Comscore Tracker

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!

Nomor empat efektif bikin optimis lagi!

Jakarta, IDN Times - Menjalani kehidupan di masa pandemik memang gak mudah. Ditambah dengan ketidakpastian yang kita rasakan baik itu di ranah pekerjaan, finansial hingga kepastian untuk kembali menjalani aktivitas seperti biasanya.

Di situasi yang serba tak pasti seperti sekarang ini, bukan berarti kamu hanya bisa pasrah saja dengan keadaan ini. Faktanya tahun 2021 juga menyimpan banyak harapan lho. Untuk itu, kali ini IDN Times ingin memberikan kamu beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa membangkitkan rasa optimisme kamu. Makanya biar semakin optimis, coba deh ikuti beberapa aktivitas berikut ini.

1. Sesekali disconnect dengan dunia luar dengan ‘puasa’ media sosial

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!Shutterstock/theshots.co

Apa yang terjadi kalau kita melakukan “puasa” media sosial? Christine Moutier, M.D., seorang psikiater sekaligus kepala petugas medis di American Foundation for Suicide Prevention (AFSP) ikut angkat bicara soal penggunaan media sosial selama pandemik. “Melihat konten orang lain yang sudah terkurasi, terpoles sedemikian rupa sehingga hanya menampilkan momen-momen menyenangkan dapat membangun ekspektasi yang tidak realistis dan pengalaman yang destruktif dengan membandingkan diri dengan orang lain,” ungkapnya.

Di situasi seperti kita cenderung dapat merasa terpisah dengan kehidupan kita ditambah dengan masalah lainnya yang dapat bermunculan seperti malah kepercayaan diri, kecemasan, hingga depresi. Hal ini akan mempersulit dirimu sendiri untuk memiliki pola pikir yang optimis nih. Jadi, kalau sudah mulai merasakan hal-hal tadi, gak ada salahnya kok kalau “puasa” dulu biar rasa optimisme kamu pasti lebih cepat balik!

Baca Juga: Tetaplah Optimis! Ini 5 Pelajaran Tersembunyi di Balik Masa-masa Sulit

2. Tetap menjaga hubungan dengan kerabat agar tidak merasa sendirian

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!Shutterstock/engwit Wattakawigran

Manusia adalah makhluk sosial, makanya gak mungkin kita bisa menyelesaikan semua masalah sendirian. Untuk itu, di masa pandemik penting lho buat kamu mulai membangun atau menyambung kembali komunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitar kamu. 

“Good relationships keep us happier and healthier, period.” Hal tersebut disampaikan dengan tegas oleh Dr. Robert Waldinger, seorang Profesor Psikologi Klinis di Universitas Harvard. Penelitiannya menemukan bahwa kondisi emosi manusia sangat bergantung pada apakah mereka termasuk ke dalam suatu kelompok dan kualitas hubungan yang dimiliki. Jadi, coba deh buat tetap berinteraksi dengan orang-orang terdekatmu agar rasa percaya diri dan optimisme kamu tetap full. Ibarat HP, interaksi dengan kerabat itu adalah charger yang akan mengisi daya kamu, guys!

3. Merawat kesehatan diri sendiri dengan mencukupi hidrasi

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!Shutterstock/aslysun

Optimisme dan tubuh yang sehat ini memang saling terikat. Bahkan pada salah satu jurnal yang ditulis oleh Alan Rozanski, et al, menemukan bahwa orang yang optimis memiliki risiko mendapat serangan jantung 35% lebih rendah dibandingkan mereka yang pesimis. Dan untuk menjaga optimisme yang kamu miliki, tentu kamu juga harus merawat kesehatan tubuh. Salah satu caranya yang paling mudah adalah dengan mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh.

Untuk pria dewasa dibutuhkan paling tidak 2,5 L air putih, sementara untuk wanita dewasa butuh 2,3 L air mineral dalam sehari. Untungnya sekarang kita gak perlu kesulitan buat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, karena AQUA sebagai perusahaan air mineral di Indonesia bertekad melanjutkan komitmennya dalam menyediakan air mineral untuk memenuhi kebutuhan hidrasi masyarakat Indonesia.

“Meskipun kita masih berada di situasi yang tidak menentu ini, AQUA akan terus menjaga rasa optimisme bersama agar kita bisa tetap semangat selama pandemi. Untuk itu, AQUA melanjutkan komitmennya dalam memenuhi kebutuhan hidrasi sehat masyarakat Indonesia dengan menyediakan air mineral berkualitas dengan triple protection, yaitu air yang terlindungi sumber airnya, terlindungi mineral alaminya, dan terlindungi prosesnya sampai ke tangan konsumen,” ujar Jeffri Ricardo selaku Marketing Manager AQUA.

4. Punya kesibukan adalah kunci

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!Shutterstock/Odua Images

Saat jadwal kegiatan kita dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan yang produktif, kita juga akan lebih kuat dan gak mudah stres karena pandemik. Buat yang satu ini kita harus melihat sosok Yahrotul Aliyah yang juga seorang guru Madrasah Ibtidaiyah(MI).

Saat banyak orang bisa bekerja dari rumah, ia harus tetap berangkat ke sekolah setiap hari untuk mempersiapkan materi belajar daring bagi para muridnya yang belajar dari rumah. Setiap hari pula beliau mengendarai motor lamanya yang sudah tidak bagus. Untungnya Yahrotul merupakan salah satu pemenang beruntung yang mendapatkan satu buah sepeda motor yang saat ini ia manfaatkan untuk berkendara ke sekolah dari program #HatiHarusOptimis yang merupakan salah satu inisiatif AQUA. 

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!IDN Times/AQUA

“Sekarang lebih lancar berkendara ke sekolah tiap hari dengan motor baru. Semoga hadiah ini jadi manfaat juga bagi anak didik, membantu agar mereka lancar belajarnya hingga mencapai mimpi-mimpi mereka nanti,” ungkap Yahrotul penuh syukur. 

Program #HatiHarusOptimis ini bermaksud untuk membantu masyarakat agar lebih optimis selama melalui masa pandemik. AQUA telah menyebarkan kode unik yang ada di badan botol AQUA yang dapat dikirim oleh konsumen. Para konsumen berkesempatan mendapatkan total hadiah senilai miliaran Rupiah di antaranya berupa ribuan voucher belanja dan voucher listrik, 350 tabungan pendidikan sebesar Rp4 juta, 75 sepeda lipat, 50 laptop dan modem internet, 20 sepeda motor, hadiah utama tabungan keluarga sebesar Rp100 juta, dan masih banyak lagi. Program promosi AQUA #HatiHarusOptimis ini telah dilaksanakan pada 2 November 2020 dan resmi berakhir pada 31 Januari 2021.

5. Selalu ada peluang untuk bekerja dan bisnis

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!Shutterstock/Sorapop Udomsri

Berita di awal pandemik tentang potensi menurunnya pertumbuhan ekonomi hingga PHK yang menjadi momok mungkin sempat menghantui pikiran kita selama beberapa waktu. Jika ini terjadi sama kamu, bukan berarti kamu bertemu jalan buntu kok, faktanya masih ada peluang untuk bekerja maupun berbisnis yang bisa kamu manfaatkan seperti halnya yang dilakukan oleh Catur Wibisono yang selalu semangat dan terus mencoba apapun tantangannya.

5 Hal Ini Disebut Sumber “Spark Joy”, Bikin Optimis Saat Pandemik!IDN Times/AQUA

Dengan optimisme yang dimilikinya, Catur Wibisono yang berprofesi sebagai pengusaha toko online ini gak menyerah dan terus mengadaptasi keperluan toko sedemikian rupa. Salah satu kunci yang ia gunakan adalah dengan lebih jeli saat mempertimbangkan peluang. Berkat rasa optimis yang ia miliki, Catur Wibisono berhasil memenangkan hadiah utama #HatiHarusOptimis dari AQUA berupa tabungan keluarga sebesar Rp100 juta.

“Ketika mencoba promo AQUA dan dapat hadiahnya, kaget sekali. Saya bersyukur, hadiah ini nanti akan dapat membantu menjamin masa depan anak saya, keperluan rumah tangga, hingga tabungan kesehatan di masa sulit ini. Kini saya bisa lebih optimis dan fokus dalam mengelola toko,” Ujar Catur saat menceritakan pengalamannya saat memenangkan #HatiHarusOptimis dari AQUA.

Ternyata saat berada di situasi yang serba gak pasti ini kita masih punya banyak hal yang bikin optimis ya, guys! Nah, kalau kamu apa nih yang paling bikin optimis lagi selama pandemik? (CSC)

Baca Juga: Udah Tahu? Ini 7 Alasan Kamu Harus Minum Air Putih Setiap Pagi Hari

Topic:

  • Anindya Roswita Putri
  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya