Comscore Tracker

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadan

#ANGPOIN Ayo, pasti bisa kok

Bulan Ramadan adalah saatnya berburu pahala sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin untuk mengurangi kegiatan gak berfaedah, salah satunya menggosip. Gosip masa kini bisa dilakukan dimana aja, baik secara langsung ataupun via online di media sosial. 

Mengingat sekarang adalah bulan penuh berkah, coba yuk menahan diri supaya gak bergosip. Selain bisa menambah pahala, 'pun baik untuk diri sendiri. Coba lima cara di bawah ini ya. 

1. Saatnya unfollow akun gosip karena bisa memancingmu ikutan gosip di kolom komentar 

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadanpexels.com/Thnh Phng

Seolah punya mata-mata dimana aja, aku gosip bisa tahu berita paling update mulai dari artis dalam negeri atau selebgram yang lagi viral. Demi menahan keinginan untuk gak kepo, saatnya unfollow akun-akun tersebut. Tujuannya, supaya kamu gak terpancing. Jika media sosial membawa dampak yang kurang baik, gak apa untuk log out sementara kok. 

2. Pilih teman secara bijak, jauhi mereka yang suka membicarakan orang lain di belakang

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadanpexels.com/Wilson Vitorino

Saatnya menyeleksi teman yang benar-benar pantas disebut "teman". Jangan ambil risiko berteman akrab dengan orang yang suka bergosip dibelakang. Mereka hanya membawa pengaruh negatif. Kamu gak akan mendapatkan apa-apa, selain menyakiti hati orang lain. Sudah saatnya keluar dari circle yang toxic dan gak sehat.

3. Melatih pikiranmu untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lain 

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadanpexels.com/Andrea Piacquadio

Namanya gosip, gak selalu benar. Berita tersebut dibuat berdasarkan sumber yang belum tentu kredibel. Sekarang ini, banyak manipulasi fakta sehingga jauh dari kebenarannya.

Supaya pikiranmu tidak terpengaruh gosip, cobalah berpikir dengan sudut pandang yang berbeda. Tahan dirimu sebelum mengecek kebenarannya. Dengan begitu, kamu gak mudah terpancing gosip dengan mudahnya.

Baca Juga: 6 Zodiak yang Suka Menyebar Gosip dan Ngomongin Orang di Belakang 

4. Tidak semua hal harus kita tahu, pentingnya menahan diri untuk gak ikut campur urusan orang lain 

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadanpexels.com/Kelvin Valerio

Terlalu ikut campur urusan orang bukan hal yang baik. Belajarlah menghargai privasi orang lain. Gak semua hal harus selalu dalam jangkauan kita. Kadang, kita harus mengerti batasan yang gak boleh dilanggar. Jika terjebak, sebisa mungkin menghindar atau mengganti topik pembicaraan supaya pikiran teralihkan.  

5. Penuh berkah, saatnya mencari kegiatan yang lebih positif selama bulan Ramadan

5 Cara Supaya Gak Bergosip saat Bulan Ramadanpexels.com/Christina Morillo

Mengubah kebiasaan lama memang gak mudah. Kamu butuh pengalihan supaya gak kembali pada kebiasaan buruk. Sibukan dirimu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Khususnya di bulan Ramadan, banyak hal positif yang bisa kamu lakukan bareng teman-teman.

Jika konstan dilakukan selama sebulan, perlahan nanti bisa menghentikan kebiasaan supaya gak bergosip lagi. Gak hanya pahala yang kamu dapat, tapi jiwa dan perasaan yang pasti jadi lebih tenang.

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Saatnya mengevaluasi diri untuk jadi pribadi yang lebih baik. Kamu pasti bisa kok!

Baca Juga: 6 Zodiak yang Suka Menyebar Gosip dan Ngomongin Orang di Belakang 

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya