Comscore Tracker

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak Bahagia

Kamu masih melakukan hal di bawah ini?

Setiap orang tentu menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya. Hidup dalam kebahagiaan nyatanya lebih menyenangkan ketimbang dalam kesulitan. Namun, bahagia atau tidaknya kita bukan tergantung dari keadaan. Itu tergantung dari pilihan kita sendiri. Sehingga dalam keadaan sulit pun kita bisa bahagia karena kita memilih untuk bahagia. 

Namun tidak banyak yang melakukan hal tersebut. Masih banyak orang yang hidupnya tidak bahagia karena mereka tidak memilih untuk bahagia. Hal itu karena mereka masih memelihara hal-hal di bawah ini yang nyatanya membuat hidup jadi tidak bahagia.

1. Terlalu banyak mengeluh

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak BahagiaPexels.com/Moose Photos

Kebiasaan yang paling sering kita lakukan adalah mengeluh. Padahal tanpa disadari, keluhan-keluhan itu akan membuat kamu tidak bahagia. Tidak selamanya apa yang kamu harapkan berjalan sesuai dengan keinginan. Ada saat kamu bahagia, tertawa lepas, bercanda gurau. Ada juga saat kamu menangis, sakit hati, gagal dan putus asa.

Semuanya tergantung kamu mau merespon semuanya itu bagaimana. Kalau kamu mengeluh, itu hanya akan menambah bebanmu dan perasaanmu akan jadi tidak tenang. Kamu juga tidak akan bisa berpikir jernih apabila kamu terus-terusan mengeluh. 

2. Tidak menghargai diri sendiri

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak BahagiaPexels.com/Pixabay

Tidak menghargai diri sendiri sama halnya dengan tidak menerima apa yang dimiliki diri sendiri. Kamu terlalu sibuk mengomentari dirimu. Bahkan yang lebih parah adalah kamu menyesal dengan keadaan dirimu sampai mengutuknya.

Kamu tidak akan pernah bisa bahagia kalau kamu tidak menerima kekurangan dirimu. Cobalah bersyukur dengan apa yang dimiliki oleh dirimu. Jangan memaksakan dirimu untuk menjadi seperti yang lain. Menikmati segala yang ada pada diri kamu akan jauh membuatmu bahagia.

Baca Juga: Bikin Bahagia, Ini 7 Tanda Kamu Orang yang Suka Bersyukur

3. Terlalu khawatir akan masa depan

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak BahagiaPixabay.com/Free-Photos

Tak ada salahnya memikirkan masa depan. Namun, kamu perlu tahu bahwa tidak seorang pun yang dapat memprediksi masa depannya akan seperti apa. Kalau kamu terlalu khawatir, maka itu hanya akan membuang waktumu saja. Kekhawatiran tersebut hanya akan melemahkan pikiranmu. Perasaanmu juga akan tidak tenang.

Kalau sudah begini, kamu tidak akan fokus dalam melakukan apapun. Cobalah untuk tidak khawatir. Kamu hanya bisa mempersiapkan dirimu dengan sebaik mungkin sekarang ini. Soal masa depan, Tuhan pasti buka jalan buat kamu, kok.

4. Terlalu takut kehilangan

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak BahagiaPexels.com/luzmam khan

Perasaan takut kehilangan apalagi kehilangan sesuatu atau seseorang yang berarti dalam hidup kita juga bisa menjadi penyebab tidak adanya rasa bahagia dalam hidup kamu. Hal ini dikarenakan kamu terlalu memikirkan dan berfokus pada apa yang belum pasti terjadi.

Kalau sudah begini, kamu sudah sangat insecure dengan diri kamu sehingga yang ada dipikiranmu adalah hal-hal negatif. Kalau kamu memang punya trauma kehilangan di masa lalu, jangan biarkan itu mengganggumu. Cobalah untuk melupakannya agar kamu lebih lega dan bahagia.

5. Rasa iri dengan kehidupan orang lain

Sering Tak Disadari, Ini 5 Hal yang Membuat Hidup Kamu Tidak BahagiaPexels.com/Pixabay

Salah satu hal yang dapat merenggut kebahagiaan adalah rasa iri terhadap orang lain. Ketika melihat orang lain sukses atau berhasil, kamu merasa iri dengan mereka. Kamu terlalu fokus dengan kehidupan orang lain dibandingkan dirimu sendiri.

Cobalah berhenti untuk iri hati dan membandingkan hidupmu dengan orang lain. Mulailah menenun kesuksesanmu sendiri dengan apa yang diri kamu miliki. Niscaya kamu juga akan berhasil.

Beberapa hal diatas itu yang seringkali membuat siapa saja tidak bahagia. Sesungguhnya, bahagia itu sederhana kok. Itu cuma tergantung pilihan kamu. Bahagia itu kamu yang cipta. Jadi masih mau hidup dalam ketidakbahagiaan?

Baca Juga: Ini 10 Fakta Negara Paling Bahagia, Finlandia, yang Harus Kamu Tahu

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You