Comscore Tracker

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! 

Salah satunya berbuat baik kepada sesama

Konsisten merupakan prinsip yang perlu kamu jaga dan terapkan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa ada rasa ini, mungkin kamu akan cepat kehilangan motivasi. Sebagai contoh ketika kamu berhasil melakukan progres besar, namun akan percuma jika dilakukan satu kali. Entah karena lelah, bosan, atau bahkan karena hasil gak sesuai ekspektasi.

Berbeda dengan saat melakukan progres kecil namun kamu mampu melakukan setiap waktu. Kebiasaan ini perlu ditingkatkan agar kamu bisa menghargai setiap proses yang dilakukan. Apa saja sih hal yang perlu kamu jaga konsistensinya? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Menyayangi dan menghargai keluarga  

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! ilustrasi seorang wanita membantu orangtua ( Pexels.com/ Andrea Piacquadio

Apa arti keluarga bagi kamu? Yang jelas mereka sangat berarti dan berharga, ya. Pasalnya, kamu gak akan mungkin bisa bertumbuh seperti saat ini tanpa mereka. Mulai dari hadir merawat kamu, memberikan kasih sayang, hingga pemahaman.

Menyayangi dan menghargai keluarga butuh konsistensi, lho. Pasalnya, seiring bertambah usia kamu mungkin akan mengalami banyak hal, atau bahkan waktumu bersama mereka akan semakin terbatas. Namun dengan konsisten, kamu akan tetap menjadikan mereka sebagai prioritas.

2. Fokus pada visi dan misi yang ingin kamu capai 

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! ilustrasi seorang wanita berkebun (Pexels.com/ Anna Tarazevich)

Sebagian besar orang pasti memiliki visi dan misi masing-masing dalam hidup. Mungkin ada yang ingin menjadi pengusaha, memiliki kontribusi di bidang sosial, dan sebagainya. Apapun itu, visi akan tercapai apabila kita mau berusaha dan konsisten.

Mulai dari menentukan tujuan dari awal, progres seperti apa yang ingin dicapai, hingga memprediksi hasilnya akan seperti apa. Apabila hanya setengah-setengah, akan sulit untuk berkembang. Perlahan malah motivasi itu akan kendor, lalu akhirnya malas.

3. Memperlakukan setiap orang dengan baik 

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! ilustrasi seorang pria membantu orangtua berjalan (Pexels.com/ Roman Carey)

Memperlakukan orang lain dengan baik sebenarnya gak mudah, lho. Apalagi jika kita tidak memiliki konsistensi. Seperti halnya cuaca, bukan gak mungkin sikap manusia itu bisa saja berubah. Misalnya ketika seseorang memiliki kelebihan, mungkin saja ia akan angkuh atau bahkan tega menindas orang lain. Padahal di atas langit itu masih ada langit.

Jika kita konsisten, maka akan tetap memegang teguh prinsip berbaik hati kepada semua orang. Karena setiap perlakuan itu mencerminkan siapa diri kita. Terlebih, jika kita berperilaku buruk akhirnya malah bisa memicu konflik atau kebencian.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Kebiasaan Hidup yang Teratur dan Disiplin, Lakukan!

4. Memiliki keinginan untuk terus upgrade diri 

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! ilustrasi seorang pria belajar (Pexels.com/ Anna Tarazevich)

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari keinginan memiliki attitude lebih baik, taat beribadah, atau bahkan memiliki wawasan yang lebih banyak. Bukan gak mungkin, kamu bisa mendapatkan itu jika memiliki konsistensi.

Maksudnya, jika ingin wawasan bertambah, kita perlu untuk terus belajar. Sama halnya jika ingin bersikap lebih baik, kita perlu menghindari mengumpat, berkata kasar, dan sebagainya. Hal-hal seperti ini perlu dibiasakan dan dilatih setiap waktu.

5. Mau berbagi ilmu kepada orang lain yang membutuhkan 

5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! ilustrasi seorang pria berbagi ilmu (Pexels.com/ Andrea Piacquadiao)

Terdengar klise, namun berbagi ilmu kepada orang lain juga perlu kamu jaga konsistensinya. Dengan demikian kamu gak akan malas atau bahkan pelit untuk berbagi. Perlu digarisbawahi ilmu itu bukan hanya tentang pengetahuan umum, namun juga bisa ilmu kehidupan. Misalnya kamu memiliki ilmu tentang bangkit dari keterpurukan. Dengan kamu berbagi, siapa tahu mereka jug akan termotivasi untuk terus semangat.

Tetap konsisten saat menjalankan aktivitas memang bukan perkara mudah. Namun, kamu pasti bisa secara perlahan melakukannya. Asal memiliki motivasi atau keinginan kuat untuk terus berbenah.

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Just be yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya