Comscore Tracker

#GreenBeauty 5 Hal Kecil yang Dapat Melindungi Lingkungan

Jangan lupa lakukan kelima hal kecil ini ya!

Menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua manusia di bumi ini. Usia bumi yang semakin tua dari hari ke hari, membuat kita semua harus memperhatikan kelestariannya. Salah satu permasalahan yang menjadi hal serius di bumi ini ialah perubahan iklim.

Bagaimana tidak, perubahan iklim sendiri menimbulkan beberapa masalah baru seperti bencana alam, kenaikan batasan air laut, hingga pemanasan suhu bumi. Oleh karena itu, penting sekali untuk melindungi lingkungan alam yang ada di sekitar kita.

Terdapat beberapa hal kecil yang ternyata dapat berpengaruh besar dalam meminimalisir adanya perubahan iklim. Pastinya hal tersebut berdampak positif terhadap kelestarian lingkungan kita. Berikut 5 hal yang ternyata dapat melindungi lingkungan. 

1. Membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali

#GreenBeauty 5 Hal Kecil yang Dapat Melindungi Lingkunganilustrasi tas belanja(freepik.com/rawpixel.com)

Plastik merupakan salah satu permasalahan serius yang ada di dunia. Dilansir laman National Geographic, 91 persen sampah plastik di dunia tidak didaur ulang. Padahal, sampah plastik sendiri dapat merusak rantai makanan, mencemari air dan tanah, hingga berpotensi menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia.

Oleh karena itu, penting sekali untuk meminimalisir jumlah sampah plastik yang ada di bumi ini. Salah satu hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik ialah membawa tas belanja yang dapat digunakan kembali. Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya kamu sudah mencegah peningkatan sampah plastik dalam beberapa tahun kedepan.

Membawa tas belanja sendiri juga memiliki banyak keunggulan, mulai dari lebih enak untuk dibawa, harga yang tidak mahal, dan dapat digunakan untuk jangka panjang. Jadi, apakah kamu masih tetap menggunakan plastik saat berbelanja?

2. Membawa tumbler ketika bepergian

#GreenBeauty 5 Hal Kecil yang Dapat Melindungi Lingkunganilustrasi tumbler(freepik.com/lifeforstock)

Membawa tumbler tidak hanya dapat menghemat pengeluaran kita, lho. Penggunaan tumbler dalam kehidupan sehari-hari pastinya juga dapat mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di bumi ini. Sampah plastik sendiri rata-rata membutuhkan waktu sekitar puluhan hingga ratusan tahun untuk dapat diuraikan. 

Selain itu, tumbler sendiri juga dapat menjaga suhu minumanmu dalam jangka waktu yang cukup lama. Pastinya hal tersebut sangat cocok bagi kamu yang suka mengonsumsi minuman kopi. Tak sedikit juga kedai kopi yang memberikan diskon saat kamu membawa tumbler sendiri. 

Baca Juga: #GreenBeauty 6 Konsep Sustainable Living yang Bisa Diterapkan Sekarang

3. Tidak membuang sampah sembarangan

#GreenBeauty 5 Hal Kecil yang Dapat Melindungi Lingkunganilustrasi sampah plastik(freepik.com/teksomolika)

Membuang sampah sembarangan merupakan salah satu aktivitas yang sangat membahayakan lingkungan. Ada banyak penyakit yang bisa timbul akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan, mulai dari Hepatitis A, cacingan, demam berdarah, keracunan makanan, hingga infeksi kulit. Pastinya kita semua tak ingin seseorang terkena penyakit tersebut akibat ulah kita yang membuang sembarangan.

Saat ini, terdapat banyak sekali tempat sampah yang sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak membuang sampah sembarangan sejak detik ini ya.

4. Menggunakan transportasi umum

#GreenBeauty 5 Hal Kecil yang Dapat Melindungi Lingkunganilustrasi menggunakan transportasi umum(freepik.com/freepik)

Polusi udara merupakan salah satu permasalahan serius di hampir semua negara. Hal tersebut tak lepas dari penggunaan kendaraan pribadi yang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Sejauh ini, terdapat beberapa polutan utama yang mencemari dan menurunkan kualitas udara seperti nitrogen dioksida(NO2), nitrat oksida(NO), hingga karbon monoksida (CO). 

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita meminimalisir jumlah penggunaan kendaraan pribadi. Kamu cukup memilih moda transportasi umum seperti bus kota, kereta api, dan beberapa opsi lainnya. Selain itu, menggunakan transportasi umum juga dapat menghemat penggunaan energi tak tidak dapat diperbaharui.

5. Berpartisipasi dalam “Garnier Green Beauty”

Untuk mengurai problematika sampah plastik, #GarnierxIDNTimes mengajak konsumen untuk memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan. Hal tersebut direalisasikan dengan meminimalisir sampah plastik dalam program atau gerakan #GreenBeauty. Melalui gerakan ini, Garnier mendorong masyarakat agar terlibat dalam program daur ulang plastik secara daring maupun offline.

Untuk program daring, Garnier bermitra dengan eRecycle dengan tujuan mendesain aplikasi smartphone sebagai salah satu jawaban untuk membantu masyarakat melakukan program daur ulang. Bagi kamu yang berdomisili di Jadetabek, kamu bisa mengirimkan berbagai jenis sampah, mulai dari kertas, botol kaca, kemasan plastik, botol kaca, kertas ke tempat daur ulang sampah untuk diolah kembali melalui eRecycle. 

Nah, itu dia 5 hal kecil yang dapat melindungi lingkungan dalam jangka panjang. Ternyata bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk menjaga bumi kita ya. Jangan lupa untuk diterapkan dan ikut dalam gerakan #GreenBeauty dan cari tahu informasi lengkapnya di https://www.garnier.co.id/green-beauty. 

Baca Juga: #GreenBeauty Dari Rumah, Kamu Layak jadi Superhero Kehidupan

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya