap usahamu dalam mewujudkan mimpi-mimpi di tahun 2018 itu. Pikirkan bagian mana yang perlu dibenahi dan kebiasaan apa yang perlu kamu tinggalkan.

2. Jangan muluk-muluk, keinginanmu tetap harus realistis

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagibestesty.com

Setelah mengevaluasi usahamu di tahun 2018, sekarang saatnya bagi kamu untuk berpikir apakah impianmu belum berhasil terwujud karena sikapmu yang terlalu idealis? Kalau kamu merasa demikian, maka cobalah untuk berpikir rasional dan lebih realistis.

Akan lebih baik kalau kamu merancang resolusi sesuai dengan kemampuan dan kesanggupanmu. Jangan sampai sikap idealismu itu malah membuatmu jadi terlalu percaya diri.

3. Gak ada salahnya untuk mencatat dan menggambar resolusimu

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagibrit.co

Ketika memutuskan untuk merancang resolusi, kamu harus merumuskan dan mendeskripsikan segalanya dengan jelas. Bayangkan dalam kepalamu tentang hal-hal paa saja yang perlu kamu perbuat dan perlu kamu perbaiki kemudian coba tuliskan angan-angan tersebut dalam buku catatan atau buatlah gambar peta sederhana.

Kamu juga harus menjabarkan tahapan-tahapan yang perlu dilalui untuk mewujudkan impian tersebut. Jangan lupa juga untuk menuliskan kalimat ini dengan huruf tebal dan besar dalam catatanmu: AKU HARUS KONSISTEN DAN BERKOMITMEN KUAT!

Baca Juga: Yuk, Jadi Cewek Ideal di 2019 Lewat 8 Resolusi Ini! 

4. Buatlah skala prioritas untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagieatitwearit.com

Susunlah skala prioritas dalam catatanmu. Jangan lupa untuk memilah-milah mana saja yang termasuk dalam kebutuhan dan apa saja yang sebenarnya hanya kamu inginkan namun gak benar-benar kamu butuhkan. Dengan membuat skala prioritas ini, kamu jadi bisa makin bijak lho!

5. Jangan berhenti buat memotivasi dirimu sendiri

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagitlife.gr

Mungkin nantinya kamu akan mencapai satu titik jenuh yang membuat apapun terasa memuakkan dan melelahkan. Nah, di saat inilah kamu membutuhkan motivasi. Jangan menunggu atau berharap agar orang-orang di sekitarmu datang memberikan dorongan karena motivasi terbaik sebenarnya datang dari dirimu sendiri. Saat kamu mulai lelah, jangan bosan untuk berusaha tetap semangat serta fokus meraih obsesi.

6. Fokus itu wajib, tapi jangan sampai mengabaikan kegiatan lain untuk memperbaiki kualitas hidupmu

Ikuti 6 Cara Ini Agar Resolusi 2019 Bukan Sekedar Wacana Lagicreativecard.co

Jangan karena terlalu fokus meraih impian sehingga lantas membuatmu lupa mendekatkan diri pada tuhan atau lupa untuk berolah raga. Kamu juga gak boleh mengesampingkan pentingnya tidur dengan teratur dan makan makanan sehat. 

Kamu adalah orang yang paling mengerti seberapa besar kemampuanmu dan seberapa tangguh dirimu dalam menghadapi tantangan. Jangan pedulikan perkataan mereka yang menyepelekan resolusimu atau bahkan yang terang-terangan merendahkanmu.

Terus berusaha dan tetap semangat ya!

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, 5 Hal Ini Wajib Ada di Resolusi Tahun Barumu

Annisa Rizki Photo Verified Writer Annisa Rizki

Instagram: @annisa9595

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya