Comscore Tracker

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero Waste

Kamu hanya perlu mengubah mindsetmu tentang sampah

Zero Waste Lifestyle atau gaya hidup tanpa sampah (minim sampah) menjadi hal yang semakin dekat dengan para millennials. Kesadaran akan dampak buruk sampah, terutama sampah plastik, semakin menjadi tren. Banyak restoran populer yang mulai menerapkan #nostrawmovement. Nah, bagaimana dengan kita? Siapkah kita menjadi seorang pelaku gaya hidup Zero Waste? Simak tipsnya sebagai berikut.

1. Ubah mindsetmu tentang sampah

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero WastePexels/Bruce Mars

Bayangkan jika hidup kita dikelilingi oleh sampah. Kita tentu tidak menyukainya sama sekali, bukan? Tidak hanya kotor, tapi sampah juga membahayakan sumber-sumber kehidupan kita! Air yang tercemar, udara yang berpolusi, dan tanah yang tertutup plastik!

2. Say no to plastic straw

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero WastePexels/mentatdgt

Sedotan plastik adalah salah satu penyumbang terbesar pencemaran air laut. Dan ada sekitar 90 juta batang sedotan plastik yang dipakai oleh orang Indonesia setiap harinya. Kemana sedotan plastik itu dibuang dan bermuara? Tebak sendiri ya!

3. Say no to plastic bag

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero WastePexels/rawpixel.com

Jika kamu belanja di toko retail atau warung, tolaklah tas plastik kresek yang ditawarkan oleh kasir. Bawalah sendiri barang belanjaanmu atau masukkan ke dalam tas yang kamu bawa.

Baca Juga: Ini 5 Fakta di Balik Daur Ulang Botol Plastik yang Bikin Kaget

4. Bawa peralatan jajanmu sendiri

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero Wasteplixs.com/olly

Siapkan tas khusus berisi peralatan jajanmu. Sedotan bambu/ stainless stell, sendok garpu atau sumpit, gelas tumbler, dan kain saputangan sebagai pengganti tissu.

5. Bawa air putihmu sendiri

5 Tips Mudah Memulai Gaya Hidup Zero Wastewww.baylorhearthospital.com

Tentu saja dalam botol minumanmu sendiri ya. Bawa kemana saja kamu pergi. Meskipun kamu mampu membeli sebotol air putih tapi botol plastiknya tak mampu kamu urai. Setidaknya kamu tidak menjadi penyumbang sebuah sampah botol plastik.

Bagaimana? Mudah, kan? Ayo cintai bumi kita. Mulailah menjadi pelaku Zero Waste sekarang juga.

Baca Juga: 10 Solusi Kreatif Ubah Sampah Plastik Jadi Barang Keren

Arnida Santi Kusumo Photo Writer Arnida Santi Kusumo

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya