Comscore Tracker

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badan

Bye-bye bau badan!

Seringkali saat beraktivitas tubuh menghasilkan keringat. Dalam tubuh terdapat dua kelenjar keringat, kelenjar apokrin yang menghasilkan keringat yang berbau. Sedangkan kelenjar accrine memproduksi kelenjar bening dan tidak berbau sejak kita masih bayi.  Akan tetapi sering kali keringat memiliki bau yang tidak sedap. Tentunya bau keringat yang tidak sedap mengganggu aktivitas kita dan orang lain yang akhirnya menurunkan rasa percaya diri yang kita miliki. Nah, berikut adalah tujuh tips menghilangkan bau badan secara alami! 

1. Daun sirih

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanidntimes/Asti Pujiningtyas

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun sirih dapat membantu kalian untuk menjaga kesehatan. Kandungan lain seperti eogenol, kavinol, karvakol dan zat samak yang dapat membantu mengusir bau badan kalian. Selain dimanfaatkan untuk mengusir bau badan, daun sirih juga dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan sabun organ vital wanita. Pemanfaatan daun sirih untuk menghilangkan bau badan cukup mudah. caranya, ambil daun sirih kemudian rebus dengan dua gelas air. Setelahnya campurkan ke dalam air mandi kalian. Untuk hasil terbaik, lakukan dengan rutin ya! 

2. Temulawak

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/pixabay

Minyak atsiri, sapomin, dan flavoinoida yang terkandung dalam temulawak dapat membantu menghilangkan bau badan kalian. Caranya mudah, parut temulawak setelahnya tambahkan air dan peras dengan kain. Lalu minum! 

3. Jeruk nipis

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/icon0.com

Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid dan vitamin c yang tentunya dapat membantu kalian menghilangkan bau badan. Pemanfaatan jeruk nipis untuk menghilangkan bau badan cukup mudah, ambil jeruk nipis kemudian potong-potong. Setelahnya, ucapkan pada ketiak kalian. Untuk hasil terbaik, lakukan secara rutin ya! 

4. Mentimun

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/pixabay

Kandungan vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan mangan, vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga terdapat dalam mentimun. Selain dapat digunakan untuk kecantikan, kandungan antibakterial pada mentimun juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi bau badan. Caranya mudah, ambil mentimun dan gunakan sebagai masker ketiak.

Baca Juga: 10 Makanan yang Mampu Mengusir Bau Badan

5. Bawang putih

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/Nick Collins

Meskipun bawang putih memiliki bau yang menyengat, akan tetapi kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu kalian menghilangkan bau badan loh! Caranya mudah, ambil bawang putih kemudian iris-iris, balurkan ke area ketiak secara lembut  kemudian bilas dengan air hingga bersih. 

6. Kemangi

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/ rawpixel.com

Kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang khasiatnya mampu untuk menghilangkan bau badan pada tubuh kalian. Selain itu kemangi juga bermanfaat sebagai antiseptik. Untuk mengurangi bau badan dengan kemangi cukup mudah, ambil kemangi, cuci dengan bersih dan makan kemangi sebagai lalapan. Cara lainnya, kalian bisa membuat kemangi menjadi teh. 

7. Jeruk purut

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Badanpexels/Lisa Fotios

Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah jeruk purut. Kandungan vitamin A, vitamin C, sodium, kalori, zat besi, kalsium, gula, karbohidrat dalam jeruk purut tentunya bermanfaat bagi tubuh kita. Selain itu, jeruk purut juga memiliki kandungan asam sitrat yang mampu membunuh bakteri penyebab bau dan jamur pada ketiak. Cara pengaplikasiannya cukup mudah, iris jeruk purut dan oleskan pada ketiak sehabis mandi.

Sebelum menggunakan bahan-bahan berbahaya, sebaiknya lebih dulu mencoba bahan-bahan alami di atas untuk meminimalisir bau badan. Ingat, kalau kalian bau badan bisa mengganggu orang lain, loh.

Baca Juga: Ini 8 Penyebab Bau Badan yang Sering Orang Lupakan, Sadarilah Segera

Armita Dewi Cahyanti Photo Community Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You