Comscore Tracker

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!

#GoodLife Do your best and let God the rest!

Presentasi menjadi ajang seseorang untuk membagikan ilmu dan gagasan kepada orang lain. Beberapa orang mampu tampil memukau saat presentasi dan menjadi panutan audience bahkan ketika nama mereka disebut untuk maju. Namun, tidak sedikit pula yang merasa jika presentasi yang notabene harus berbicara di depan banyak orang, sebagai momok yang menakutkan dan membuat keringat dingin.

Presentasi yang baik tentu tidak asal materi tersampaikan namun audience tidak mendapat apa-apa. Presentasi bukan kamu hanya lelah bicara dan audience lelah menunggu presentasimu usai. Bukan, bukan itu.

Sebelum presentasi, seseorang akan mempelajari materi agar bisa menyampaikan dengan baik. Merasa sudah mempersiapkan sebaik mungkin tapi tetap merasa gugup? Mungkin kamu belum tahu 5 jurus berikut ini. Jurus-jurus ini akan membantumu mengurangi rasa gugup dan presentasi dengan maksimal. Simak baik-baik ya!

1. Conteklah sosok panutanmu

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!Unsplash/rawpixel

Kamu mengagumi cara bicara Pak Jokowi di depan umum? Atau kamu tertarik bisa lancar membawakan acara seperti Indra Herlambang atau Daniel Mananta? Mungkin kamu juga terpesona dengan cara penyanyi tanah air menjawab pertanyaan ketika sedang diwawancara? 

Kamu bisa contek gaya mereka bicara! Sebelum itu, tentu saja kamu perlu berlatih. Setiap orang memang memiliki ciri khas, tetapi tidak ada salahnya jika kamu ingin meniru cara penyampaian orang lain yang menurutmu menarik dan dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.

2. Rajin berlatih sebelum tampil

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!Unsplash/NEW DATA SERVICES

Berlatih tidak hanya cukup satu kali. Kamu butuh latihan rutin. Sosok yang bisa tampil memukau di depan umum tentu juga dipengaruhi jam terbang. Kamu tidak perlu pesimis atau minder kalau jam terbangmu belum seperti mereka. Semua ada prosesnya dan kamu harus melalui proses tersebut.

Selain mempersiapkan materi agar lancar ketika menyampaikan, kamu juga perlu melatih bahasa tubuhmu ketika akan presentasi. Kamu tidak ingin tampil seperti robot kan? Latih tubuhmu untuk menjadi lebih luwes. Kamu bisa memulainya dengan sedikit melakukan gerakan tangan saat bicara. Ingat, jangan terlalu banyak menggerakkan tangan kalau memang tidak perlu karena itu bisa mengganggu konsentrasi audience.

Baca Juga: Terapkan 5 Tips Ini Agar Lawan Bicara Nyaman Berbincang Denganmu!

3. Stop berpikiran negatif

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!Unsplash/rawpixel

Tidak dapat dipungkiri jika setiap orang memiliki ketakutan pada hal-hal tertentu. Namun, tidak seharusnya kamu mencemaskan sesuatu yang belum tentu terjadi. Kecemasan itu hanya ada dalam pikiranmu. Kalau kamu buang pikiran negatif yang membuat kamu cemas, tentu segalanya akan terasa lebih baik. 

Khawatir presentasimu akan garing? Tidak perlu risau, yang penting berikan performa terbaikmu. Tidak perlu berambisi presentasimu bisa disukai atau mendapat perhatian penuh dari seluruh audience. Semua perlu proses sehingga kamu tidak perlu merasa gagal apabila kamu merasa audience tidak tertarik pada presentasimu. Justru kamu bisa belajar menemukan cara agar lain kali kamu bisa tampil jauh lebih baik lagi.

4. Pahami karakter audience

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!Unsplash/Mimi Thian

Kamu punya teman sekelas yang beragam. Ada yang sangat perhatian, ada pula yang cuek. Manfaatkan atensi dari temanmu yang perhatian untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Biasanya teman yang peduli akan menatap matamu dan memperhatikan baik-baik saat kamu sedang presentasi. 

Tidak perlu terganggu dengan keberadaan teman cuekmu yang terkesan tidak mempedulikan presentasimu di depan. Paling tidak kamu mendapatkan perhatian dari teman-temanmu yang memang tertarik dengan materi yang kamu sampaikan.

5. Gunakan media pendukung yang menarik

Ini 5 Jurus Jitu Hilangkan Gugup dan Tampil Maksimal Saat Presentasi!Unsplash/Alexis Brown

Presentasi identik dengan media pendukung baik berupa tampilan power point, info grafis, atau video. Pilihlah media yang sekiranya menarik dan unik. Hindari menyuguhkan power point dengan tampilan biasa-biasa saja. Perlu pernik supaya tampilan power point-mu jadi menarik dan tidak membosankan. Aturannya kamu jangan berlebihan dalam menghias power point

Kamu juga bisa menyelipkan presentasimu dengan video menarik yang bisa menyegarkan kembali audience yang mungkin tengah merasa penat atau mengantuk. Presentasi dua arah juga lebih membangkitkan semangat daripada kamu hanya bicara sendiri. Sesekali ajaklah audience bergurau atau berdiskusi ringan di tengah presentasi.

Sekarang tidak perlu risau lagi kalau kamu harus presentasi. Terapkan lima jurus di atas supaya kamu bisa tampil lebih maksimal saat presentasi. Sejatinya, kita tidak bisa berharap agar semua orang menyukai presentasi kita. Pada orang yang memiliki kemampuan presentasi luar biasa sekalipun pasti ada juga audience yang tidak memperhatikan atau tidak antusias. Yang paling penting, do your best and let God to the rest. Selamat mencoba ya!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini Agar Presentasi Skripsimu Mengagumkan!

Annisa Widi Photo Verified Writer Annisa Widi

Bachelor Degree of Psychology. Penyuka musik, mawar peach, matcha, buku, dan kopi susu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya