Comscore Tracker

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatis

Apakah kamu salah satunya?

Berdasarkan sisi psikologis, manusia memiliki tipe kepribadian manusia yang terbagi menjadi empat macam, yaitu melankolis, sanguin, korelis, dan plegmatis. Salah satu kepribadian yang populer di kalangan masyarakat ialah tipe plegmatis.

Tak banyak yang tahu apa arti makna dari kepribadian tersebut serta bagaimana ciri-cirinya. Sudah penasaran? Yuk, kenali tujuh tanda seseorang dengan tipe kepribadian plegmatis berikut ini.

1. Mudah bergaul

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatisilustrasi beberapa orang yang sedang berbicara (unsplash.com/Brooke Cagle)

Seorang berkepribadian plegmatis merupakan tipikal yang sangat mudah bergaul atau dapat dikatakan supel. Mereka dapat berteman dengan siapa saja tanpa memandang perbedaan, baik secara fisik maupun perspektif. Kalau ada temanmu yang mudah ngobrol dengan orang baru dikenal, bisa jadi mereka memiliki kepribadian ini.

Makanya gak heran kalau seorang plegmatis mempunyai banyak teman. Walau begitu, seorang plegmatis cenderung menghindari konflik dengan seseorang jika menghadapi sebuah perbedaan.

2. Pendengar yang baik dan bijaksana

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatispotret dua orang wanita yang sedang berbicara (unsplash.com/Christina @ wocintechchat.com)

Seorang plegmatis merupakan seseorang yang mudah nyambung saat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut tak lepas dari sifatnya yang merupakan seorang pendengar yang baik. Gak heran kalau sering dijadikan tempat curhat.

Kadang-kadang dia juga dapat memberikan saran yang bijaksana ketika memberikan solusi terhadap sebuah permasalahan. Tak heran jika seseorang plegmatis kerap dimintai saran atau pendapat dari orang-orang di sekelilingnya.

3. Simpatik

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatispotret seseorang yang sedang membantu mengikatkan tali anak kecil (unsplash.com/Adrià Crehuet Cano)

Simpatik dan peduli merupakan suatu sifat khas dari seorang yang berkepribadian plegmatis. Seorang plegmatis diketahui sangat ingin membantu jika ada seseorang yang kesusahan.

Walau begitu, seorang plegmatis sendiri cukup rentan dimanfaatkan orang lain. Terlepas dari hal itu, sikap seorang plegmatis yang gemar mengulurkan tangan menjadi keunggulan tersendiri di kepribadiannya.

4. Overthinking

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatisilustrasi seseorang yang pusing (unsplash.com/Muhmed El-Bank)

Seorang plegmatis mempunyai rasa takut dan khawatir yang berlebihan atau kerap overthinking. Kadang dia juga kerap minder terhadap apa yang ada disekitarnya.

Hal ini dapat menghambat cara dia untuk bersosialisasi dan bekerjasama dengan yang lain walau pada dasarnya dia merupakan seseorang yang supel. Selain itu, hal ini juga membuat dirinya kurang memiliki pendirian yang tetap. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan saat Overthinking Menyerang

5. Tak banyak bicara

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatisilustrasi seseorang yang ditutup mulutnya (unsplash.com/Bermix Studio)

Walau dikenal sebagai seseorang yang mudah bergaul, seseorang plegmatis ternyata cukup pemalu atau tak banyak bicara. Dia tidak terlalu banyak bicara dan sangat tenang dalam menghadapi sesuatu.

Hal tersebut membuat potensinya akan sulit dilihat secara langsung oleh orang lain karena sifatnya tersebut. Memang, dapat dikatakan seorang plegmatis cenderung introvert. 

6. Sering menunda-nunda

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatisilustrasi seseorang sedang malas (unsplash.com/Chase Yi)

Seorang plegmatis akan kurang tertarik atau antusias jika dirinya melakukan suatu hal yang tidak benar-benar dia inginkan. Pada dasarnya, harus ada insentif khusus atau motivasi yang kuat agar seorang plegmatis dapat mengerjakan sebuah tugas atau tanggung jawab. 

Selain itu, terkadang seorang plegmatis juga bergantung pada orang lain. Dalam memutuskan sesuatu, seroang plegmatis kerap mengalami kesulitan karena cukup bergantung pada pendapat atau masukan orang lain. 

7. Keras kepala

Simpatik, 7 Tanda Jika Kamu Memiliki Tipe Kepribadian Plegmatisilustrasi pasangan yang sedang berdebat (unsplash.com/Afif Kusuma)

Seorang plegmatis cenderung memiliki sifat keras kepala. Dia merasa paling benar jika terdapat perbedaan pendapat atau perselisihan. Sulit rasanya jika harus berdebat dengan mereka karena sifat keras kepala tersebut. Selain itu, saat mendapatkan kritik, seorang plegmatis cukup gampang baper atau tersinggung.

Nah, itu dia tujuh ciri-ciri jika seseorang mempunyai tipe kepribadian plegmatis. Perlu diingat, seorang plegmatis bisa saja hanya memiliki beberapa karakter seperti yang telah disebutkan diatas. Apakah dari ciri-ciri tersebut ada yang kamu miliki?

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya