Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memaafkan Diri Sendiri

Udah siap buat maafin diri kamu sendiri?

Sebagai manusia, kita tentu tak luput dari yang namanya membuat kesalahan. Kalau selama ini kita selalu membahas tentang bagaimana caranya agar bisa dengan mudah memaafkan kesalahan orang lain, ternyata memaafkan diri sendiri pun tak kalah pentingnya lho. Mau tahu kenapa?

1. Langkah pertama agar bisa move on

5 Alasan Pentingnya Memaafkan 
Diri SendiriPixabay.com/brittywing

Move on itu gak musti melulu soal hubungan kamu sama sang mantan aja. Dalam hidup, seringkali kita dihadapkan pada konsekuensi dari keputusan-keputusan yang kita ambil.

Nah, gak jarang lho kita malah tenggelam dalam penyesalan akibat mengambil keputusan yang keliru. Misalnya nih, karena pas SMA kamu gak belajar serius, lantas kamu gagal masuk jurusan impian di kampus favorit. Menyesal? Boleh saja.

Tapi jangan sampai malah berlarut-larut sampai kamu jadi stres. Nah, kalau kamu punya kesalahan yang menyangkut hubungan dengan orang lain, mintalah maaf kepada mereka terlebih dahulu.

Setelah itu, maafkan dirimu yang telah berbuat salah, dan perbaiki kebiasaan burukmu itu. Dengan begitu, kamu bisa menjalani hidup yang tenang sambil terus memperbaiki diri.

2. Memudahkan belajar dari kesalahan

5 Alasan Pentingnya Memaafkan 
Diri SendiriPixabay.com/Engin_Akyurt

Kesalahan itu bukan sesuatu yang tabu lho. Hanya karena kamu pernah (atau sering) melakukan kesalahan, bukan berarti hidupmu telah berakhir. Penting banget memaknai kesalahan sebagai salah satu alat untuk memperbaiki diri.

Yang harus kita lakukan adalah menyadari di mana letak kesalahan kita, lalu belajar untuk tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sudah Jahat kepada Diri Sendiri, Segeralah Berubah

3. Belajar bertanggung jawab

5 Alasan Pentingnya Memaafkan 
Diri SendiriPixabay.com/Greyerbaby

Memaafkan diri sendiri berarti kita menyadari telah berbuat keliru, dan itu adalah langkah penting dalam proses belajar dari kesalahan. Ingat, memaafkan diri sendiri bukan berarti kita tidak menyesali perbuatan tersebut, tetapi mengerti bahwa sebagai manusia kita tak luput dari berbuat salah, serta berani menerima konsekuensi dari kesalahan kita tersebut.

4. Lebih mudah memaafkan orang lain

5 Alasan Pentingnya Memaafkan 
Diri SendiriPixabay.com/Anemone123

Saat kita menyadari bahwa kita pun bisa melakukan kesalahan, tentu hal yang sama berlaku buat orang lain, ya kan guys? Dengan menyadari hal itu, maka kita pun akan lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain dan tidak gampang men-judge mereka, karena toh kita menyadari bahwa kita juga punya peluang yang sama dalam berbuat salah.

5. Karena tak ada manusia yang sempurna

5 Alasan Pentingnya Memaafkan 
Diri SendiriPixabay.com/Free-Photos

Nobody’s perfect. Kamu, kita, mereka, tak ada yang sempurna.  Dengan meresapi betul fakta ini, akan membuat kita memandang segala sesuatunya dengan persepsi yang seimbang, termasuk menyikapi kesalahan yang telah kamu atau orang lain perbuat.

Seringkali kita terbawa perasaan menyalahkan diri sendiri yang begitu hebat, sampai rasanya sulit melangkah dalam hidup. Tenang saja, semua butuh proses kok.

Yang terpenting adalah, terus berbenah dan menikmati proses memperbaiki diri agar hidup kita lebih bermakna. Setuju, kan?

Baca Juga: 5 Cara Berdamai dengan Diri Sendiri Agar Hidup Lebih Produktif

Asti Novanda Photo Writer Asti Novanda

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya