Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!

Salah satunya membiasakan lebih banyak masak daripada jajan

Sebuah kebiasaan baik tentu gak tercipta secara instan. Ia perlu dilatih dan dibiasakan sejak dini melalui hal-hal sederhana. Misalnya untuk menerapkan gaya hidup minimalis, tentu perlu komitmen yang kuat dari awal.

Namun sayang, membiasakan hal-hal yang sebenarnya baik buat hidup, ternyata banyak tantangannya. Entah karena rasa malas akhirnya tertunda, perasaan gengsi, merasa gak enak dengan orang lain, dan sebagainya. Akhirnya, malah mempersulit kita untuk jadi diri sendiri.

Lalu apa saja sih hal-hal sederhana yang harus dibiasakan dalam hidup, simak daftarnya di bawah, ya!

 1. Mau minta tolong pada orang lain

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!ilustrasi seorang pria dan wanita berdiskusi (Pexels.com/ George Park)

Hal sederhana pertama yang penting dibiasakan mulai sekarang yaitu mau meminta tolong pada orang lain. Meskipun terlihat sepele, ini memiliki banyak manfaat buat hidup. Seperti mendapat kekuatan saat terpuruk, belajar hal baru, atau bahkan menambah relasi.

Jadi, kamu gak perlu gengsi untuk meminta tolong. Sebab, ini bukan tanda bahwa diri kamu lemah kok. Justru memang kamu perlukan untuk menyelesaikan masalah.

Contoh sederhananya kamu mau belajar fotografi. Biar cepat bisa, kamu bisa belajar pada fotografer yang lebih berpengalaman. Memang sih kamu bisa belajar sendiri, namun dengan bertanya pada orang lain tentu akan lebih paham bukan?

 2. Menolak hal yang gak sanggup kamu lakukan

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!ilustrasi dua pria dan seroang wanita bercakap-cakap (Pexels.com/ August de Richelieu)

Memberikan bantuan kepada orang lain tentu menjadi hal yang mulia. Sebab, kita juga gak bisa hidup sendiri tanpa bantuan mereka. Namun, jika kamu memaksakan diri membantu orang lain di luar batas kemampuan, juga kurang baik.

Misalnya, kamu diminta seseorang mengerjakan laporan keuangan. Padahal kamu kurang paham masalah hitung-hitungan. Bukanya pekerjaan cepat selesai, kemungkinan kamu malah bingung dan rentan bikin kesalahan.

Nah, berani menolak hal yang gak sanggup kamu lakuin bukan berarti egois, lho. Ini menjadi hal sederhana yang perlu dibiasakan mulai sekarang. Sebab, selain gak membebani diri sendiri, ini juga memudahkan orang lain biar pekerjaannya gak terbengkalai.

Baca Juga: Coba Tebak 13 Potret Life Hack Antimainstream Ini, Genius atau Malas?

 3. Berani mengambil risiko

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!ilustrasi seorang wanita membawa selembar kertas (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Apa sih hal yang paling kamu takutkan ketika hendak melakukan sesuatu? Pasti risikonya kan. Entah merasa takut bagaimana jika gak sesuai harapan, bagaimana jika nanti gagal, atau jika rugi, dsb. Namun, pola pikir seperti ini justru akan menghambat kamu mencapai tujuan.

Berani mengambil resiko merupakan hal sederhana yang harus dibiasakan mulai sekarang. Sebab walaupun harus gagal, sebenarnya itu bukan masalah besar atau hal memalukan kok. Justru kegagalan adalah pelajaran, agar kita bisa merencanakan langkah yang lebih baik lagi ke depan.

 4. Bersikap ramah dan hangat

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!ilustrasi seorang pria bersikap ramah (Pexels.com/ Evelina Zhu)

Bersikap ramah dan hangat menjadi aspek penting dalam kehidupan bersosial. Ini menjadi tanda bahwa kamu bisa menghargai semua orang di sekitar. Begitu juga sebaliknya, orang lain juga akan mudah menghargai keberadaan kamu.

Meskipun terlihat sederhana, bersikap ramah juga bukan perkara mudah. Sehingga, perlu dibiasakan mulai dari sekarang. Misalnya, dengan menyapa dan memberikan senyum orang lain terlebih dahulu, memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan, atau meminta maaf jika salah.

 5. Lebih banyak memasak daripada jajan

5 Hal yang Perlu Dibiasakan Mulai Sekarang, Jangan Ditunda!ilustrasi keluarga makan bersama (Pexels.com/ August de Richelieu)

Siapa sih gak suka ngemil atau beli jajan? Pasti kebanyakan orang suka, ya. Namun daripada terlalu banyak jajan, akan lebih baik jika kita memasak sendiri di rumah. Meskipun sederhana, ini juga menjadi hal yang bisa mendatangkan manfaat positif jika dibiasakan.

Pasalnya, memasak makanan sendiri lebih sehat dibanding beli di luar. Sebab, kamu bisa memperkirakan sendiri jumlah kalori dan kandungan gizi pada makanan tersebut. Satu lagi, kamu juga bisa belajar lebih hemat bukan?

Mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik memang membutuhkan proses yang panjang. Kendati demikian, lalui proses itu dengan telaten, ya. Agar nantinya kamu gak akan merasa menyesal.

Baca Juga: Ingin Mengubah Kebiasaan Buruk? Coba Terapkan 6 Tips Ini! 

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Just a beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya