Comscore Tracker

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesia

Mulai pawai jampana hingga karapan kambing #IDNTimesHype

17 Agustus 2021 merupakan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76. Indonesia yang memiliki berbagai macam suku tentu memiliki keberagaman cara dalam merayakan hari kemerdekaan. Sayangnya, di masa pandemi COVID-19 ini, pastinya terdapat beberapa tradisi daerah yang tak bisa dilaksanakan. 

Sebelum adanya pandemi, terdapat beberapa tradisi daerah yang dilakukan oleh masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk merayakan hari kemerdekaan.

Berikut 7 tradisi daerah untuk merayakan kemerdekaan Indonesia yang menarik untuk kamu simak. 

1. Pawai Jampana - Bandung, Jawa Barat

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret tradisi Pawai Jampana (infobudaya.net)

Masyarakat Bandung dan sekitarnya tentu sudah tak asing lagi dengan pawai jampana. Tradisi ini digelar setiap tahun untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa orang yang menggotong sebuah tandu yang berisi hasil kreativitas dari masyarakat setempat. 

Nantinya, warga akan secara bergantian menggotong tandu tersebut sambil diiringi oleh lagu tradisional maupun kontemporer. Selain membawa hasil kreativitas warga, terdapat pula hasil bumi dan jajanan yang digotong di dalam tenda tersebut. Hal itu merupakan bentuk rasa syukur atas terbentuknya negara Indonesia yang utuh. 

Biasanya, pawai jampana dilaksanakan setelah upacara kemerdekaan dan perlombaan terkait kemerdekaan. Adanya tradisi ini berhasil menarik minat banyak wisatawan yang datang ke Bandung. 

2. Peresean - Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret tradisi Peresean di Lombok (balitoursclub.net)

Tradisi peresean merupakan pertarungan antara dua laki-laki yang menggunakan tongkat rotan sebagai senjata serta dilengkapi perisai dari kulit kerbau. Tradisi peresean sendiri merupakan tradisi daerah dari masyarakat suku Sasak yang ada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Tradisi ini sering diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. 

Dalam tradisi ini, akan ada iringan musik yang menandakan sudah dimulainya pertarungan yang akan dipimpin oleh seorang pekembar atau wasit. Adanya tradisi ini menciptakan animo masyarakat sekitar yang sangat besar setiap tahun. Tradisi ini sendiri juga termasuk salah satu budaya yang dilestarikan oleh pemerintah setempat dengan menyediakan pembinaan dan pagelaran.

Baca Juga: 9 DIY Dekorasi Tema Kemerdekaan Berbahan Kertas, Mudah Banget!

3. Lomba Dayung - Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret lomba dayung Banjarmasin (infopublik.id)

Masyarakat Banjarmasin yang ada di Kalimantan Selatan juga memiliki tradisi daerah untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesai yang tak kalah menarik, yaitu lomba dayung. Sebelum Indonesia merdeka, tradisi ini sudah menjadi tradisi daerah masyarakat setempat, tepatnya sejak tahun 1924. Pada awalnya, tradisi ini dilakukan untuk melestarikan jukung atau perahu tradisional yang terbuat dari kayu atau pohon. 

Seiring dengan berjalannya waktu, lomba dayung ini tak hanya diperuntukkan untuk masyarakat setempat, melainkan juga bagi warga dari provinsi lainnya. Lomba dayung ini juga menjadi kesempatan untuk mencari bibit-bibit atlet pendayung handal untuk mewakili daerah. 

4. Tradisi Pacu Kude - Aceh Tengah, Nanggroe Aceh Darussalam

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret tradisi Pacu Kude di Aceh (kebudayaan kemdikbud.go.id)

Ada pula perlombaan tradisional khas masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, yaitu pacu kude (pacu kuda). Layaknya perlombaan pacu kuda seperti biasanya, nantinya akan ada joki kuda yang saling berlomba untuk mencapai garis finish secepat mungkin. Uniknya, tradisi ini diyakini sudah berlangsung sebelum Indonesia merdeka, yaitu pada tahun 1850. 

Panjang lintasan tradisi pacu kude sendiri pada umumnya bervariasi hingga mencapai 1,5 kilometer. Tradisi pacu kude ini telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTB Indonesia) setelah diajukan pada tahun 2016 lalu. 

5. Sepak bola durian - Kebumen, Jawa Tengah dan Cirebon, Jawa Barat

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret sepak bola durian (tribratanews.jateng.polri.go.id)

Pada umumya, sepak bola dilakukan dengan menggunakan bola karet atau bola plastik. Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh masyarakat Kebumen saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang mana terdapat tradisi sepak bola durian. Bola yang digunakan untuk bermain benar-benar dari buah durian asli, lho!

Pastinya tidak semua orang dapat mencoba tradisi ini. Perlu adanya teknik khusus terkait kekebalan tubuh bagi para pemain sepak bola durian. Jadi, jika kamu memang belum pernah melakukan tradisi ini, jangan sesekali mencobanya di rumah, ya! Tak hanya di Kebumen, tradisi sepak bola durian ini juga dilaksanakan di Cirebon, Jawa Barat. 

Baca Juga: Potret Simulasi Upacara Kemerdekaan ke-76 RI di Istana Negara

6. Barikan - Malang, Jawa Timur

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret tradisi Barikan di Malang (kampungadat.com)

Di daerah Malang dan sekitarnya, terdapat pula tradisi barikan untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Pada dasarnya, barikan merupakan acara syukuran atau selamatan yang digelar di desa-desa yang ada di wilayah Malang dan sekitarnya. Pada umumnya, tradisi ini dilaksanakan pada malam hari tanggal 16 Agustus. 

Doa bersama dan renungan kemerdekaan menjadi acara wajib dalam tradisi ini. Selanjutnya, akan ada aktivitas makan bersama dan pemberian kotak nasi maupun bingkisan menjelang berakhirnya acara. Tradisi ini sendiri biasanya dilakukan di lapangan, tanah kosong, hingga halaman masjid. 

7. Karapan kambing - Lumajang, Jawa timur

Lebih Spesial, 7 Tradisi Daerah untuk Merayakan Kemerdekaan Indonesiapotret Karapan Kambing (wartabromo.com)

Pada umumnya, mungkin kita hanya mendengar istilah karapan sapi dari Madura. Di ksisi lain, ada juga istilah karapan Kambing yang merupakan tradisi khas masyarakat Lumajang untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Pada hajatan ini, terdapat dua kambing yang akan diikat satu sama lain untuk bersiap-siap mengikuti perlombaan. 

Sang pemilik kambing tersebut akan ikut berlari agar kedua kambingnya dapat berlari dengan cepat dan sesuai arah. Setiap peserta pacu kambing baisanya memiliki strategi masing-masing agar kambingnya dapat berlari kencang, seperti memasang bunyi-bunyian dari kerikil dan sebagainya. 

Nah, itu dia tujuh tradisi daerah untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia. Selama masa pandemi COVID-19, beberapa tradisi tersebut tentu tak dapat dilaksanakan demi menurunkan angka positif virus ini di Indonesia. Meskipun begitu, pastinya kita semua berharap agar tradisi ini dapat terus diadakan dan dilestarikan hingga puluhan tahun ke depan. 

Baca Juga: Cinta Tanah Air, 5 Cara Merayakan Hari Kemerdekaan dari Rumah

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya