Comscore Tracker

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi Kegagalan

#GoodLife Kegagalan akan membuat tangguh, tetaplah melangkah

Dalam setiap proses, pasti terdapat ujung. Entah itu berupa keberhasilan dalam sekali coba, atau harus melalui kegagalan terlebih dahulu sebelum merasakan manisnya keberhasilan. Setiap orang memiliki masanya sendiri-sendiri.

Ada yang sukses sedari muda, ada pula yang perlu menunggu waktu dan harus lebih bekerja ekstra. Perbedaan tersebut tidak seharusnya dijadikan alasan untuk merasa iri atas pencapaian orang lain.

Everyone has their own time zone. Perlu dipegang teguh agar hatimu tidak goyah untuk meneruskan hidup.

Berikut ini ada 5 obat mujarab untuk menyikapi kegagalan agar kamu tidak lantas menyerah terhadap hidup. Simak baik-baik ya!

1. Bersedihlah sampai kamu benar-benar lega

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi KegagalanUnsplash/Nik Shuliahin

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bersedih tidak baik untuk kesehatan. Salah! Justru jika berpura-pura bahagia yang tidak baik untuk kesehatan. Setelah mengalami kegagalan, kamu boleh bersedih.

Bersedihlah sampai semua rasa kecewa dan amarahmu menguap. Setelah itu, jangan lupa untuk melanjutkan langkahmu dan pantang menyerah sebelum kamu meraih apa yang telah kamu cita-citakan. Semangat!

2. Berceritalah agar beban di pundakmu sedikit berkurang

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi KegagalanUnsplash/Alexis Brown

Setiap orang punya kenyamanan masing-masing. Ada yang nyaman bercerita pada orang lain agar bisa merasa lega, ada pula yang cukup menulis di buku harian untuk menumpahkan keluh kesah. Tidak ada yang salah dengan itu sehingga berceritalah dengan cara apapun agar kamu merasa lega karena berhasil mengungkapkannya.

Mengalami kegagalan memang tidak mengenakkan. Tidak jarang akan muncul perasaan tidak berguna dan merasa sebagai orang payah. Itu sama sekali tidak benar. Kegagalan memang pahit, tetapi dengan mengalami kegagalan, kamu akan lebih tangguh menghadapi lembar kehidupanmu selanjutnya.

Seseorang yang tidak terbiasa dengan kegagalan atau perasaan sedih, justru akan lebih rentan ketika tiba-tiba terpapar ujian hidup.

Baca Juga: Buang 6 Kecemasan Ini Agar Hidupmu Kembali Bersemangat!

3. Beri sedikit jeda sebelum memulai kembali perjuanganmu

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi KegagalanUnsplash/Steven Spassov

Kamu mungkin akan sedih cukup lama merenungi kegagalanmu dan mempelajari proses yang telah kamu lalui. Tidak perlu tergesa-gesa untuk mencoba kembali. Kamu butuh waktu untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Kamu bisa rehat beberapa hari mungkin dengan melakukan hobi agar kepenatan hati dan pikiranmu bisa sedikit terobati. Bila kamu sudah merasa fresh, barulah bulatkan tekad kembali untuk mencoba lagi. 

4. Harus tetap optimis!

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi KegagalanUnsplash/Anthony Ginsbrook

Tidak jarang seseorang yang baru saja mengalami kegagalan akan merasa dirinya adalah orang yang paling payah di dunia ini. Setelah itu ia akan merasa bahwa usahanya sia-sia. Yang perlu diingat di sini adalah, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.

Optimisme sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Tanpa merasa optimis, performamu tidak akan maksimal. Yang ada di pikiranmu hanya kegagalan yang menghantui. Hal ini tentu tidak baik bagimu karena hanya akan menghambatmu menjadi versi terbaik setelah belajar dari kesalahan sebelumnya.

5. Berdoa dan minta restu orangtua

Pantang Menyerah, Ini 5 Obat Mujarab Menyikapi KegagalanUnsplash/Nathan Anderson

Terkadang seseorang lupa berdoa ketika sedang bersedih. Mungkin beberapa dari kamu tidak merasakan manfaat berdoa pada saat itu juga, tetapi berdoa bisa membuatmu lebih tenang. Ketenangan akan membuatmu bisa berpikir jernih. 

Selain berdoa, restu serta dukungan orangtua juga menjadi salah satu obat mujarab agar langkahmu lancar tanpa kurang suatu apapun. Orangtua pasti mendoakan yang terbaik untukmu.

Setiap orang telah berusaha keras sekalipun tidak mereka ekspos, mereka nikmati rasa sakit itu tanpa diketahui banyak orang. Terkadang, yang orang lain tahu adalah masa-masa manis seseorang, tanpa pernah membayangkan bagaimana kerasnya ia berjuang. Kamu juga tidak boleh patah semangat. 

Saat ini mungkin kamu merasa ujian hidupmu begitu berat, tetapi jika kamu bersedia untuk berjuang sedikit lagi, kamu pasti akan merasakan manisnya pencapaian itu. Kamu akan menjadi pribadi yang nantinya akan sangat menghargai proses. Proseslah yang telah mendewasakanmu dan membuatmu bisa menjadi pribadi setegar dan setangguh saat ini.

Bagi kamu yang masih berjuang dan tak henti meraih mimpi, kamu adalah orang hebat dan kamu pantas bahagia pada waktu dan cara yang indah. Percayalah.

Baca Juga: Jangan Bersedih Dulu, Ini 5 Hikmah dari Kegagalan yang Kamu Alami

Annisa Widi Astuty Photo Community Writer Annisa Widi Astuty

Bachelor Degree of Psychology. Penyuka musik, mawar peach, matcha, buku, dan kopi susu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 11:30:05

Progress: 751.930 dari 813.350 TPS (92.44852%)

Just For You