Comscore Tracker

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Buruk

Biasakan untuk mencari informasi yang jelas sumbernya, ya!

Apakah kamu pernah membaca berita lalu berujung pada munculnya cemas dan overthinking? Misalnya membaca berita tentang wabah penyakit, tindak kejahatan, atau bahkan musibah tertentu. Kalau kamu pernah merasa seperti itu, hati-hati ini bisa menjadi tanda doomscrolling.

Hal ini ditandai dengan rasa penasaran untuk mencari informasi tertentu, meskipun sebenarnya kamu cemas akan hal tersebut. Semakin kamu menelusuri, perasaan stres bahkan paranoid pun akan muncul. 

Jika sudah begini, bagaimana tips atasi cemas akibat tindakan tersebut? Langsung saja kepoin caranya dan terapkan, ya!

 1. Paksa berhenti ketika kamu sudah merasa cemas

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Burukilustrasi mematikan smartphone (Unsplash.com/ John Tuesday)

Gak bisa dimungkiri saat kita tertarik pada suatu informasi, di saat itu pula akan menelusurinya lebih jauh, kan. Ini sebenarnya bagus agar informasi yang didapat gak setengah-tengah dan lebih paham betul dengan wawasan tersebut. Namun di sisi lain, karena rasa ingin tahu yang tinggi inilah yang menyebabkan rasa cemas itu muncul.

Misalnya, kita melihat berita tentang tindak kejahatan. Dari situ kita akan mencari tahu siapa pelaku, korban, dan juga motif dari tindakan tersebut. Bahkan, pastinya kita akan memikirkan dampak, atau bahkan lebih jauhnya membayangkan bagaimana jika kamu yang berada di posisi tersebut.

Karena ketakutan ini, yang sering kali memicu perasaan cemas itu tadi. Maka dari itulah ketika sudah mulai cemas, paksa diri kamu untuk segera berhenti. Sebab memikirkan kondisi mental kamu lebih penting, meskipun sebenarnya masih penasaran, bukan?

 2. Membatasi diri jangan scrolling berjam-jam

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Burukilustrasi wanita browsing (Unsplash.com/ Kev Castello)

Bagi mayoritas orang, membaca atau menonton berita penting dilakukan. Sebab, ini juga memberikan banyak pengetahuan baru. Utamanya, pada hal-hal atau istilah yang sebelumnya masih awam.

Meskipun begitu, ini akan menjadi masalah jika kita terobsesi dengan berita negatif. Kita jadi ingin terus menggali informasi tersebut. Hingga akhirnya mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biar gak seperti itu, membatasi diri untuk tidak scrolling berjam-jam penting, ya. Misalnya jika biasanya kamu membuka sosial lebih dari 5 jam per hari, bisa kurangi intensitasnya. Dengan cara ini, kemungkinan kamu lebih mudah memilah konten yang tertarik dibaca dan tidak.

 3. Memilih informasi yang jelas sumbernya

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Burukilustrasi membaca berita (Unsplash.com/ LinkedIn Sales Solutions)

Seiring dengan kemajuan teknologi, kita juga dimudahkan mencari informasi yang tepat dan akurat. Namun dibalik kemudahannya, sayangnya gak sedikit pula kita menemui informasi yang belum tentu kebenarannya alias hoax. Biasanya ini berupa informasi dengan judul clickbait untuk menarik banyak pembaca.

Padahal, semakin banyak kita membaca informasi tersebut, maka akan semakin rentan akan kecemasan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk tidak langsung menelan mentah-mentah suatu informasi. Maksudnya, cari tahu kredibilitas berita tersebut terlebih dahulu.

Misalnya, pilih informasi yang jelas akan sumbernya. Dalam hal ini, biasanya mereka akan memuat fakta atau data pendukung yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, kamu juga bisa nih membaca lebih dari satu informasi, lalu bandingkan apakah poin-poin yang disampaikan akurat atau tidak.

Baca Juga: 5 Pemikiran Buruk yang Harus Dihilangkan Sekarang Juga, Merugikan!

 4. Melakukan hobi yang kamu sukai

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Burukilustrasi pria bermain bola (Unsplash.com/ Bailey Torres)

Selain memilih informasi yang jelas sumbernya, kamu juga perlu membatasi diri untuk gak melihat media sosial biar gak selalu cemas. Pada situasi ini, jangan merasa takut ketinggalan informasi. Sebab, kamu bisa mencarinya lagi nanti di saat pikiran tenang.

Lagipula kamu bisa, kok, mengisi waktu dengan kegiatan positif lainnnya. Misalnya dengan melakukan hobi yang kamu sukai. Atau mungkin berkumpul dengan orang-orang terdekat.

Dengan cara tersebut, kamu malah bisa lebih fokus mengembangkan aspek yang selama ini dipelajari. Di lain sisi, memberikan jeda untuk gak selalu melihat media sosial juga akan mengalihkan perhatian untuk gak selalu berpikiran negatif.

 5. Matikan notifikasi media sosial

5 Tips Atasi Cemas setelah Membaca Berita Burukilustrasi wanita fokus (Unsplash.com/ Daria Nepriakhina 🇺🇦)

Kadang kala rasa cemas akibat membaca suatu informasi itu terjadi begitu saja. Misalnya tanpa sengaja kita melihat notifikasi berita di smartphone. Yang meskipun awalnya kita gak berniat melihat, namun akhirnya jadi penasaran.

Padahal, setelah melihat berita tadi, kamu makin merasa was-was dan takut. Jika kalau kamu pernah merasa seperti itu, lebih baik matikan dulu notifikasi pemberitahuan pada smartphone kamu, ya. Ini perlu untuk menjaga suasana hati kamu kembali.

Namun selain faktor dari luar, sebenarnya kita juga memperhatikan dari dalam diri. Maksudnya, kita perlu lebih peka pada kondisi tubuh. Misalnya, kalau kita sudah mulai cemas, berarti perlu istirahat dengan baik.

Sekali lagi, membaca atau menonton berita penting sekali. Dari sini kita bisa belajar sesuatu yang baru atau bahkan lebih berhati-hati. Namun jika memang karena informasi tersebut kamu jadi cemas, lebih baik terapkan tips atasi cemas di atas, ya, untuk membatasi dirimu agar gak selalu mencari informasi tersebut.

Baca Juga: 5 Tanda Mengalami Doomscrolling, Kecanduan Menelusuri Berita Buruk!

Aprilia Nurul Aini Photo Verified Writer Aprilia Nurul Aini

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya