Comscore Tracker

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!

Gak hanya barang, dirimu sendiri juga perlu dikelola!

Kalau Jepang punya metode untuk menjadi manusia minimalis, negara Swedia juga punya Death Cleaning untuk menjadikanmu manusia yang lebih mengelola diri sendiri dan perasaanmu.

Kamu bisa memulai gaya hidup ini mulai dari sekarang dengan 5 langkah kecil di bawah ini. Tentunya, hal ini akan membuatmu lebih mencintai diri sendiri dan mampu mengelola emosi! 

1. Rapikan rumahmu dengan memindah-mindahkan barang dengan ukuran besar lebih dulu

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!Pexels/Bruce Mars

Sebaiknya, kamu pindahkan dulu barang-barang yang berukuran besar dan tata sesuai kemauanmu. Hal ini dikarenakan barang yang berukuran besar akan lebih terlihat di sebuah ruangan.

Setelah memindah-mindahkan barang tersebut, baru kamu bisa mengorganisasi barang-barang kecil seperti foto-foto lama atau baju-baju. 

2. Membuat list dokumen penting dan password

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!Pexels/Pixabay

Cobalah untuk melirik dokumen-dokumen yang pernah kamu miliki. Berapa banyak yang berserakan dan tidak terurus? Kamu bisa merapikan dokumen-dokumen tersebut pada satu wadah karena kelak, kamu akan memerlukannya.

Selain itu, cobalah untuk mencatat password apa pun yang ada di handphone maupun di laptopmu. Hal itu dapat mengurangi risiko lupa yang selalu melekat pada diri manusia. 

3. Donasikan barang-barang yang sudah tidak kamu pakai

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!Pexels/Francesco Paggiaro

Kemudian, kamu bisa cek lemarimu. Temukan barang-barang yang sudah tidak kamu pakai. Bisa berupa baju yang sudah usang, baju yang sudah tidak muat dipakai, atau buku-buku zaman sekolah.

Tentunya, sudah habis manfaatnya, bukan? Daripada barang tersebut memenuhi lemari, alangkah baiknya barang tersebut kamu donasikan pada yang lebih membutuhkan. 

Baca Juga: 5 Hal Ini Penting Dilakukan Untuk Mencintai Diri Sendiri, Jangan Lupa!

4. Berikan motivasi untuk dirimu bahwa tidak semua barang harus kamu beli

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!Pexels/Artem Beliakin

Awalnya, memang akan terasa sangat sulit karena sifat dasar manusia adalah selalu ingin memuaskan dirinya sendiri. Salah satunya caranya adalah membeli barang apa pun yang diinginkan.

Nah, sudah saatnya kamu memberikan motivasi pada diri sendiri agar tidak perlu membeli semua barang. Apalagi, kalau mengingat sudah banyak barang yang terisi di rumahmu. 

5. Buatlah satu box atau satu ruang untuk menyimpan memori tentang dirimu

Gak Cuma Jepang, 5 Gaya Hidup Death Cleaning Swedia Juga Bisa Dicoba!Pexels/Nappy

Setiap orang pasti memiliki privasi dan ingin menikmatinya, bukan? Untuk itu, gak ada salahnya kalau kamu memberikan satu ruang atau satu buah box yang berisikan kenangan bersama orang terdekat.

Kamu juga bisa menyimpan barang-barang pemberian mereka di sebuah box, lho! Mengingat masa indah akan membuatmu lebih termotivasi menjalani hidup! 

Kelima langkah kecil tadi sudah bisa kamu praktikkan mulai dari sekarang ya! 

Baca Juga: Jangan Tunda Lagi, 5 Dampak Perubahan Besar Mencintai Diri Sendiri

Topic:

  • Arlinda Nidia Corinna
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya