Comscore Tracker

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidup

Ingat, bahwa hidup akan selalu mengalami perubahan

Apa saja sih hal-hal yang sebenarnya perlu kita ketahui sejak dini? Dengan kamu mengetahui sesuatu sebelum tiba waktunya, terutama bagi kamu-kamu yang masih muda, setidaknya akan lebih mudah menyiapkan diri agar lebih terencana. Lantas apa saja sih hal-hal yang penting dipahami sedini mungkin dalam hidup? 

1. Lingkungan pertemanan akan semakin kecil seiring berjalannya waktu

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidupilustrasi seorang wanita melamun (Unsplash.com/ Artem Maltsev)

Hal pertama yang mungkin bakal kamu alami ketika menginjak dewasa yaitu lingkup pertemanan semakin kecil. Hal ini bisa terjadi bukan karena kalian saling bermusuhan atau bertolak belakang. Namun, karena faktor kesibukan, ada tujuan hidup masing-masing yang harus diraih, dsb.

Bukan gak mungkin, hal seperti itu bisa membuat kamu kesepian. Namun, dengan mengetahui sejak awal, setidaknya akan memudahkan kamu dalam membangun pertemanan yang sehat. Bukan hanya soal kuantitas saja namun juga kualitas.

Maksudnya, cari teman yang bisa memberikan pengaruh positif buat kamu. Entah dalam hal kepribadian, pola pikir, atau sebagai tempat yang nyaman berbagi suka duka tanpa menghakimi. Bukan berarti pilih-pilih, namun siapa pun itu pastikan mereka memberikan pengaruh baik buat diri kamu.

2. Jika ingin dianggap dewasa, perlakukan orang lain dengan sopan dan hargai mereka

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidupilustrasi dua pria bercakap-cakap (Unsplash.com/ Yuvraj Singh)

Momen bertambahnya usia sering kali dikaitkan dengan bertambahnya kedewasaan seseorang. Memang, ketika usia bertambah seharusnya kedewasaan juga mengikuti, baik dalam hal pola pikir dan tindakan. Namun, terkadang kedewasaan juga gak selalu berbanding lurus dengan usia seseorang.

Sebab ketika kita sudah merasa dewasa, terkadang ada indikasi tertentu yang menunjukkan sebaliknya. Misalnya nih kita masih sering memberi makan ego pribadi atau bahkan kurang menghargai orang lain. Memang dalam konteks personal, memenuhi kebutuhan pribadi penting. Namun, dalam hubungan sosial, sifat egois akan merepotkan atau malah merugikan orang lain.

Jadi kalau ingin dianggap dewasa, kita juga perlu belajar menghargai orang lain seperti halnya kita ingin dihargai mereka. Bukan hanya bentuk kesopanan, ini juga menjadi jalan agar kita mudah menerima perbedaan. Sehingga dari sini, akan membuka cara pandang kita lebih luas dalam menilai sesuatu.

Baca Juga: Ladies, Ini 4 Tips agar Mandiri secara Finansial Sedini Mungkin

3. Hindari insecure dengan teman seumuran

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidupilustras seorang pria merenung (Unsplash.com/ Cristofer Maximilian)

Gak bisa dimungkiri perasaan insecure kerap mendatangi dan menghantui perasaan kita. Penyebabnya pun juga bisa beragam. Salah satunya ketika melihat teman seumuran yang lebih berhasil, lantas kita jadi merasa rendah diri.

Memang sih setiap orang ingin berhasil dalam hidupnya. Namun balik lagi, proses, tujuan hidup, atau ritme yang dimiliki oleh setiap orang itu berbeda-beda. Mereka yang berhasil pun pasti memiliki perjuangan sendiri.

Meskipun gak mudah, menghindari insecure dengan teman seumuran penting dilakukan. Caranya dengan fokus untuk refleksi atau mengembangkan usaha-usaha kecil yang kamu lakukan sendiri. Percayalah, ketika kamu mampu menghargai diri sendiri, maka dalam kondisi apa pun akan mudah untuk bersyukur.

4. Jika ingin tahu passion kamu, sibukkan diri dengan gak takut hal baru

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidupilustrasi seorang pria membaca (Unsplash.com/ Toa Heftiba)

Passion memang bukan satu-satunya jalan untuk mencapai keberhasilan. Meskipun begitu, mengejar passion itu penting. Tujuannya agar kita lebih semangat atau antusias dalam menjalani suatu hal, entah pekerjaan, hobi, dan sebagainya.

Untuk mengetahui passion tersebut, salah satu caranya yaitu dengan berani mencoba hal baru. Jangan pernah merasa takut atau pesimis akan kemungkinan-kemungkinan baik atau buruk yang terjadi. Sebab dari proses itu, bisa jadi kamu akan menemukan sesuatu yang kamu banget.

Memang, perjalanan menemukan dan mengasah passion itu panjang. Hal tersebut adalah rangkaian trial and error yang berulang. Itulah sebabnya, jika kamu gagal di percobaan pertama bukan berarti itu bukan passion kamu.

5. Urusan percintaan gak selalu mulus 

5 Hal yang Penting Dipahami Sedini Mungkin dalam Hidupilustrasi seorang sedih (Unsplash.com/ ZSun Fu)

Dalam menjalani hidup ini setiap orang pasti ingin perjalanan cintanya mulus. Namun, ibaratnya air laut, kehidupan percintaan juga bisa mengalami pasang surut. Hal tersebut wajar, yang paling penting yaitu bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut dengan bijaksana.

Misalnya, kamu mengalami patah hati karena seseorang. Sebelum menjalin hubungan baru, akan lebih baik kamu menyembuhkan luka diri terlebih dahulu. Tujuannya agak kamu bisa menjalin hubungan lebih sehat, tanpa mengulang pola yang sama.

Satu lagi, hubungan yang sehat itu sebenarnya perlu komunikasi asertif. Sebab, kita gak bisa berasumsi orang lain tahu apa yang kita butuhkan dan rasakan tanpa komunikasi. Jadi, hal seperti ini penting kita pahami sedini mungkin, ya.

Selain yang disebutkan di atas sebenarnya masih ada banyak hal yang perlu kamu pahami sedini mungkin. Sebab, hidup itu ibaratnya roda berputar yang terus mengalami perubahan. Dengan mengetahui hal tersebut sejak awal, maka akan semakin baik buat kamu ke depannya.

Baca Juga: 5 Kata Ajaib yang Patut Diajarkan pada Anak Sedini Mungkin

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya