Comscore Tracker

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!

Salah satunya bisa memaafkan kesalahan besar orang lain

Kebaikan merupakan salah satu sikap terpuji yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Dengan berbuat baik, kita bisa membantu meringankan beban orang lain, atau bahkan beban kita sendiri. Misalnya, saat kita membuang sampah pada tempatnya, bukankah lingkungan lebih bersih, dan perasaan kita jadi lebih tentram?

Pada dasarnya, setiap kebaikan yang tulus, akan memunculkan kebahagiaan. Namun sebaliknya, jika kebaikan itu dilakukan dengan keterpaksaan, mungkin malah jadi beban. Lalu apa saja kebaikan yang bisa membuat kamu bahagia? Simak daftarnya berikut, ya!

1. Selalu mengucapkan terima kasih kepada orang yang membantumu 

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!ilustrasi dua pria memperbaiki mobil (Pexels.com/ Tim Samuel)

Kebaikan pertama yang bisa membuat kamu bahagia yaitu dengan mengucapkan terima kasih kepada orang yang membantumu. Meskipun terdengar sepele, sikap ini tidak boleh diremehkan, ya. Karena bisa jadi, bagi orang lain ucapan seperti itu sangat berarti.

Contoh sederhananya, jika kamu naik angkutan umum, ada baiknya setelah tiba di tempat tujuan jangan langsung pergi. Ucapkan terima kasih dulu pada sopirnya. Kemungkinan ia akan merasa bahagia karena kerja kerasnya lebih dihargai. 

2. Bisa memaafkan kesalahan orang lain

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!ilustrasi seorang perempuan tegar (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Kebaikan yang satu ini mungkin cukup berat. Namun memaafkan orang lain, biarpun ia telah berbuat kesalahan besar juga penting. Berarti kamu gak menyimpan dendam yang malah bisa berujung sakit hati berkepanjangan.

Bukan berarti kamu memaklumi atau menganggap enteng kesalahan, namun  lebih memilih belajar darinya.

Misalnya dari kesalahan mereka, kamu belajar untuk lebih menghargai perasaan orang lain, berpikir sebelum bertindak, serta mengupayakan agar kesalahan serupa gak terulang lagi. Ini juga termasuk kebaikan yang bisa membuat kamu bahagia, lho.

3. Investasi leher ke atas alias meningkatkan ilmu pengetahuan

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!ilustrasi seorang pria belajar (Pexels.com/ Armin Rimoldi)

Investasi bukan hanya dalam bentuk harta saja. Namun, investasi leher ke atas alias menambah ilmu pengetahuan, juga gak kalah penting. Bahkan kalau bisa, harus kamu kembangkan setiap harinya.

Dengan keinginan untuk terus belajar, maka hidupmu juga gak akan stagnan. Melainkan, setiap harinya kamu akan menemukan hal-hal baru. Sehingga, nantinya akan bermanfaat bukan hanya bagi dirimu sendiri saja, namun juga orang lain.

Perlu diingat, mencari ilmu bukan hanya melalui pembelajaran di sekolah saja. Bisa juga melalui buku yang kamu baca, kegiatan seminar, workshop, artikel inspiratif, dan lain sebagainya. Atau juga bisa melalui cerita-cerita orang yang sering kamu dengarkan.

Baca Juga: 5 Kalimat Sederhana Ini Harus Kamu Ucapkan Setiap Hari, Kunci Bahagia!

4. Membahagiakan orangtua dengan memberikan hal-hal kecil 

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!ilustrasi seorang perempuan membantu ibu memasak (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Bisa memberikan kebahagiaan bagi orangtua tentu menjadi harapan setiap anak. Meskipun hanya dengan cara sederhana, ini juga termasuk kebaikan yang bisa membuat kamu bahagia, lho. Kamu gak perlu menunggu menjadi sukses atau kaya terlebih dahulu untuk memberikan kebahagiaan untuk mereka, namun berikan hal-hal kecil secara konsisten.

Misalnya dengan kamu membantu pekerjaan mereka, atau menyisihkan tabungan kamu untuk memberikan mereka hadiah yang dibutuhkan, dan sebagainya. Ini juga salah satu bentuk ungkapan terima kasih, karena mereka telah membesarkan kamu dengan baik.

5. Membantu teman yang sedang mengalami kesulitan 

5 Kebaikan Simpel yang Bikin Kamu Bahagia, Terapkan, yuk!ilustrasi seorang pria menolong teman (Pexels.com/ Rodnae Production)

Sebagai makhluk sosial, tentu kita gak bisa hidup sendiri. Dalam kondisi tertentu, kita akan selalu membutuhkan orang lain. Entah ketika sedang kesulitan, dirundung masalah, dan sebagainya.

Agar orang lain mau membantu, kita juga harus mau membantu mereka. Misalnya ketika temanmu kesulitan, berikan dukungan dalam bentuk moral maupun maupun materi. Ini juga salah satu kebaikan yang bisa membuat kita lebih bahagia, lho.

Namun ingat, memberikan bantuan kepada orang lain harus dilakukan dengan tulus, ya. Jangan mengharapkan timbal balik atau imbalan. Karena hal seperti ini malah bisa membuat motivasi kamu untuk berbuat kebaikan jadi luntur nantinya.

Ternyata, bahagia bisa juga kita ciptakan dengan cara sederhana saja, ya. Tidak harus dengan memaksakan sesuatu yang berlebihan, namun malah bisa jadi beban. Cukup berbuat kebaikan dengan tulus dan menjadi bermanfaat untuk diri sendiri serta sesama.

Baca Juga: 5 Cara Memaafkan Seseorang yang Tak Kunjung Menyadari Kesalahannya 

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Just a beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya