Comscore Tracker

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yuk

Bisa dengan cara yang sederhana lho #IWF2020

Peran media sosial atau medsos di era digital saat ini tidak hanya menjadi kanal penyampai ide atau gagasan penggunanya saja tetapi juga menjadi salah satu sumber utama bagi pembuatan artikel di media online. Apalagi untuk kebutuhan konten di tajuk hiburan, keberadaan medsos memiliki peran yang sangat penting.

Menurut Muhammad Bimo A. yang sehari-harinya membuat artikel seputar hiburan di IDN Times, kejadian lucu yang kemudian viral di medsos pasti menjadi sumber utama pembuatan artikel. Bahkan tidak sedikit konten menarik yang belum viral di medsos kemudian menjadi topik hangat di kalangan warganet setelah dijadikan artikel di media online.

Bagaimana kiat jitu agar konten di medsos bisa menjadi artikel viral di media online? Berikut ini ulasannya.

1. Mengecek daftar topik terhangat warganet atau trending topic

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yukyoutube.com/IDN Times

Sebagian besar jurnalis di media online pasti memeriksa daftar trending topic di medsos sebelum mulai membuat artikel. Sebab deret topik terhangat warganet itu merupakan kumpulan hal yang dianggap menarik bagi pembaca dan beberapa di antaranya layak dituliskan menjadi artikel.

Dalam salah satu sesi di ajang Indonesia Writers Festival (IWF) 2020, Hairum Fellayati dari Hipwee menyebut, tugas penulis media online bertambah seiring berkembangnya medsos. Selain menciptakan tulisan sendiri agar banyak dibaca orang, penulis saat ini juga harus ikut menyuarakan konten medsos yang viral.

Dengan begitu, artikel di media online bisa ikut viral dan menjadi topik pembicaraan warganet. Tentu saja, ide penulisan artikel itu tidak akan diperoleh jika penulis enggan mengecek daftar trending topic di medsos.

2. Melihat secara rutin beberapa akun medsos pesohor

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yukyoutube.com/IDN Times

Salah satu sumber penulisan artikel agar viral dan menjadi bahan perbincangan yang hangat di kalangan warganet adalah akun medsos para pesohor atau public figure. Sebab di akun-akun itu akan ditemukan topik atau konten yang menarik atau setidaknya diperhitungkan bobotnya.

Nabila Inaya dari Yukepo.com bahkan menyarankan penulis agar mengecek akun para pesohor secara rutin untuk memeriksa ada-tidaknya kehebohan di sana. Langkah ini perlu dilakukan karena tidak sedikit artikel viral di media online bersumber dari akun medsos para pesohor.

Baca Juga: IWF 2020: 7 Alasan Mengapa Perempuan Harus Berani Speak Up!

3. Memastikan tujuan pengunggahan konten: untuk menghibur atau hanya menyampaikan informasi

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yukUnsplash/Nesa by Makers

Satu hal yang mesti menjadi perhatian penulis sebelum membikin artikel dari konten medsos yang sedang trending adalah memastikan terlebih dulu tujuan pengguna medsos mengunggah kontennya. Biasanya, menurut Muhammad Bimo A. dari IDN Times, tujuan pengunggah hanya dua: menghibur atau memberi informasi.

Kalau bertujuan untuk menghibur, maka potensi viral dari artikel yang berasal dari konten medsos itu begitu besar. Namun jika bersifat informatif, konten medsos itu perlu ditelusuri riwayat asalnya terlebih dulu. Setelah bisa dipastikan bersih dari kabar bohong, misinformasi atau disinformasi, maka konten itu bisa ditulis menjadi artikel yang menarik dan berpotensi viral.

4. Follow akun medsos yang receh namun sering membikin konten menarik

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yukyoutube.com/IDN Times

Muhammad Bimo A. dari IDN Times selalu mengingatkan penulis agar tidak malu mengikuti akun medsos yang receh atau selalu mengunggah konten yang tampak tidak penting. Sebab ada kalanya, beberapa konten yang diunggah tampak lucu dan menghibur sehingga berpotensi besar akan menjadi viral jika dijadikan artikel.

Meski begitu, penulis juga harus berhati-hati saat hendak mengambil konten di medsos. Mengajukan permintaan izin penggunaan konten untuk artikel harus dilakukan penulis agar keberadaan artikel tidak diperdebatkan setelah naik tayang.

5. Menyesuaikan keberterimaan pembaca dan ketersediaan kanal untuk menampung artikel

IWF 2020: 5 Tips Jitu Bikin Artikel Viral dari Konten Medsos, Coba yukUnsplash/John Schnobrich

Tidak ada artinya jika penulis membuat artikel dari konten medsos namun tidak ada kanal yang sesuai untuk artikel tersebut. Oleh karena itu, menurut Hairum Fellayati dari Hipwee, penulis harus mempertimbangkan kesesuaian artikel yang akan dibuat dengan kanal yang ada.

Kemudian penulis harus memastikan keberterimaan pembaca atas topik atau tokoh yang akan ditulis. Jika banyak pembaca bersikap antipati pada topik atau tokoh tertentu, maka potensi viral sebuah artikel akan sangat kecil.

Sudah siap bikin artikel viral dari konten medsos? Yuk mulai nulis!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2020. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2020 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan pada 21 hingga 26 September 2020 melalui Zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2020 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Nadin Amizah, Sal Priadi, Agus Noor, Ivan lanin, Tsana, Kalis Mardiasih, dan masih banyak lainnya.

Simak terus keseruan setiap sesinya di situs kami, idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2020: Hits di Kalangan Gen Z, 5 Hal Penting Menulis Menurut Tsana

Asep Wijaya Photo Verified Writer Asep Wijaya

penikmat buku, film, perjalanan, dan olahraga; pemukim di Matsudo, Chiba, Jepang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya