Comscore Tracker

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnya

Kamu akan lebih mudah mengenal diri sendiri

Berbicara tentang rebahan, pasti yang pertama terlintas dipikiran yaitu kegiatan yang kurang baik. Misalnya, malas-malasan atau mager yang akhirnya membuat kamu kurang produktif dan sulit berkembang. Namun, nyatanya rebahan gak selalu berdampak buruk, lho.

Asal dilakukan sesuai porsi dan gak berlebihan, rebahan justru memberikan manfaat. Siapa tahu saja, dengan rebahan kamu malah mendapatkan inspirasi tentang sesuatu yang hendak kamu kerjakan. Lalu apa saja manfaat rebahan, simak daftarnya berikut, ya!

 1. Kamu akan memiliki lebih banyak energi, sehingga lebih semangat

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnyailustrasi seorang pria berolahraga (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Rebahan itu perlu dilakukan agar tubuh memiliki lebih banyak energi. Ibaratnya seperti smartphone jika tidak di-charger, maka dayanya akan semakin menurun, begitu pula dengan tubuh kamu. Lebih baik kamu istirahat dulu, daripada memaksa untuk terus beraktivitas namun hasilnya malah gak maksimal.

Hitung-hitung, ini juga salah satu investasi diri dalam menjaga kesehatan, lho. Pasalnya, ketika energimu lebih banyak, maka imunitas tubuh pun akan meningkat.

2. Membantu pikiran kamu untuk memunculkan ide-ide kreatif

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnyailustrasi seorang pria menemukan ide (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Sebuah ide atau inspirasi kreatif biasanya muncul apabila pikiran kita sedang tenang dan rileks. Kalau gak percaya coba, deh, kamu mencari ide ketika pikiran sedang kacau atau lelah, yang ada malah stuck dan pusing sendiri, bukan? Jika gak ingin seperti itu, kamu memang perlu menyediakan waktu beberapa saat untuk rebahan, agar pikiranmu lebih tenang.

Dengan kamu melakukan rebahan dan tubuhmu lebih rileks, maka akan mudah mendatangkan ide-ide kreatif. Setelah itu, kamu bisa menuliskan ide tersebut agar bisa direalisasikan. Asal jangan ketiduran ketika mencari ide, ya, nanti ketika bangun malah lupa semua rencana kamu.

 3. Memberikan kesempatan untuk lebih mengenal diri sendiri

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnyailustrasi seorang perempuan refleksi diri sambil berbaring ( Pexels. com/ Cottonbro)

Pernahkah kamu merasa hidup begitu monoton? Meskipun telah melakukan berbagai hal rasanya resah, gelisah, atau bahkan kehilangan arah. Itu tandanya kamu perlu mengenal diri sendiri dengan cara paling sederhana yaitu rebahan dulu, deh.

Ketika kamu memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri dengan rebahan, nanti akan mudah mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Misalnya, jadi tahu apa yang membuatmu tertarik, minat apa yang ingin kamu kembangkan, apa yang kamu butuhkan, dan sebagainya.

Secara perlahan, nanti kamu akan menemukan jati diri, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: 9 Dampak Buruk Jika Kamu Malas Bergerak, Kaum Rebahan Catat!

4. Efektif untuk menghemat uang

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnyailustrasi seorang perempuan rebahan sambil nonton (Pexels.com/ KoolShooters)

Rebahan sebenarnya juga bukan mager, namun ini adalah salah satu cara efektif buat kamu untuk menghemat uang. Jadi, sekali-kali kamu boleh memilih rebahan untuk menghindari keinginan berbelanja di luar.

Lagipula, sekarang juga ada layanan berbelanja online gratis ongkir, sehingga dengan rebahan pun kamu bisa memesan sesuatu dengan mudah. Kamu gak perlu mengeluarkan biaya membeli bensin, nih.

Sehingga, uang tersebut bisa kamu tabung untuk kebutuhan yang lebih penting atau membuat cemilan sendiri di rumah.

5. Bukan malas, rebahan membuatmu terhindar dari stres

5 Alasan Rebahan Gak Melulu Buruk, Ada Manfaatnyailustrasi seorang perempuan bermain smartphone di tempat tidur (Pexels.com/ Andrea Piacquadio)

Memiliki rutinitas sehari-hari entah itu bekerja, mengurus rumah, bersosialisasi, dan sebagainya, tentu membuat kamu merasa lelah. Untuk menghindari stres karena aktivitas tersebut, kamu juga perlu, lho, melakukan rebahan. Jadi, kamu gak perlu risau dianggap malas karena melakukan rebahan.

Sambil rebahan, kamu juga bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat. Misalnya yaitu dengan mendengarkan berita atau podcast yang inspiratif. Jika tidak begitu, kamu bisa mendengarkan musik agar pikiran lebih rileks.

Meskipun rebahan gak selalu buruk, namun jangan berlebihan hingga malas bekerja atau beraktivitas, ya. Jika seperti itu, nanti kamu malah repot sendiri. Ingat, kamu boleh rebahan untuk menenangkan pikiran atau mencari ide kreatif.

Baca Juga: Ternyata Cara Pikir Kita Akan Berbeda saat Rebahan

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Terimakasih sudah membaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya