Comscore Tracker

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkan

Salah satunya selalu bersyukur dalam segala kondisi

Mengeluh merupakan respons alamiah manusia ketika dihadapkan pada kondisi tertentu. Misalnya karena kita belum sepenuhnya berdamai dengan masa lalu atau bahkan merisaukan kondisi saat ini. Mengeluh sebenarnya wajar, karena memang kerap kali dalam hidup sesuatu gak berjalan seperti yang kita rencanakan.

Namun sebenarnya, kita bisa mengurangi rasa mengeluh itu jika mau melihat kehidupan gak hanya dari satu perspektif saja. Misalnya, tetap bersyukur ketika ada masalah, karena dari masalah kita bisa belajar lebih baik. Bukan sebaliknya, berkutat pada masalah sehingga membuat kita stuck.

Lalu apa saja sih hal-hal yang bisa membantu kamu untuk gak selalu mengeluhkan keadaan? Simak ulasanya berikut, ya!

 1. Melakukan refleksi diri

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkanilustrasi seorang pria bercermin (Pexels.com/ Shvets Production)

Hal pertama yang bisa membuat kamu untuk gak terus-menerus mengeluhkan keadaan yaitu dengan refleksi diri. Ini sangat penting untuk membantu kamu mengatur perasaan serta memproses pemikiran. Kamu bisa merenungkan apakah keluhan tersebut memberikan dampak yang berarti atau tidak.

Misalnya jika keluhan tersebut menimbulkan dampak seperti cemas atau stres, kamu perlu mengatasinya. Mungkin dengan cara mencari tahu sumber masalah tersebut, dibanding fokus pada masalahnya. Sehingga nantinya bisa dicari solusi untuk mengatasinya.

 2. Memaafkan masa lalu dan lepaskan

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkanilustrasi seorang wanita refleksi di balik jendela (Pexels.com/ Blue Bird

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami pengalaman pahit dalam hidupnya. Entah itu pengalaman yang sifatnya ringan, sedang, atau bahkan berat. Kondisi ini jika terus berlarut bisa menyebabkan trauma atau khawatir berlebihan.

Untuk mencegah kondisi tersebut, kamu perlu memaafkan dan melepaskan ingatan kejadian buruk di masa lalu itu. Ini akan membantu kamu untuk tetap berpikir positif dan memiliki pemikiran berorientasi ke depan.

Bukan berarti kamu melupakan masa lalu begitu saja, atau bahkan mengutuknya. Namun kamu mengingat masa lalu itu sebagai pembelajaran untuk lebih hati-hati saat bertindak, ikhlas, dan memperjuangkan sesuatu yang lebih baik lagi ke depan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuatmu Terus Menerus Mengeluhkan Keadaan

 3. Beri waktu untuk mengistirahatkan jiwamu

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkanilustrasi seorang pria beristirahat (Pexels.com/ Cottonbro)

Istirahat merupakan cara paling efektif untuk menenangkan jiwa. Ini juga salah satu solusi agar kamu gak terus mengeluhkan keadaan. Contoh sederhananya ketika kamu berjualan namun kurang laku, dengan istirahat kamu bisa menghindari keputusan salah seperti berhenti berjualan.

Sebaliknya, setelah istirahat dan pikiranmu lebih tenang, nantinya malah bisa cari solusi. Misalnya cari inspirasi bagaimana menciptakan produk yang disukai oleh masyarakat, meningkatkan promosi, dan sebagainya.

Ingat, istirahat itu bukan hanya dengan tidur saja, ya. Namun bisa juga dengan cara mengurangi overthinking, menghindari lingkungan toxic, dan sebagainya. Ini penting diterapkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalmu tetap baik.

 4. Jangan lupa untuk selalu bersyukur

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkanilustrasi seorang wanita bersyukur (Pexels.com/ Ketut Subiyanto)

Cukup klise, namun bersyukur memang memiliki pengaruh besar dalam hidup. Salah satunya yaitu membantu kita untuk gak terus mengeluhkan keadaan. Malahan, kita akan mendapatkan motivasi untuk lebih semangat lagi.

Misalnya, tetap bersyukur ketika mengalami kegagalan. Meskipun kegagalan itu mengecewakan, namun ini adalah kesempatan kamu untuk belajar lebih baik lagi. Dengan mensyukuri setiap hal, baik kemudahan atau kesulitan, nantinya akan membantu kamu untuk bertumbuh.

 5. Latih penerimaan

5 Hal Ini Bantu Kamu Gak Terus Mengeluhkan Keadaan, Terapkanilustrasi seorang wanita menyetrika (Pexels.com/Cottonbro)

Mengeluh terkadang memang perlu dilakukan. Dengan demikian, maka energi negatif atau rasa stres yang ada pada tubuhmu bisa dilepaskan. Namun jika berlebihan, malah akan mengurangi energi positif kamu untuk berkarya atau beraktivitas, lho.

Maka dari itu, penting untuk melatih penerimaan akan setiap kondisi yang kita alami, ya. Entah itu rasa takut kecewa, marah, sedih, atau perasaan gak enak lainnya. Namun setelah itu, kamu juga harus tetap mencari cara untuk mengatasi kondisi tersebut.

Ini juga akan melatih kamu untuk beradaptasi. Misalnya ketika kamu baru pindah ke tempat kerja baru. Mungkin kamu merasa kesulitan menyesuaikan diri dengan rekan kerja dengan berbeda-beda karakter, atau terbebani karena tugas yang menumpuk, dan sebagainya. Namun dengan penerimaan, kamu akan lebih mudah beradaptasi, karena tahu tujuanmu bekerja dari awal seperti apa.

Meskipun mengeluh merupakan kondisi yang wajar, namun jangan dibiasakan, ya. Ketika kamu mengeluh, bisa jadi ada hal-hal baik yang terlewatkan, seperti kesempatan untuk berkarya atau melakukan hal produktif lainnya. Namun, jika mengurangi mengeluh sulit, coba latih dirimu untuk meditasi, belajar lebih bersyukur, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Banyak Mengeluh Daripada Bersyukur

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya