Comscore Tracker

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! 

Terapkan prinsip zero waste mulai dari hal kecil!

Pemakaian plastik tentunya tidak dapat enyah begitu saja, tetapi setidaknya kamu bisa mengurangi pemakaiannya. Sudah banyak dikampanyekan oleh banyak orang terkemuka dan dilakukan di berbagai negara untuk mengurangi sampah plastik, tapi semua itu tetap kembali pada kesadaran diri dan dimulai dari hal kecil. Yuk kurangi sampah saat hangout dengan 5 cara ini! 

1. Membawa botol tumblr untuk isi ulang saat membeli minuman

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! pixabay/926663

Dengan membawa botol minum sendiri dapat mengurangi pemakaian plastik, hal ini juga bisa menghindarkanmu dari virus dan bakteri yang terdapat pada kemasan plastik. Banyak sekali beberapa kafe yang menjual botol tumblr yang dapat ditukarkan dengan diskon saat pembelian minuman. Jadi, kamu bisa berhemat juga saat hangout

2. Pesan makanan yang bisa kamu habiskan, jangan buang-buang sisa makanan!

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! pixabay/Cattalin

Ketika kamu berada di restoran, pastikan kamu tidak membeli makanan terlalu banyak. Pilihlah yang sesuai dengan porsi makanmu agar tidak membuang-buang makanan. Karena nantinya akan menjadi sampah. Jika perlu, kamu bisa menanyakan dulu kepada pelayan restoran mengenai porsinya. 

3. Membawa wadah sendiri ketika akan membeli makanan

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! pixabay/Yujun

Beberapa tempat masih menggunakan kertas, plastik, dan styrofoam yang tentunya menyebabkan sampah menumpuk. Nah, kamu bisa membawa tempat makan sendiri untuk membeli makanan di restoran. Hal ini dirasa lebih higienis dan tentunya bisa mengurangi penumpukan sampah. 

Baca Juga: Zero Waste Lifestyle Alias Gaya Hidup tanpa Sampah, Berani Coba?

4. Selalu bawa sedotan pakai ulang yang terbuat dari stainless

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! shellcrecksellers.com

Baru dibuktikan akhir-akhir ini bahwa pemakaian sedotan dapat membahayakan lingkungan. Sehingga banyak sekali beberapa restoran dan kafe yang sudah tidak menyediakan sedotan. Bahkan ada juga kafe yang memakai stainless straw untuk para pengunjungnya. Nah, untuk amannya, kamu lebih baik membawa sendiri ya! 

5. Bawalah sapu tangan untuk mengurangi pemakaian tisu

Ingin Hangout dengan Prinsip Zero Waste? Terapkan 5 Cara Ini! pixabay/Bru-nO

Sebagai sampah, tisu memang tidak terlihat seperti sampah plastik. Namun peningkatan penggunaan tisu yang semakin tinggi, tentu meningkatkan jumlah sampah itu sendiri. Selain itu, tisu juga terbuat dari baku serat kayu sehingga banyak pohon ditebang untuk pembuatan tisu. Maka dari itu, jika hangout ke restoran atau kafe, hendaknya kamu membawa sapu tangan untuk mengelap kotoran. 

Pastinya itu tadi merupakan langkah kecil untuk menerapkan zero waste. Dimulai dari hangout dengan prinsip zero waste, diharapkan bisa membantu mengurangi sampah ya! 

Baca Juga: Ramah Lingkungan, 5 Merek Makeup Zero Waste Ini Paling Recommended

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Pinka Wima

Just For You