Comscore Tracker

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib Tahu

Konsistensi dan niat #RamadanDiRumah adalah kuncinya

Ramadan menjadi salah satu momen spesial yang selalu dinanti kehadirannya oleh umat muslim di seluruh penjuru dunia. Berbeda dengan bulan-bulan lainnya, bulan Ramadan memiliki banyak sekali keutamaannya. Tentunya, hal inilah yang membuat umat muslim berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah selama Ramadan. 

Melewatkan bulan Ramadan dengan ibadah yang begitu saja, tak jarang menimbulkan penyesalan dalam diri kalian. Namun, seringkali kita butuh semangat dan panduan supaya bisa menjadi lebih baik dari hari ke hari. 

Nah, biar Ramadanmu makin berkah, berikut lima langkah untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadan. Yuk, lakukan! 

1. Buat target ibadah yang ingin kamu capai selama bulan Ramadan

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib TahuPexels/Ali Arapoglu

Salah satu hal yang paling penting untuk dapat meningkatkan ibadah dalam bulan Ramadan adalah persiapan dan perencanaan yang tepat. Selama bulan Ramadan, tak hanya puasa wajib, ibadah-ibadah sunnah yang lain seperti tadarus Al-Qur'an, sedekah maupun menjalankan amalan harian akan dilipat gandakan pahalanya. 

Tentu penting bagi kita untuk merencanakan dan menarget ibadah yang akan kita lakukan. Misalnya target baca Al-Qur'an, target salat sunnah, target sedekah maupun ibadah-ibadah yang lainnya.

Tetapi perlu diingat, bukan hanya kuantitas melainkan juga dalam menjalankan ibadah kita juga patut memperhatikan kualitas dari ibadah yang kita lakukan.

2. Membagi target ibadah menjadi target harian

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib TahuPexels/abdulmeilk majid

Setelah membuat dan mempersiapkan target ibadah yang ingin dicapai selama bulan Ramadan, kalian wajib untuk membagi target-target tersebut menjadi target harian. Selain memudahkan, target harian juga berguna untuk memonitoring ibadah yang kalian lakukan dalam setiap harinya. 

Kalian bisa membuat target harian menjadi semacam to do list yang hendak kalian lakukan, usahakan untuk kalian perbarui dalam tiap harinya. Jika sudah berhasil kalian lakukan, centang target tersebut.

Ketercapaian kalian dalam mencapai ibadah tersebut bisa memotivasi untuk terus melakukan dan memperbaiki supaya lebih baik lagi dan lagi. Yok, semangat yok! 

Baca Juga: 6 Anjuran Amal Ibadah Rasulullah SAW di Bulan Ramadan, Patut Ditiru

3. Niatkan dengan sungguh-sungguh, konsisten dan ikhlas

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib TahuPexels/Abdullah Ghatasheh

Salah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan adalah niat yang sungguh-sungguh. Sebagus apapun strategi yang kalian persiapkan, namun niat yang kalian miliki rendah pastinya akan berakhir dengan sia-sia. Rasa malas akan mendominasi diri kalian lantas menjadi tertunda dan berakhir dengan terlewatkan. 

Maka, dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan, kalian wajib untuk mempersiapkan niat yang sungguh-sungguh, konsistensi dan juga rasa ikhlas. Mungkin di awal-awal akan terasa berat, namun ketika berhasil melaluinya, hari-hari setelahnya akan bikin nagih untuk melakukan hal yang serupa.

Tentunya besar harapan kalian untuk tetap beribadah dengan giat setelah Ramadan. Yuk, perbaiki niat dan konsistensi! 

4. Usahakan tidak tidur sehabis sahur

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib Tahuspreihotelmurah.com

Sahur tentunya menjadi momen yang wajib kita lakukan supaya kita kuat untuk menahan lapar dan haus saat berpuasa. Namun, yang menjadi masalah adalah rasa kantuk yang timbul setelah selesai menjalankan sahur. Nyatanya, kebiasaan tidur setelah sahur wajib dihindari. 

Tidur setelah sahur bisa mengundang beberapa penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Diantaranya penyakit-penyakit itu seperti nyeri ulu hati, GERD, makanan yang tidak dapat dicerna secara sempurna, serangan jantung, obesitas dan yang lainnya.

Gak jarang ketika tubuh menjadi kurang sehat, kualitas maupun kuantitas dari ibadah yang kita lakukan juga ikut menurun. Tak hanya itu, tidur setelah sahur juga akan memengaruhi mood yang kalian miliki. Jadi, usahakan jangan tidur lagi ya sehabis sahur! 

5. Dengarkan kajian-kajian supaya semangatmu tetap terjaga

5 Langkah Menaikkan Semangat Ibadah Selama Ramadan, Muslim Wajib TahuPexels/Mentatdgt

Gak jarang semangat menggebu-gebu yang kita miliki diawal Ramadan menjadi kendor seiring berjalannya waktu. Salah satu hal yang dapat membantu untuk mempertahankan semangat itu adalah dengan mendengarkan kajian-kajian atau membaca buku islami. Meski tidak boleh keluar rumah, saat ini terdapat berbagai macam kajian yang disiarkan melalui gawai yang kalian miliki. 

Gak hanya itu, mendengarkan kajian pastinya akan menambah ilmu yang kalian miliki. Seperti yang kalian tahu, ilmu sebelum beramal amatlah sangat penting. Hal ini dikarenakan dengan ilmu kita menjadi tahu ibadah yang benar sesuai dengan syariat dan sunnah. Yuk, biasakan mencari ilmu dulu sebelum berbuat. 

Nah, itulah lima cara yang dapat kalian lakukan untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadan. Kita tak pernah tau, ibadah mana yang akan diterima oleh Allah SWT, jadi yang bisa kita lakukan adalah menjalankan sebaik mungkin. Yuk, coba dan praktikkan! 

Baca Juga: 5 Syarat Wajib Puasa Ramadan, Pahami Agar Ibadah Kamu Sah!

Armita Dewi Cahyanti Photo Verified Writer Armita Dewi Cahyanti

Manusia yang suka membagikan apa yang dibenaknya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya