Comscore Tracker

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalu

Jangan mau terjebak masa lalu, ya!

Masa lalu adalah sebuah sejarah perjalanan. Kejadian masa lalu bisa berupa rasa sakit, senang bahkan penyesalan. Setiap momen yang terjadi di masa lalu dapat mempengaruhi masa depan, tergantung bagaimana kamu melihat sudut pandangnya.

Kalau kamu bisa menyikapi dengan baik, masa lalu adalah pelajaran berharga, tapi kalau menyikapinya dengan cara yang salah, bisa berdampak buruk bagimu sendiri.

Baik ataupun buruk, kita gak boleh terjebak masa lalu. Karena pada dasarnya, yang berlalu biarlah berlalu karena kita hidup untuk masa depan. Supaya gak terjebak terus, berikut ini 5 cara move on dengan cepat dari masa lalu. 

1. Berani memaafkan orang yang telah menyakitimu

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalupexels.com/bruce mars

Memaafkan orang lain bukan berarti kamu kalah apalagi lemah. Malah, kamu adalah pemenang sebenarnya. Menang karena bisa mengalahkan egomu, menang dari rasa gengsi dan menang melawan diri sendiri.

Saat berani memaafkan, tandanya kamu sudah rela, ikhlas, dan tabah. Kamu memilih untuk mengalah, bukan kalah! Karena memaafkan adalah cara terbaik memulai masa depan tanpa dibayangi masa lalu. 

2. Tidak membalas dendam sama sekali

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalupexels.com/Stefan Stefancik

Selain memaafkan, jangan terpikir juga untuk membalas dendam ya. Memang, balas dendam terdengar sangat keren dan menggiurkan apalagi kalau orang itu sudah menyakitimu sangat dalam.

Lalu, setelahnya apa? Pada awalnya, kamu mungkin merasa puas dan menang.Tapi, tetap saja balas dendam gak baik. Membalas dendam bukanlah kuasa kita, karena itu hak mutlak Sang Pencipta. Cara balas dendam terbaik adalah dengan tidak membalaskan dendam sama sekali.

Baca Juga: 6 Hal Produktif yang Bisa Membantu Kamu untuk Cepat Move On

3. Berhenti menyalahkan diri kamu sendiri

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalupexels.com/Hannah Nelson

Apapun yang kamu perbuat di masa lalu sekalipun buruk dan suatu kesalahan besar, gak boleh bikin kamu terus menerus menyalahkan diri sendiri. Jangan buat dirimu begitu menderita sampai tak berdaya. Tak apa, semua orang pernah melakukan kesalahan. Maafkan dirimu supaya bisa bangkit lagi.

Hidup gak akan berakhir hanya karena sebuah kesalahan kok. Kamu masih punya kesempatan untuk berubah dan jadi lebih baik di masa depan.

4. Menjadikan masa lalu sebagai pelajaran penting

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalupexels.com/rawpixel.com

Setelah memaafkan dirimu, jadikan kesalahan masa lalu sebagai pelajaran yang berharga. Setiap orang harus salah supaya bisa belajar. Jadilah bijaksana dan melangkahlah dengan pasti untuk masa depan. Jangan lagi lakukan kesalahan yang sama di masa depan. Meski terasa sulit dan takut, asalkan yakin dan berani, kamu pasti bisa kok. Kamu berhak bahagia untuk dirimu sendiri.

5. Berani melangkah untuk membuka lembaran baru

5 Cara Move On dengan Cepat, Supaya Kamu Gak Terjebak di Masa Lalupexels.com/Andre Furtado

Setelah semuanya bisa kamu lakukan, segeralah membuka lembaran baru. Sekalipun merasakan masa lalu yang sangat buruk, akan tiba harinya di mana kamu bisa menikmati masa depan yang indah. Walaupun harus mulai lagi dari awal, asalkan kamu yakin dengan diri sendiri, pasti bisa kok move on dari masa lalu. 

Bukalah lembaran baru dengan menuliskan cerita indah yang berisi kebahagiaan. Karena masa depanmu sungguh ada, dan harapanmu tak akan hilang. Ayo move on, kamu pasti bisa!

Baca Juga: 5 Tanda Kita Sudah Tuntas Mencintai Diri Apa Adanya, Cari Tahu Yuk!

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You