Comscore Tracker

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happiness

Ternyata bahagia itu sederhana, lho

Happiness telah merampungkan episode dua belasnya pada Sabtu (11/12/2021) lalu. Drama yang dibintangi Park Hyung Sik dan Han Hyo Joo ini mengisahkan perjuangan bertahan hidup di tengah suasana serangan penyakit orang gila yang begitu kacau. Padahal, judul drama ini adalah "happiness" yang berarti kebahagiaan.

Dari episode pertama, penonton telah disuguhkan dengan adegan yang penuh misteri dan menegangkan. Penonton pun jadi beranggapan bahwa jalan cerita ini tidak sesuai dengan judul dramanya. Namun, di balik itu semua ternyata drama Happiness mengandung pesan tersirat tentang makna kebahagiaan, seperti lima di antaranya berikut ini.

1. Kebahagiaan tak melulu diukur dari materi dan status sosial

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happinesscuplikan KDrama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Banyak yang beranggapan bahwa materi dan status sosial adalah segalanya. Tak mengherankan bila banyak orang yang mengejarnya. Namun, semakin dikejar, malah kian menjauh. Tak dapat digapai, manusia pun menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Ini juga yang ditampakkan dalam episode kedua. Rekan kerja Yoon Sae Bom (Han Hyo Joo), Lee Seung Yeong (Lee Kyu Hyung), berani mempertaruhkan nyawanya demi uang. Ia bersengkokol dengan seorang wartawan untuk mendapatkan gambar dan video orang-orang yang terinfeksi "penyakit orang gila". Ia memberanikan diri masuk ke dalam kontainer untuk merekam kondisi para orang yang terinfeksi.

Naas, ketika hendak keluar, pintu kontainer justru terkunci. Ia berteriak minta tolong yang akhirnya malah membangunkan para zombie. Meski para prajurit telah berusaha menolongnya untuk keluar dari kontainer, tapi ia tetap tergigit dan terinfeksi.

2. Kebahagiaan tidak pernah sejalan dengan keserakahan

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happinesscuplikan KDrama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Banyak orang yang merasa tidak cukup atas apa yang dipunyai saat ini. Karena itulah, keserakahan dapat muncul. Orang yang dikuasai hawa nafsu keserakahan dapat mendorongnya melakukan berbagai macam cara.

Ini yang ditampakkan Andrew (Lee Joo Seung) saat tega membunuh Kim Se Hoon (Han Joon Woo), agar bisa menguasai apartemennya dan segala isinya. Ada juga pasutri cleaning service bernama Go Se Gyu (Kim Young Woong) dan Ji Moon Hee (Lee Ji Ha) yang dikuasai hawa nafsu keserakahan saat melihat sejumlah perhiasan milik orang lain.

Pada akhirnya, mereka mendapat karmanya masing-masing. Sebab itulah, manusia perlu ditopang iman yang teguh dan patut belajar bersyukur.

Baca Juga: 10 Quotes Menarik dari Drama Happiness, Ajarkan Cara Bertahan Hidup!

3. Kebahagiaan tidak akan pernah terjadi bila kita terus berprasangka buruk

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happinesscuplikan KDrama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Interaksi sesama manusia tidak terlepas dari proses kognitif otak. Informasi yang diterima pancaindra akan melahirkan kesimpulan berupa penilaian positif atau negatif. Hal ini juga terjadi pada penghuni apartemen, termasuk Kim Jae Gook (Lee Joon Hyuk).

Mereka telah menuduh Yoon Sae Bom (Han Hyo Joo) dan Jung Yi Hyun (Park Hyung Sik) telah terinfeksi dan harus keluar dari apartemen. Untuk membuktikannya, Sae Bom pun mengumpulkan semua penghuni apartemen dalam satu ruangan.

Jung Yi Hyun langsung mengambil pisau dari tangan Sae Bom dan menggores tangannya. Tak disangka, petugas minimarket, Lee Bo Ram (Han Da Sol), langsung bertransformasi menjadi zombie. Setelah kejadian itu, para penghuni meminta maaf kepada Sae Bom dan Yi Hyun karena telah menuduh tanpa bukti.

4. Kebahagiaan dapat tercipta bila kita hidup rukun

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happinesscuplikan KDrama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Hidup rukun dapat dikatakan saling menghormati dan mengasihi. Suasana ini dapat mendorong terciptanya kebahagiaan, ketenteraman, dan kedamaian di antara manusia. Terlebih lagi, manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain.

Banyak adegan dalam Happiness yang menunjukkan ketidakrukunan antar penghuni. Mereka saling curiga, egois, dan mementingkan diri sendiri supaya bisa selamat. Bahkan, ada yang sampai saling membunuh untuk mencapai tujuannya. Pada akhirnya, sikap tersebut hanyalah mendatangkan kesukaran baginya.

5. Kebahagiaan menghampiri kita bila memandang situasi dari sudut pandang positif

5 Makna Kebahagiaan dari Drama Thriller Happinesscuplikan KDrama Happiness (instagram.com/tvn_drama)

Memang bukan perkara yang mudah karena manusia punya negativity bias, yakni kecenderungan lebih perhatian kepada hal-hal negatif. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan, lho. Isilah pikiranmu dengan hal-hal positif, seperti yang dilakukan Sae Bom.

Yi Hyun yang sudah terinfeksi dan berubah jadi zombie pun dijemput oleh Sae Bom. Dengan kata-kata positif yang diucapkan Sae Bom secara lemah lembut, akhirnya rasa takut itu luntur seketika.

Setelah menyimak ulasan di atas, kita baru menyadari bahwa kebahagiaan ternyata sesederhana itu dan tak begitu sulit digapai. Kita sendiri yang dapat menciptakan kebahagiaan itu, bukan orang lain.

Baca Juga: Minim Skinship, 10 Adu Romantis Couple KDrama Vincenzo vs Happiness

Arsiaty Sumule Photo Verified Writer Arsiaty Sumule

Oraet labora

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya